Info Harga, Dosis, & Cara Minum Afolat untuk Program Hamil

Afolat merupakan buatan PT Rama Emerald Multi Sukses yang berfungsi sebagai penunjang untuk hamil, menyusui, dan wanita yang berencana untuk program hamil (promil). Afolat diklaim relatif aman karena telah resmi terdaftar di BPOM dengan nomor izin SD061528391.

Afolat kemasan tablet (youtube: Sugeng Prayitno)

Afolat kemasan tablet (youtube: Sugeng Prayitno)

Suplemen Afolat dapat dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan untuk menghindari kekurangan asam folat yang berpotensi menyebabkan kelainan pertumbuhan pada tulang belakang dan sistem saraf bayi. Bahkan kabarnya banyak wanita yang diklaim berhasil hamil setelah teratur mengonsumsi Afolat.

Dalam Afolat mengandung komposisi asam folat atau folic acid dengan kadar 400 mcg. Cara kerja Afolat dapat dicermati dari bagaimana bahan aktifnya bekerja. Folic acid atau asam folat merupakan bahan aktif utama dari suplemen Afolat. Seperti diketahui bahwa asam folat merupakan vitamin B yang larut dalam air.

Secara alami asam folat terkandung dalam berbagai jenis makanan sehari-hari yang Anda makan, tetapi dengan dosis kecil. Asam folat dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan DNA maupun sebagai kofaktor vitamin B12 yang berfungsi penting dalam pembentukan sel darah. Asam folat juga berfungsi menormalkan kembali homosistein yang tinggi. Beragam fungsi dari asam folat tersebut sangat dibutuhkan sebagai penunjang kesehatan ibu hamil dan janinnya, terutama pada trimester pertama kehamilan.

Dosis & Aturan Minum Afolat

Afolat tersedia dalam bentuk sediaan tablet dengan kekuatan dosis 400 mcg asam folat per tablet. Dosis konsumsi Afolat yang disarankan berdasarkan yang tertera pada kemasan adalah cukup minum 1 tablet sehari setelah makan. Untuk hasil terbaik, sebaiknya waktu yang tepat minum Afolat adalah sebelum tidur di malam hari.

Indikasi Afolat

Seperti dilansir Honestdocs, Afolat digunakan untuk membantu menjaga kesehatan ibu hamil, ibu menyusui dan wanita yang berencana untuk hamil. Suplemen ini juga digunakan sebagai terapi penunjang bersamaan dengan lain untuk anemia megaloblastik yang terjadi selama kehamilan.

Ilustrasi: ibu hamil dan suami

Ilustrasi: ibu hamil dan suami

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, mereka yang memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap suplemen asam folat tidak boleh menggunakan suplemen ini.

Efek Samping

Konsumsi asam folat umumnya bisa ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Akan tetapi, beberapa orang mungkin merasakan efek samping meskipun sifatnya jarang, yaitu:

  • Gangguan pencernaan, mual, dan kembung
  • Muncul rasa pahit di lidah
  • Kualitas tidur menurun

Peringatan & Perhatian

  • Pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi terhadap suplemen Afolat.
  • Konsumsi asam folat dosis tinggi dapat menyembunyikan kondisi kekurangan vitamin B12, di mana kondisi ini dapat membahayakan sistem saraf. Meskipun wanita dewasa muda umumnya jarang kekurangan vitamin B12, defisiensi umumnya terjadi pada wanita dewasa tua.

Interaksi Obat

Ilustrasi: ibu hamil mengonsumsi afolat (sumber: timesofisrael.com)

Ilustrasi: ibu hamil mengonsumsi afolat (sumber: timesofisrael.com)

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja sebagaimana mestinya, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada . Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Afolat, di antaranya:

  • Penggunaan bersamaan dengan obat fluorouracil (obat kanker ) dengan suplemen asam folat dapat meningkatkan risiko pendarahan, anemia dan kerusakan saraf.
  • Konsumsi bersamaan dengan capecitabine (obat kanker kolon) dapat meningkatkan risiko anemia, pendarahan dan kerusakan saraf.
  • Asam folat dapat menurunkan efektivitas dan efek samping dari obat methotrexate.

Afolat

Afolat adalah produk suplemen yang dijual bebas di pasaran dan bisa dibeli tanpa resep dokter. Afolat biasanya dijual per strip isi 10 tablet dengan harga berkisar antara Rp 2 ribuan hingga Rp 4 ribuan. Ada juga yang menjual per dus isi 10 strip dengan HET yang ditetapkan di angka Rp 45 ribu.

Selain itu Afolat juga kerap dijual dalam beberapa pilihan paket, antara lain Paket 30 Hari seharga Rp 82 ribu, Paket 60 Hari Rp 132 ribu, dan Paket 90 Hari dengan harga Rp 162 ribu. Dalam Paket 30 Hari terdiri dari 30 tablet untuk suami dan 30 tablet untuk istri, ditambah dengan bonus 10 tablet Vitamin E dan 1 alat test pack gratis. Kemudian di Paket 60 Hari isinya masing-masing 60 tablet untuk suami dan istri serta bonus 20 tablet vitamin E dan 2 alat test pack gratis. Sedangkan di Paket 90 Hari berisi 90 tablet untuk suami dan 90 tablet untuk istri, serta 30 tablet vitamin E dan 3 alat test pack.

Adapun Paket 30 Hari diperuntukkan para wanita yang sedang hamil trimester pertama (3 bulan pertama) untuk membantu menutrisi janin. Sedangkan untuk pasangan yang belum memiliki momongan atau yang sudah punya tetapi sulit hamil berikutnya, disarankan mengonsumsi Paket Afolat 60 atau 90 hari.

Afolat bisa Anda temukan dengan mudah di sejumlah toko obat maupun apotik seperti Apotek K24, Apotek Kimia Farma, dan apotek terdekat di tempat tinggal Anda. Selain itu, bisa juga dibeli melalui distributor Afolat secara offline maupun online. Perlu diketahui bahwa harga Afolat bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Afolat yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda tergantung dari penawaran pihak penjual. Harap diingat juga bahwa efek atau hasil yang dirasakan setiap orang setelah konsumsi suplemen Afolat dapat berbeda-beda, tergantung dari kondisi tubuh Anda.

Baca juga  Update Biaya Ditanggung BPJS Kesehatan Kelas 1
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga, Dosis, & Cara Minum Afolat untuk Program Hamil"