Info Terbaru Harga/Tarif Prangko Prisma di Kantor Pos Indonesia

Anda pernah mendengar tentang prangko prisma? Jika Anda termasuk orang yang memiliki hobi di dunia filateli atau surat menyurat, maka Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan PT ini. Bagi Anda yang belum tahu, Prangko PRISMA adalah singkatan dari Prangko Milik Anda, yakni yang dapat dibuat secara khusus untuk menampilkan foto wajah atau identitas lain (tanda tangan, logo, slogan, merek, dan sebagainya) sesuai permintaan pada label prangko. Dalam istilah lain, prangko prisma juga bisa disebut sebagai personalized stamp asli dari Indonesia.

Perangko Prisma gambar tokoh nasional (sumber: Bukalapak)

Perangko Prisma gambar tokoh nasional (sumber: Bukalapak)

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi Nomor 81/dirjen/2000 tentang Ketentuan Penerbitan Prangko dan Benda Filateli, yang dimaksud dengan prangko PRISMA adalah prangko yang diterbitkan dalam bergandengan dengan tab (label) yang diberi gambar identitas berbeda dengan prangkonya dan dipisahkan dengan perforasi.

Personalised stamp awalnya diperkenalkan oleh Australia Post dalam ajang pameran filateli sedunia, Australia 99 yang digelar di Melbourne, Australia pada tanggal 19-24 Maret 1999 silam. Peluncuran prangko dari Australia Post yang memiliki identitas pribadi tersebut mengusung yang berasal dari perpaduan cetak yang telah banyak digunakan pada masa itu dengan kecanggihan proses digital.

Setelah negara Australia, peluncuran personalized stamp juga diikuti oleh Indonesia melalui personalized stamp yang dinamakan prangko prisma. Baru kemudian Jepang juga memperkenalkan personalized stamp dalam acara PhilaNippon tahun 2001 lalu. Hingga kini baru ada sekitar 13 negara saja yang memiliki produk personalized stamp, antara lain Australia, Indonesia, Swiss, Singapura, Thailand, Kanada, Irlandia, Inggris, Perancis, Hong Kong, Belgia, Selandia Baru, dan Jepang.

Meskipun dapat dipersonalisasi secara pribadi, prangko prisma dinyatakan sebagai prangko asli dan resmi karena memenuhi seluruh aspek yang dibutuhkan dalam sebuah prangko, antara lain mencantumkan nominal, nama negara yang mengeluarkan, tahun penerbitan, serta dicetak dengan proses keamanan di atas kertas berpengaman.

Karena dicetak di atas security paper layaknya kertas berharga, prangko prisma pun bisa digunakan secara sah sebagai media untuk berkirim surat, kartu pos, atau kiriman pos lainnya. Bahkan beberapa orang juga menjadikan prangko prisma sebagai media pribadi untuk sekadar eksis, promosi produk maupun , kampanye pilkada, hingga sebagai cenderamata untuk diberikan pada orang-orang spesial atau sekadar dijadikan pajangan di rumah.

Untuk sementara ini layanan pembuatan produk prangko prisma kabarnya hanya tersedia di beberapa kota, seperti Jakarta, Medan, Batam, Pekanbaru, Palembang, Bogor, Serang, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya Utara, Surabaya Selatan, Jember, Malang, Madiun, Kediri, Denpasar, Kupang, Pontianak, Makassar, dan Jayapura.

Perangko Prisma (sumber: radarmalang.com)

Perangko Prisma (sumber: radarmalang.com)

Lalu, apakah produk prangko prisma saat ini masih ada? Rupanya, meski sudah diluncurkan dan diperkenalkan ke masyarakat umum sejak lama, prangko prisma sampai sekarang masih ada dan juga terus diproduksi oleh PT Pos Indonesia. Pos Indonesia juga kerap menyediakan booth khusus untuk pembuatan prangko prisma di event atau tempat-tempat tertentu, terutama ketika sedang musim liburan panjang atau akhir pekan.

Tak cukup sampai di situ, meskipun saat ini tradisi berkirim surat atau kartu pos sudah semakin berkurang seiring dengan pesat perkembangan teknologi, ternyata permintaan pembuatan prangko prisma justru dikabarkan meningkat pada saat momen menjelang Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran.

Cara Pemesanan Prangko Prisma

  1. Kunjungi pos besar yang ada di tempat tinggal Anda dan cobalah bertanya pada petugas di sana apakah mereka menerima pemesanan prangko prisma.
  2. Apabila kantor pos tersebut bisa melayani pembuatan prangko prisma, maka siapkan flashdisk atau handphone yang berisi file foto atau gambar yang hendak Anda cetak di prangko prisma. Anda juga bisa meminta difoto langsung di kantor pos yang melayani pembuatan prangko prisma tersebut.
  3. Lakukan pembayaran dan Anda bisa menunggu pembuatan prangko prisma tersebut diproses oleh bagian customer service hingga selesai. Biasanya lama waktu yang dibutuhkan untuk mencetak prangko prisma adalah sekitar 10 menit atau 1 hari kerja, tergantung kebijakan Kantor Pos yang ada di kota Anda. Namun sebagian besar Kantor Pos menyediakan layanan pencetakan prangko prisma yang cepat dan bisa ditunggu, sehingga bisa langsung dibawa pulang oleh konsumen.

Kriteria Gambar yang Dapat Dicetak di Prangko Prisma

PT Pos Indonesia menerima pembuatan prangko prisma yang menampilkan gambar atau foto pengirim kartu tersebut maupun identitas lainnya yang Anda inginkan seperti foto pribadi, keluarga, instansi, lembaga, atau perusahaan, untuk kemudian dicetak pada lembaran perangko asli, bukan sekadar kertas atau kertas mirip prangko. Namun perlu diketahui, meski PT Pos Indonesia menerima gambar atau foto apapun, pihak Pos Indonesia tidak bersedia menerima gambar atau tulisan yang mengandung provokasi atau bertentangan dengan norma yang berlaku.

tarif, harga, biaya, pembuatan, membuat, cara, cetak, foto, prangko, perangko, prisma, pt pos indonesia, kantor, 2017, 2016, info, baru, terbaru, apa itu, surat, 5000, 3000, hari, sampai, daftar, foto, gambar, filateli, kartu, 2018

Ilustrasi: prangko surat menyurat

Syarat dan Ketentuan

  1. Pos Indonesia tidak melayani penjualan blangko Prisma kosong (tanpa personalisasi).
  2. Tidak menggunakan gambar yang memiliki hak cipta tanpa seizin pemilik. Apabila telah mendapatkan izin pemiliknya, maka dapat menyertakan izin yang dimaksud.
  3. Gambar yang menampilkan tokoh atau foto seseorang harus seizin yang bersangkutan atau pihak yang berwenang dengan menyertakan surat izin yang dimaksud.
  4. Gambar yang tercetak di dalam prangko Prisma tidak menjadi tanggung jawab Pos Indonesia.
Tarif Prangko Prisma

Rupanya biaya yang dibutuhkan untuk membuat prangko dengan gambar diri Anda cukup terjangkau, yakni berkisar mulai dari Rp20 ribuan per lembar isi 4 keping prangko dengan kopur (nominal tertulis) Rp5.000. Sedangkan untuk prangko Prisma 1 lembar nominal Rp3.000 isi 8 prangko harganya Rp32 ribu. Cukup murah bukan?

Namun perlu diketahui bahwa tarif pembuatan prangko prisma di Kantor Pos bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dari pihak PT Pos Indonesia. Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk membuat prangko prisma sesuai keinginan Anda, pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu berapa biaya pembuatannya pada sang petugas. Anda juga dapat menikmati layanan wisata pos yang biasanya ditujukan untuk para pelajar, tarifnya hanya sekitar Rp10 ribu saja.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Harga Camilan Bayi Yummy Bites di Pasaran
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga/Tarif Prangko Prisma di Kantor Pos Indonesia"