Update Harga Kain Spunbond per Meter dan per Roll

Apakah Anda mengenal spunbond atau kain furing? Kain spunbond adalah bahan kain yang punya harga cukup murah serta biasa digunakan untuk menggantikan dan kertas yang sering digunakan untuk shopping bag, goodie bag dan souvenir. Bahkan, bahan spunbond merupakan bahan yang higienis, digunakan dalam dunia kesehatan, yaitu untuk pembuatan masker, tutup kepala, dan pampers disposable.

Ilustrasi: Beberapa Warna Kain Spunbond (credit: ppnonwovenfactory)
Ilustrasi: Beberapa Warna Spunbond (credit: ppnonwovenfactory)

spunbond didefinisikan sebagai bahan kain terstruktur datar seperti lembaran atau jaring. Ditinjau dari proses pembuatannya, kain spunbond sendiri sebenarnya tidak dibuat dengan cara ditenun, akan tetapi dibentuk oleh ikatan serat yang tersusun secara kuat melalui serangkaian proses kimiawi. spunbond dibuat dengan cara mekanik, termal, atau proses kimia.

Bacaan Lainnya

Spunbond atau istilah lainnya polypropylene merupakan non woven yang pada umumnya memiliki tekstur sedikit kaku, halus dan berserat rapat, sehingga cukup kuat. Kain ini mempunyai ketebalan beragam dari 25 gr hingga 100 gr. Semakin besar ketebalan yang ada, maka kain ini semakin tebal dan kuat.

Kain ini lebih tahan lama serta ramah lingkungan karena bisa didaur ulang. Di luar negeri, penggunaan bahan ini sebagai shopping bag pengganti sudah sangat populer karena penggunaan plastik sudah mulai dibatasi. Penggunaan kain non woven juga semakin meluas mulai dari dunia kesehatan, otomotif, dan industri. Kualitas yang dihadirkan juga cukup baik, tergantung dari ketebalan kain.

Fungsi Kain Spunbond

  • Goodie bag. Banyak ragam tas yang bisa dibuat menggunakan kain spunbond, mulai dari tas seminar, tas hajatan, tas promosi usaha, tas souvenir pernikahan, tas belanja, dan tas lainnya. Tinggal memadupadankan dengan kain jenis lain atau sablon, goodie bag dari kain spunbond menjadi menarik dan tentunya mempunyai harga jual yang baik.
  • Masker dan penutup kepala. Dalam dunia kesehatan, kain spunbond diaplikasikan untuk pembuatan masker dan penutup kepala yang disposable. Dikarenakan kain ini ramah lingkungan dan higienis.
  • Popok bayi. Tak hanya masker dan penutup kepala, dikarenakan kain ini lembut, tidak beracun dan higienis, pembuatan popok bayi juga bisa memilih kain spunbond.
  • Pelapis kemasan. Kain spunbond dengan ketebalan paling tipis sering kita jumpai untuk pelapis produk wanita seperti tas, dompet, sepatu dan produk lainnya.
Tas berbahan kain spunbond (sumber: Tokopedia)

Jenis Kain Spunbond

  • Kain spunbond 25 gr – 50 gr. Kain spunbond dengan ketebalan antara 25 gr – 50 gr merupakan jenis bahan spunbond yang paling tipis. Kain ini biasa digunakan untuk pembungkus produk atau barang-barang wanita setelah menggunakan packaging. Misalnya tas, dompet, sepatu, dan produk lainnya. Harga yang ditawarkan juga paling murah di antara kain spunbond dengan ketebalan di atasnya.
  • Kain spunbond 55 gr – 75 gr. Kain spunbond dengan ketebalan antara 55 gr – 75 gr merupakan jenis kain spunbond yang banyak kita jumpai. Pada ketebalan ini, kain spunbond banyak digunakan untuk pembuatan goodie bag. Tekstur yang dimilikinya serta ketebalannya membuat lebih mudah untuk dijahit dan dikombinasikan dengan jenis kain lainnya.
  • Kain spunbond 100 gr. Dari kedua jenis sebelumnya, kain spunbond dengan ketebalan 100 g merupakan jenis kain spunbond yang paling tebal. Dengan tekstur dan bahan yang tebal dan kuat, mampu dijadikan tas untuk membawa barang-barang yang berat. Dilihat dari segi harga, kain spunbond 100 gram mempunyai harga yang paling mahal dibandingkan jenis spunbond yang lainnya.

Kain spunbond mempunyai banyak kelebihan yang bisa didapat daripada menggunakan bahan atau kertas ketika digunakan sebagai bahan pembungkus. Bahkan tas spunbond dikenal sebagai tas yang ramah akan lingkungan atau go green. Berikut kelebihan tas yang menggunakan bahan spunbond.

Kelebihan Kain Spunbond

  • Lebih tahan lama dibanding atau kertas.
  • Dapat digunakan berkali-kali.
  • Aman dipakai dan ramah lingkungan.
  • Mempunyai beragam ketebalan dan warna.
  • Bisa dibentuk dengan model yang beragam.
  • Tidak mengandung bahan kimia sehingga cocok untuk goodie bag.
  • Harga bahan spunbond yang ekonomis.

Meskipun tergolong dalam kain murah, bahan spunbond saat ini banyak diburu. Di sejumlah toko kain, kain spunbond yang banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan tas ini dijual dalam bentuk roll atau per meter. Berikut daftar harga kain spunbond saat ini.

Kain Spunbond (sumber: made-in-china.com)

Harga Kain Spunbond per Meter

Varian Kain Spunbond Harga per Meter
Kain spunbond 50 gsm motif Rp5.000
Kain spunbond florist Rp6.300 – Rp6.500
Kain spunbond 65 gsm Rp6.500
Kain spunbond 50 gsm Rp6.500
Kain spunbond emboss warna Rp9.500

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kain spunbond per meter di pasaran saat ini cenderung turun. Misalnya, kain spunbond 50 gsm motif yang semula dijual seharga Rp6.000, sekarang hanya Rp5.000 per meter. Begitu pula harga kain spunbond emboss warna yang turun dari Rp11 ribu menjadi Rp9.500 per meter.

Harga Kain Spunbond per Roll

Varian Kain Spunbond Harga per Roll
Kain spunbond 75 gsm 10 meter Rp54.000
Kain spunbond 75 gsm 20 meter Rp59.000
Kain spunbond 30 gsm Rp350.000
Kain spunbond 40 gsm 200 m Rp500.000
Kain spunbond 75 gsm 100 m Rp575.000
Kain spunbond 100 gsm Rp950.000
Kain Spunbond 70 gsm 300 m Rp1.800.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kain spunbond per roll di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, kain spunbond 75 gsm 10 meter yang semula dijual seharga Rp42 ribu, sekarang naik menjadi Rp54 ribu per roll. Berbeda dengan harga kain spunbond 75 gsm 100 m yang turun dari Rp675 ribu menjadi Rp575 ribu per roll.

[Update: Ditta]

Pos terkait