Info Harga Ikan Toman di Pasaran 

No comment11571 views

Apabila ditanyakan tentang ikan toman, mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengenal ataupun bahkan melihatnya secara langsung. Hal ini wajar sebab keberadaan ikan toman cukup banyak di perairan Indonesia dan tersebar merata di berbagai daerah. Kebanyakan orang mengenalnya dikarenakan sering dikonsumsi dan diolah untuk berbagai jenis makanan. Harga ikan toman bervariasi, tergantung ukuran dan variannya.

Ikan toman (sumber: Tokopedia)

Ikan toman (sumber: Tokopedia)

Ikan toman sendiri merupakan salah satu jenis ikan predator air tawar yang masih satu keluarga dengan ikan gabus, yakni keluarga channidae. Keberadaan ikan toman di Indonesia tersebar hanya di beberapa pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, dan pulau-pulau di sekitarnya. Namun, ikan ini juga telah diintroduksi ke berbagai daerah lainnya di Pulau Jawa dengan ditaruh di sungai dan danau. Di negeri, ikan ini pun diketahui terdapat di perairan tawar Malaysia, Thailand, Laos, India, Myanmar, dan India.

Ukuran fisik ikan bernama latin Channa Micropeltes ini tergolong cukup besar dengan panjang dapat mencapai satu meter. Tubuhnya sekilas mirip ikan gabus yang tampak besar dengan bentuk memanjang. Di bagian atas punggungnya, terdapat sirip yang dapat ditegakkan dan terbentang hingga ke area pangkal ekornya.

Di belakang insangnya, terdapat sirip utama yang berukuran sedang dan tidak terlalu lebar. Di area bawah perut, juga terdapat sepasang sirip yang berukuran kecil. Sementara, di belakang sepasang sirip kecil tersebut, terlihat sirip yang berukuran sedang dan terbentang hingga pangkal ekor. Lalu, ekornya mirip ikan cupang yang berukuran cukup lebar.

Bentuk kepalanya agak lebar dengan mata yang besar dan mulut lebar serta dilengkapi gigi kecil yang tajam. Sekujur tubuhnya diselimuti sisik yang berukuran kecil dan terlihat jelas saat terkena cahaya. Corak warna tubuhnya tergolong agak beragam mulai dari hitam, putih, hijau, dan cokelat.

Warna hitam terlihat di bagian kepala, sirip, ekor, dan badannya. Warna putih terdapat di bagian bawah badannya, baik di area dagu, perut, hingga ke pangkal ekornya. Warna hijau tampak di bagian atas kepala dan punggungnya. Lalu, warna cokelat terlihat di bagian sisi wajah belakang mata dan badannya.

Karakter atau sifat ikan toman dikenal sangat agresif, yang bahkan tidak segan menyerang binatang besar dan manusia yang berada dekat dengannya. Biasanya, sifat agresif ini muncul saat anaknya sedang berada dalam ancaman atau merasa terganggu sehingga sang indukan bertindak agresif dengan mencoba menggigit siapapun yang mengancam anak-anaknya. 

Selain itu, ikan toman tergolong ikan predator yang menyantap ikan-ikan berukuran kecil, katak, dan serangga. Begitu agresif dan predatornya ikan ini, sampai bisa mengancam kelestarian jenis ikan lain yang berada di sungai atau danau yang ditinggalinya. Hal ini pun terbukti dari adanya kampanye agar tidak melepasliarkan bibit atau indukan ikan toman di perairan sungai dan danau di Pulau Jawa. Ikan toman juga termasuk ke dalam daftar hitam yang dilarang keberadaannya di Inggris dan Amerika Serikat karena telah mengancam kelangsungan hidup ikan lokal yang berada di sungai dan danau.

Meskipun ikan toman memiliki ukuran raksasa dan agresif, tapi tidak mengurangi minat orang-orang untuk memeliharanya dalam akuarium ataupun . Hal ini dikarenakan corak warna tubuhnya tergolong indah dan termasuk cukup tenang saat berenang di akuarium. Selain itu, harga ikan toman di pasaran terbilang lumayan tinggi yang mencapai di atas ratusan ribu rupiah, yang disesuaikan dari keindahan corak warna dan ukuran tubuhnya.

Manfaat Konsumsi Ikan Toman

Ikan toman (sumber: mepow.net)

Ikan toman (sumber: mepow.net)

Tim mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan sejumlah sumber konsumsi yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Ikan toman dan betutu terbukti memiliki kadar albumin yang sangat tinggi. Albumin merupakan protein larut air yang berfungsi membentuk jaringan sel baru.

Selama ini, makanan yang diketahui merupakan sumber albumin tinggi adalah ikan gabus Channa striata. di Makassar dan Suku Dayak di Kalimantan telah lama memanfaatkan ikan gabus untuk mengobati luka khitan pada anak dan luka bersalin pada ibu yang baru melahirkan.

Inovasi yang mereka buat telah menunjang metode deteksi albumin pada sejumlah jenis ikan. Hasil penelitian membuktikan bahwa ikan toman Channa micropeltes dan betutu Oxyeleotris marmorata berpotensi menjadi alternatif sumber albumin.

Menurut sejumlah studi, albumin berperan dalam meningkatkan fungsi imun dalam proses penyembuhan luka. Tingginya kadar albumin di dalam tubuh juga membantu pembentukan jaringan baru dan memelihara keseimbangan cairan di dalam pembuluh darah.

Pengadaan albumin untuk kasus bedah mencapai 91 persen dengan penggunaan 2/3 di bagian bedah dan 1/3 untuk penanganan penyakit dalam. Peningkatan kebutuhan albumin serta Human Serum Albumin (HSA) yang mahal menjadikan pencarian sumber albumin lain sangat diperlukan.

Ikan gabus mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas atau nila. Dari 100 gram ikan gabus, Anda dapat memperoleh 25,2 gram protein. Coba Anda bandingkan dengan kadar protein untuk  per 100 gramnya yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram, pada daging hanya 18,8 gram, maupun telur yang hanya 12,8 gram. Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan Anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh Anda.

Manfaat ikan gabus juga dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak dialami oleh bayi, balita, anak, maupun ibu hamil. Dalam 100 gr ikan gabus saja, sudah sangat cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan, terutama untuk bayi.

Harga Ikan Toman

Ikan toman (sumber: bukalapak)

Ikan toman (sumber: bukalapak)

Ukuran Ikan Toman Harga 
Toman KonsumsiRp50.000 per kilogram 
Toman 20 cmRp200 ribuan per ekor 
Toman 40 cmRp300 ribuan per ekor 
Toman 55 cmRp500 ribuan per ekor 
Toman Redline 20 cmRp1.000.000 per ekor 
Toman Redline 30 cm Rp2.000.000 per ekorRp2.000.000 per ekor 
Toman Yellow Maru 10 cmRp10.000.000 per ekor 
Toman Yellow Maru 20 cmRp20.000.000 per ekor 

Harga ikan toman di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk pedagang ikan dan situs jual beli online. Harga ikan toman tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Selain itu, harga ikan toman tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, harga ikan toman berkisar Rp200 hingga 10 juta tergantung jenis, ukuran, dan banyaknya.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Terbaru Harga Rumput Gajah Mini per Meter
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Harga Ikan Toman di Pasaran "