Update Harga dan Cara Pakai Salep Melanox untuk Penghilang Bekas Luka & Jerawat

Masalah bintik atau noda hitam, , hingga bekas di memang sangat mengganggu. Hal ini biasanya dialami oleh mereka yang mengalami masalah hiperpigmentasi, sehingga tampilan kulit menjadi kurang berseri dan cerah. Oleh sebab itu, beberapa orang berusaha menghilangkan noda hitam atau bahkan bekas jerawat dengan penggunaan krim atau salep tertentu seperti Melanox.

Salep Melanox untuk Penghilang Luka & Jerawat

Tiap gram Melanox Cream mengandung Hydroquinone 2%. Hydroquinone adalah obat yang digunakan untuk menangani hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit. Hiperpigmentasi adalah penggelapan bagian-bagian kulit yang umumnya terjadi setelah peradangan, misalnya bekas jerawat, bekas luka, atau bintik-bintik cokelat karena paparan sinar matahari. Selain peradangan, penggelapan kulit ini juga dapat terjadi karena pengaruh hormon pada ibu hamil.

Melanox Cream (sumber: Bukalapak)

Melanox Cream (sumber: Bukalapak)

Melanox Krim diklaim berguna untuk memutihkan kulit secara berangsur-angsur dari ‘age spots’, bintik-bintik hitam (freckles), dan noda-noda hitam (melasma) yang dapat timbul sebagai akibat pemakaian pil kontrasepsi, sekaligus memutihkan pigmen yang gelap pada kulit.

Melanox Forte Cream (Hydroquinone 4%)

Tiap gram Melanox Cream mengandung Hydroquinone 4%. Melanox Forte Cream adalah obat yang digunakan untuk mengurangi hiperpigmentasi kulit. Obat Melanox Forte Cream mengandung Hydroquinone, yang diklaim mengurangi terjadinya hiperpigmentasi dengan cara mengganggu sistem tirosin-melanin.

Perbedaan paling mendasar antara Melanox Cream biasa dengan Melanox Forte tentu saja adalah kandungan hidrokuinon-nya. Jika Melanox Cream kandungan Hydroquinone-nya 2%, maka untuk produk Melanox Forte memiliki kadar Hydroquinone yang lebih tinggi, yakni 4%. Uniknya, meskipun kandungannya lebih tinggi, ternyata varian Melanox Forte justru memiliki logo ‘hijau’ yang artinya obat ini tergolong obat bebas. Sedangkan Melanox Cream digolongkan obat keras yang hanya dapat dibeli menggunakan dokter.

Cara Kerja Salep Melanox

Seperti dilansir Honestdocs, Melanox dengan kandungan utamanya berupa hydroquinone dapat membantu memutihkan kulit yang menghitam dengan cara menghambat sintesis enzim tyrosinase yang berperan penting dalam proses pembentukan melanin pada kulit. Melanin inilah yang berperan dalam proses munculnya flek hitam di kulit. Senyawa hydroquinone menghambat oksidasi enzimatik dari tyrosinase menjadi 3,4-dihidroksifenilanin (dopa) dan menekan produksi melanosit lainnya sehingga proses munculnya flek hitam terhambat.

& Cara Penggunaan Melanox

Oleskan tipis pada kulit yang mengalami hiperpigmentasi sebanyak 1-2 kali sehari.

Indikasi Melanox

Melanox memiliki kegunaan untuk memutihkan kulit yang mengalami beberapa jenis hiperpigmentasi atau flek hitam di kulit seperti:

  • Flek hitam karena usia
  • Flek hitam setelah proses kehamilan
  • Bekas luka yang menyebabkan kulit kehitaman
  • Hiperpigmentasi akibat penggunaan pil KB

Flek hitam pada kulit akibat terapi hormonal pada masa menopause juga menjadi indikasi Melanox bagi pengguna.

Melanox Forte Cream (sumber: Tokopedia)

Melanox Forte Cream (sumber: Tokopedia)

Kontraindikasi Melanox

Wanita hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan hydroquinone. Berikut beberapa kontraindikasi Melanox yang perlu diperhatikan. 

  • Remaja di bawah 12 tahun sebaiknya tidak menggunakan hydroquinone.
  • Jangan dioleskan pada luka terbuka atau di sekitar mata.
  • Hindari paparan sinar matahari pada bagian yang diolesi hydroquinone.
  • Hubungi dokter jika kondisi Anda tidak kunjung membaik atau bertambah parah setelah menggunakan hydroquinone selama dua bulan.

Kontraindikasi obat Melanox juga ditujukan bagi yang menderita asma serta penyakit kulit lain seperti eksim atau psoriasis.

Efek Samping Melanox

Seperti halnya produk atau obat-obatan lain, pemakaian Melanox juga bisa saja menimbulkan efek samping meskipun efek yang dirasakan setiap orang bisa saja berbeda-beda. Berikut ini beberapa efek samping yang harus Anda perhatikan:

  • Efek samping yang umum adalah iritasi, kulit kemerahan, kulit terasa seperti terbakar dan dermatitis alergi.
  • Munculnya eritema dan kulit menjadi kering.
  • Penggunaan jangka panjang dan berlebihan dapat menyebabkan efek samping koloid milium dan ochronosis.

Peringatan & Perhatian Pemakaian Melanox

Sebelum digunakan, lakukan tes sensitivitas kulit. Oleskan cream tipis-tipis dan lihat efeknya selama 24 jam. Jika tidak terjadi reaksi hipersensitivitas, pengobatan bisa dilanjutkan. 

  • Jangan digunakan jika terjadi reaksi hipersensitivitas seperti gatal, pembentukan vesikel, dan reaksi radang.
  • Obat ini tidak boleh digunakan di dekat area mata, mulut atau membran mukosa lainnya, luka terbuka atau untuk anak di bawah usia 12 tahun.
  • Tidak dianjurkan menggunakan obat ini untuk ibu hamil.
  • Sebaiknya tidak digunakan untuk ibu menyusui.
  • Obat ini tidak ditujukan untuk mencegah kulit terbakar oleh sinar matahari.
  • Keamanan penggunaan obat ini pada lansia belum diketahui.
  • Gunakan obat ini hanya pada area hiperpigmentasi. Jangan berlebihan.
  • Hentikan penggunaan obat jika terjadi iritasi.

Untuk mencegah repigmentasi, selama penggunaan obat ini, paparan sinar matahari pada kulit yang diobati harus dihindari. Usahakan menggunakan tabir surya spektrum luas (SPF 15 atau lebih) atau dengan menggunakan pakaian pelindung.

Cara Pakai Salep Penghilang Bekas Luka - proctologiaypisopelvico.com

Cara Pakai Salep Penghilang Bekas Luka - proctologiaypisopelvico.com

Daftar Salep & Produk Kosmetik Melanox

Nama ProdukHarga
Melanox Cream 15 gramRp42.996
Melanox Forte Cream 4% 15 grRp44.699
Melanox ES 15 gRp81.045
Melanox Premium Facial Cleansing Wipes & Remover 10sRp18.150
Melanox Skin Toner 125 mlRp51.480
Melanox Facial Cleansing Gel 125 mlRp72.500
Melanox Face UV Protection 25 grRp85.000
Melanox Premium Cream 14 grRp135.000
Melanox Premium Serum 15 mlRp146.519

Jika dibandingkan dengan penjualan tahun lalu, salep Melanox mengalami perubahan harga. Misalnya, Melanox Cream 15 gram yang sebelumnya dijual seharga Rp42.662 kini menjadi Rp42.996. Sama halnya dengan Melanox Premium Cream 14 gr ikut naik dari Rp133.999 menjadi Rp135 ribuan.

Informasi harga salep Melanox di atas diperoleh dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga krim atau produk-produk Melanox lainnya dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga salep Melanox yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari salep Melanox, Anda bisa membelinya di sejumlah toko obat atau apotik seperti Apotek K24, Apotek Kimia Farma, atau apotek lain yang terdekat dari tempat tinggal Anda.

[Ditta]

Baca juga  Indikasi, Dosis dan Harga Acyclovir (Tablet dan Salep)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga dan Cara Pakai Salep Melanox untuk Penghilang Bekas Luka & Jerawat"