Update Harga Folamil Genio, Suplemen Ibu Hamil

Demi memenuhi selama proses kehamilan, banyak calon ibu yang mengonsumsi sederet produk yang diformulasikan sebagai pelengkap nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Salah satunya adalah Folamil Genio yang dijual di sejumlah apotek, seperti Apotek Kimia Farma dan Apotek K24, dengan harga kisaran ratusan ribu rupiah per botol isi 30 .

Ilustrasi: wanita mengonsumsi kapsul Folamil (sumber: mercatornet.com)

Ilustrasi: wanita mengonsumsi kapsul Folamil (sumber: mercatornet.com)

Dosis dan Pemakaian Folamil Genio

Folamil Genio merupakan suplemen pendamping makanan berupa kapsul lunak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan dan menyusui. Selain mengandung asam folat, suplemen ini juga dilengkapi dengan DHA untuk nutrisi otak dan berbagai vitamin dan mineral yang penting lainnya. Mengingat pada saat hamil dan menyusui kebutuhan akan nutrisi akan kian meningkat, seorang ibu disarankan untuk mengonsumsi makanan dan suplemen yang dibutuhkan.

Menurut beberapa ahli medis, pemberian suplemen ibu hamil dan susu ibu hamil adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan zat-zat gizi yang diperlukan ibu dan perkembangan janin. Pada prinsipnya adalah di trimester pertama, seorang ibu hamil memerlukan asupan asam folat yang cukup untuk perkembangan saraf janin, mengurangi risiko memiliki bayi dengan defek pada otak dan sumsum belakang.

Kandungan asam folat ini dapat ditemukan pada sayur berdaun hijau, buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan buah sitrus lainnya. Selain itu, asam folat kerap ditemukan pada berbagai produk kehamilan seperti susu ibu hamil, seperti Folavit atau Folamil Genio, yang merupakan vitamin yang kerap diberikan pada wanita hamil yang berisi asam folat.  

Multivitamin ini bisa diberikan satu kapsul lunak satu kali sehari dan dikonsumsi setelah makan. Ini bertujuan untuk mencegah dan menurunkan risiko gangguan atau rasa tidak nyaman setelah minum obat. Namun, agaknya harus diperhatikan oleh seorang ibu yang memiliki hipersensitif terhadap kandungan Folamil Genio.

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi atau hipersensitif terhadap kandungan suplemen, Anda bisa melakukan tes. Uji kecocokan obat seperti ini bisa Anda lakukan di dokter kandungan. Setelah mengetahui hasilnya, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi Folamil Genio atau tidak.

Bagi wanita hamil yang memiliki hipersensitif terhadap kandungan suplemen, maka disarankan untuk menggantinya dengan multivitamin lain. Anda sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mengonsumsinya jika rentan terhadap suplemen, karena bisa menyebabkan gejala alergi, seperti mual dan muntah secara berlebihan, rasa tidak nyaman pada perut, diare, hingga gatal-gatal.

Selama minum Folamil Genio, imbangi dengan minum air putih yang banyak dan minum susu ibu hamil secara teratur. Ini akan membantu kinerja multivitamin supaya lebih optimal, sehingga Anda bisa merasakan efek positifnya dengan cepat. Selain itu, air akan mempercepat proses penyerapan zat yang terdapat pada multivitamin dan membantu ginjal untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Hal ini akan mencegah penyakit atau gangguan ginjal akibat penumpukan zat pada suplemen yang tidak bisa disaring ginjal.

Folamil Genio (sumber: tokopedia)

Folamil Genio (sumber: tokopedia)

Selain bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, suplemen ini diketahui boleh dikonsumsi oleh anak-anak dan wanita tidak hamil. Multivitamin ini diklaim mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak, terutama kandungan kalsium dan vitamin. Sementara itu, untuk wanita yang tidak hamil, suplemen ini bisa dikonsumsi untuk mencegah gejala PMS, seperti anemia, rendah, kekurangan vitamin, dan sebagai pereda nyeri haid.

Di dalam kemasan Folamil Genio, sudah terdapat penjelasan lengkap tentang komposisi produk, seperti folic acid 1 mg, vitamin B1 3 mg, vitamin B2 3.4 mg, vitamin B6 2 mg, vitamin B12 4 mcg, vitamin D3 400 IU, vitamin K1 50 mcg, DHA dari algae 40 mg, ARA 8 mg, nicotinamide 20 mg, calcium carbonate 100 mg, betakaroten 10000 iu, copper gluconate 0.1 mg, iron polymaltose complex 30 mg, biotin 30 mcg, dan calcium d pantothenate 7.5 mg.

Kandungan Folamil Genio

  • DHA yang merupakan asam lemak esensial yang berperan penting dalam perkembangan otak janin.
  • ARA yang merupakan asam lemak tak jenuh rantai ganda yang ada dalam phospholipid membran sel yang tinggi kadarnya pada otak.
  • Asam folat yang berfungsi mengurangi terjadinya kerusakan tabung saraf dan mencegah bayi lahir cacat dan prematur.
  • Betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan untuk memerangi zat karsinogen sekaligus melindungi tubuh dari zat radikal bebas penyebab kanker.
  • Vitamin B1 yang berperan untuk metabolisme karbohidrat.
  • Vitamin B2 berperan membantu pembentukan energi dan memperbaiki yang telah rusak dan dapat mengatasi anemia bersama manfaat zat besi.
  • Nicotinamide yang berperan sebagai pembentuk energi, sintesis asam lemak, steroid hormone, dan juga kolesterol.
  • Vitamin B6 berperan mengolah zat besi menjadi haemoglobin dan memproduksi sel-sel darah merah, sehingga ibu hamil jauh dari risiko anemia.
  • Kalsium yang bermanfaat dalam pemeliharaan tulang, pembekuan darah, serta pengiriman sinyal saraf.
  • Vitamin B12 yang berguna dalam proses sintesis nukleoprotein dan meilin, serta proses pembentukan sel.
  • Vitamin D3 yang berguna dalam proses penyerapan kalsium dari lambung.
  • Vitamin K1 yang mempunyai fungsi hemostatic dan sekaligus menangkal terjadinya osteoporosis.
  • Biotin yang diperlukan dalam proses metabolisme tubuh dan juga berperan sebagai antioksidan.
  • Tembaga yang berperan sebagai antioksidan dan membantu tubuh menyerap zat besi dalam sintesis haemoglobin.
  • Iron polymaltose complex yang berfungsi mengatasi anemia.

Manfaat Folamil Genio

Ilustrasi: suplemen ibu hamil (sumber: healthywomen.org)

Ilustrasi: suplemen ibu hamil (sumber: healthywomen.org)

  • Memproduksi eritrosit. Produksi eritrosit yang tinggi dapat membuat perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang baik dan tidak mengalami gangguan dan kelainan pada sumsum dan tulang. Hal ini sangat baik bagi perkembangan janin, agar tidak mengalami kelainan.
  • Mencegah terjadinya keguguran. Asam folat juga terbukti dapat mencegah terjadinya keguguran pada ibu hamil. Dengan mengonsumsi asam folat, para ibu hamil akan terhindar dari risiko penyebab keguguran selama masa kandungan.
  • Mencegah terjadinya kerusakan otak. Dengan asupan asam folat yang cukup dalam sehari, maka perkembangan otak pada janin menjadi lebih baik dan dapat menghindari kemungkinan terjadinya kasus kecacatan pada saat kelahiran.
  • Meningkatkan produksi sel darah merah. Asam folat merupakan salah satu jenis zat yang dapat membantu dalam meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh. Dengan naiknya pembentukan sel darah merah, ibu hamil akan terhindar dari kondisi anemia, kelelahan, dan mudah terserang penyakit, serta rasa lelah dan lemah pada tubuh.
  • Mencegah penyakit jantung. Asam folat juga merupakan salah satu zat yang dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Kondisi ibu hamil merupakan salah satu kondisi yang mudah mengalami serangan jantung apabila tidak memperoleh asupan asam folat yang cukup.
  • Menurunkan stres. Pada beberapa kasus, ibu hamil akan mengalami fase depresi ketika sedang mengalami masa kehamilan. Depresi yang dialami oleh ibu hamil ini dapat berpengaruh terhadap kondisi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Manfaat lain dari asam folat ini adalah dapat membantu menurunkan depresi, stres, dan kecemasan.
  • Menurunkan risiko anemia akut. Beberapa ibu hamil sering mengalami pingsan dan keringat dingin akibat gejala anemia akut. Anda bisa mencegah sekaligus mengobatinya dengan mengonsumsi Folamil Genio. Ini karena, suplemen diklaim mampu meningkatkan kadar zat besi dalam darah. 
  • Mempercepat kehamilan. Bagi Anda yang sedang menjalani promil, diketahui juga bisa mengonsumsi Folamil Genio untuk mempercepat masa kehamilan. Asam folat yang tinggi pada suplemen, konon mampu meningkatkan kesuburan dan memperbaiki kualitas indung telur.

Tidak sulit menemukan Folamil Genio, karena Anda bisa  membelinya di apotek terdekat. Selain itu, Anda bisa membelinya secara online di situs e-commerce, karena produk ini dijual secara bebas tanpa harus menggunakan resep dokter. Bagi Anda yang ingin membeli suplemen ini di situs jual beli online, Anda perlu membandingkan harganya dengan toko-toko online lain. Selain itu, meskipun harganya lebih murah jika beli di e-commerce, Anda juga perlu mempertimbangkan ongkirnya.  Sebagai referensi harga Folamil Genio, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Folamil Genio

TokoHarga (Rp)
Apotek K-24153.941
Situs E-Commerce135.000

Harga Folamil Genio di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga suplemen ibu hamil ini adalah Rp150.480 dan kini menjadi Rp135.000 hingga Rp153.941 per botol isi 30 kapsul. Untuk info lebih detail, Anda bisa datang ke apotek terdekat di kota Anda.

[Update: Almas]

Baca juga  Info Aturan Pakai dan Harga Scabicid, Obat untuk Kudis
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Folamil Genio, Suplemen Ibu Hamil"