Info Harga Jual Daging Lembu Per Kilogram

No comment996 views

Di beberapa tempat, masih banyak orang yang menyamakan lembu dengan sapi karena menganggap hal ini adalah perbedaan penyebutan saja. Seperti yang Anda ketahui, di beberapa tempat di Indonesia memang kerap menyebut sapi dengan sebutan lembu, demikian pula sebaliknya. Lembu juga merupakan nama lain dari sapi di negara Malaysia. Padahal keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. lembu juga terkadang terpaut sedikit dengan sapi.

Daging Lembu - www.nbr.co.nz

Daging Lembu - www.nbr.co.nz

Pada dasarnya keduanya sama-sama sapi, namun lembu merupakan sapi jantan yang telah dikebiri atau dipotong alat kelaminnya. Pengebirian atau yang diistilahkan dengan sebutan kastrasi inilah yang membuat adanya perubahan fisik dan membuat lembu tak dapat berkembang biak. Pengebirian biasanya dilakukan ketika sapi berusia di bawah satu tahun. Kastrasi dilakukan dengan memotong dan membuang testis sapi jantan.

Akibat pengebirian ini, lembu memiliki perbedaan sifat dengan sapi. Karakteristik lembu pun lebih tenang, sehingga cocok dipakai sebagai untuk membajak sawah. lembu yang telah melalui kebiri pun umumnya akan berubah. Jika sapi awalnya berwarna hitam, maka setelah dikebiri warna kulitnya menjadi cenderung kemerahan.

Karakteristik lainnya, lembu yang telah dikebiri akan menjadi lebih gemuk dibandingkan sapi yang tak dikebiri, sebab lembu tak lagi mengeluarkan energi untuk pembentukan sperma. Hal itu pula yang membuat daging yang dihasilkan oleh lembu lebih banyak dibandingkan sapi pada umumnya. Daging yang diperoleh dari menyembelih lembu dan sapi sama-sama bisa digunakan untuk keperluan memasak dan kabarnya sama-sama halal.

Akan tetapi pada momen atau keperluan tertentu seperti untuk kurban pada saat Hari Raya Idul Adha, biasanya yang lebih banyak dipakai adalah daging sapi. Daging lembu tak dapat digunakan karena syarat kurban harus berasal dari sapi utuh yang tidak dipotong kelaminnya.

Harga daging lembu saat ini berkisar di angka Rp 135 ribu per kilogram (kg) di wilayah Lhokseumawe. Pada perayaan tertentu seperti tradisi Meugang biasanya harga daging lembu di Aceh bisa mencapai Rp 180 ribuan per kilogram. Seperti halnya kebutuhan pada umumnya, jika permintaan sedang tinggi biasanya harga daging lembu akan dijual lebih mahal dari harga normal. Sementara itu di kawasan Jakarta, harga daging lembu relatif stabil pada kisaran Rp 110 ribu hingga Rp 130 ribu per kg.

Seperti halnya daging sapi, daging lembu kerap dijual dalam kondisi sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian atau ada pula yang menjualnya dalam kondisi beku (frozen) supaya lebih awet untuk disimpan. Anda bisa mencari daging lembu di -pasar tradisional. Namun perlu diingat bahwa harga daging lembu yang berlaku di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda tergantung dari pasokan daging lembu dan permintaan saat ini.

Baca juga  Info Terbaru Syarat, Cara, & Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah dari Girik
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Jual Daging Lembu Per Kilogram"