Info Harga Kuali (Wajan) Ukuran Besar di Pasaran

Tentu kita sudah tidak asing dengan benda bernama kuali. Penggorengan, kuali, atau wajan adalah alat terbuat dari baja atau logam lain yang diletakkan di atas kompor atau tungku dan digunakan untuk wadah makanan yang akan diolah. kuali bermacam-macam, mulai dari yang paling kecil hingga yang besar.

Menggoreng makanan dengan wajan besar

makanan dengan wajan besar

Kata ‘wajan’ sendiri berasal dari kata waja yang dalam Bahasa Jawa berarti ‘baja’ atau ‘besi’. Penggunaanya terutama digunakan di Pulau Jawa dan di Jakarta. Di daerah lainnya istilah Melayu, kuali lebih umum. Di Jawa, kata ‘kuali’ (Bahasa Jawa: kwali) lebih merujuk ke wadah serupa panci namun terbuat dari tanah liat. Agar wajan tidak mudah lengket dan berkarat, perlu dilakukan pelapisan terlebih dahulu dengan menggunakan minyak atau lemak padat.

Wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.

Cara memilih wajan penggorengan

Memilih berdasarkan bahan

Wajan penggorengan yang dijual terbuat dari berbagai jenis . Masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri. Oleh karenanya, pilihlah wajan yang paling sesuai dengan cara memasak Anda.

Wajan Fluorin

Wajan penggorengan yang dilapisi fluorin mudah dipakai untuk membuat berbagai masakan , bahkan bagi para pemula sekalipun. Bahan ini lebih dikenal dengan istilah teflon.

Dengan menggunakan wajan yang dilapisi teflon, Anda bisa memasak tanpa gosong meskipun hanya menggunakan sedikit minyak goreng. Masakan pun menjadi lebih sehat. Selain itu, beberapa merek menjual wajan teflon dengan harga yang cukup terjangkau yaitu kurang dari Rp200.000. Keunggulan lainnya, material ini mudah dibersihkan.

Namun, wajan tipe ini tidak tahan terhadap api besar dan tidak tahan banting. Lapisan teflon di bagian permukaan wajan bisa terkelupas jika Anda menggunakan spatula besi ketika memasak di wajan ini. Meskipun mungkin Anda tidak akan sering menggunakannya, wajan tipe ini akan berkurang kualitasnya setelah digunakan selama dua tahun hingga tiga tahun. Jadi, Anda sebaiknya memperhitungkan perkakas ini sebagai barang habis pakai yang harus diganti secara berkala.

Wajan ukuran besar berbahan besi (sumber: alibaba.com)

Wajan ukuran besar berbahan besi (sumber: alibaba.com)

Wajan Besi

Wajan ini memiliki kemampuan yang tinggi dalam menghantarkan dan menyimpan panas, serta tahan lama. Meskipun memiliki bobot yang cukup berat dan harga yang relatif lebih mahal, wajan besi tidak mudah rusak asalkan dirawat dengan tepat. Anda bahkan dapat menggunakan wajan ini seumur hidup.

Pada pemakaian awal, Anda mungkin akan merasa repot untuk membiasakan diri dengan penggunaan minyak yang tepat. Ditambah lagi, Anda harus membersihkan dengan cara yang tepat agar wajan tidak berkarat. Namun, jika sudah terbiasa, wajan ini akan membuat Anda jatuh cinta. Anda dapat memasak menu apapun dengan menggunakan wajan besi.

Di samping fluorin dan besi, terdapat material lain yang kerap dijadikan sebagai bahan pembuat wajan, antara lain aluminium, casting (logam yang dicairkan, kemudian dituang ke dalam cetakan dan dibekukan), tembaga, dan lainnya. Masing-masing material cocok untuk jenis masakan yang berbeda. Maka dari itu, pilihlah yang sesuai dengan cara memasak Anda. Wajan yang terbuat dari casting dapat memberikan sentuhan kecokelatan pada masakan karena material tersebut mudah dilalui panas. Wajan tipe ini cocok bagi Anda yang hobi membuat olahan daging seperti steak dan hamburger.

Sementara itu, wajan tembaga memiliki kemampuan yang baik dalam menghantarkan panas sehingga cocok untuk memasak jenis masakan yang membutuhkan panas secara merata, misalnya telur. Selanjutnya, jika Anda ingin memasak pasta, wajan aluminium akan nyaman digunakan karena ringan dan mudah diangkat.

Memilih berdasarkan bahan gagang dan kenyamanan memegang

Pada saat membuat tumisan makanan Cina atau masakan lainnya seperti nasi goreng, sering kali kita harus mengaduk sambil mengangkat wajan penggorengan. Untuk penggunaan seperti itu, hal yang paling penting adalah kenyamanan dalam memegang gagang wajan.

Pilihan wajan dengan gagang yang tak tahan panas

Pilihan wajan dengan gagang yang tak tahan panas

Gagang dengan bahan plastik dan kayu tidak akan terasa panas di tangan

Gagang berbahan plastik dan kayu memiliki keunggulan tidak mudah panas sehingga aman saat digunakan. Di samping itu, gagang berbahan plastik dan kayu juga banyak yang antiselip dan memiliki lekukan. Hal ini tentunya memudahkan pengguna saat menggenggam gagang wajan. Oleh karenanya, pegangan wajan berbahan plastik dan kayu ini juga aman dan mudah digunakan oleh anak-anak ataupun para lansia.

Namun, kekurangannya adalah pegangan ini akan menurun setelah dipakai dalam jangka waktu lama, misalnya baut menjadi longgar. Dengan demikian, sebaiknya Anda rutin memeriksa kerusakannya.

Gagang dengan bahan logam lebih tahan lama dan tidak mudah kotor

Keunggulan gagang berbahan logam adalah bagian gagangnya dirancang menyatu langsung atau terpasang kuat dengan bodi wajan sehingga lebih awet dan kuat. Sambungan antara gagang dengan bodi wajan juga tidak banyak sehingga kotoran tidak mudah menumpuk dan kebersihannya lebih terjaga.

Akan tetapi, jika wajan ini dipanaskan dalam waktu lama, gagangnya juga akan menjadi panas. Untuk itu, perhatikanlah faktor keamanan dalam menggunakan wajan ini. Misalnya, Anda dapat menggunakan kain pelindung atau sarung tangan khusus saat menyentuh pegangan wajan.

Harga Wajan atau Kuali Besar

Bila Anda membutuhkan wajan penggorengan, tidak ada salahnya mampir ke Jalan Kayu Manis, Bogor, Jawa Barat. Di daerah ini terdapat puluhan lapak penjual wajan dengan berbagai ukuran. Lapak-lapak semi-permanen ini memenuhi sisi kiri maupun kanan jalan. Aneka wajan dijual di sini, mulai dari ukuran terkecil berdiameter 10 sentimeter (cm), hingga paling besar sekitar satu meter (m) hingga 1,2 m.

Bagi warga Parung, Bogor, dan sekitarnya, sentra ini sudah kondang. Mereka biasa menyebutnya sebagai pasar wajan. Lokasinya mudah diakses karena tidak harus masuk ke dalam-dalam gang. Pasar wajan ini punya area parkir yang luas. Hampir semua pedagang menaruh dagangannya di pelataran dan membuat gantungan setinggi 2 m agar wajan mudah dilihat oleh para pengendara yang melintas.

Penjual di sentra Jalan Kayu Manis, Bogor ini membanderol wajan mulai Rp15.000 hingga Rp 350.000 per buah, tergantung dari ukuran. Nah, kuali ukuran besar atau jumbo seharga Rp 200 hingga Rp 350 ribu-an ini biasanya dipakai untuk acara .

Baca juga  Update Harga Kotak Hantaran/Seserahan untuk Pernikahan
loading...

Leave a reply "Info Harga Kuali (Wajan) Ukuran Besar di Pasaran"