Update Harga Cartridge Canon PIXMA iP2870 (Black & Color)

Hingga kini, printer masih dianggap sebagai mesin pencetakan yang paling dibutuhkan di dunia perkantoran maupun pendidikan. Pasalnya, dengan harga yang cukup murah, printer bisa digunakan untuk mencetak berbagai jenis dokumen. Nah, salah satu printer terjangkau yang cukup disukai adalah tipe Canon PIXMA iP2870. Printer yang dijual dengan harga sekitar mulai Rp549 ribu hingga Rp650 ribuan ini dilengkapi hitam dan warna untuk kebutuhan cetak sederhana di rumah, kantor, maupun sekolah.

Ilustrasi: Printer Canon di Kantor (credit: crn.ru)
Ilustrasi: Printer Canon di Kantor (credit: crn.ru)

sendiri merupakan salah satu bagian dari perangkat printer yang berguna untuk menyimpan, mengatur, dan tempat keluarnya tinta ketika proses mencetak. Secara umum, cartridge dapat dibedakan menjadi dua jenis atau tipe, yaitu ink cartridge atau cartridge tinta dan juga toner cartridge atau toner laser.

Bacaan Lainnya

tinta atau inkjet adalah komponen printer inkjet yang berisi tinta yang disebarkan ke kertas selama pencetakan. Sementara, toner cartridge adalah komponen printer laser yang bisa habis pakai. Cartridge tinta biasanya berisi satu atau lebih reservoir tinta dan produsen tertentu juga terkadang menambahkan kontak elektronik dan sebuah chip yang “berkomunikasi” dengan printer. Secara desain, cartridge jenis ini dibedakan menjadi dua, yaitu menggunakan inkjet termal dan juga menggunakan piezoelectric. 

Baca juga  Update Harga Garam Balok Bata/Batangan (Semua Merek dan Kemasan)

Sebagian besar printer inkjet, seperti yang diproduksi oleh Canon, HP, dan Lexmark, menggunakan inkjet termal. Di dalam setiap partisi reservoir tinta adalah elemen pemanas dengan pelat logam kecil atau resistor. Sebagai tanggapan atas sinyal yang diberikan oleh printer, arus kecil mengalir melalui logam atau resistor sehingga membuatnya hangat, dan tinta yang bersentuhan dengan resistor yang dipanaskan diuapkan ke dalam gelembung uap kecil di dalam nosel. Sebagai konsekuensinya, tetesan tinta dikeluarkan dari nosel ke atas kertas dan proses ini memakan waktu seperseratus milidetik.

Proses pencetakan sendiri tergantung pada kelancaran arus tinta, yang bisa terhambat jika tinta mulai mengering di kepala printer, seperti yang bisa terjadi saat level tinta menjadi rendah. Tinta yang kering ini bisa dibersihkan dari kepala printer dengan menggunakan isopropil alkohol atau air. Isopropil alkohol akan “merusak” kepala printer, mencairkan plastik pada sambungan dan gasket karet. 

Tinta juga berfungsi sebagai pendingin untuk melindungi elemen pemanas pelat logam, saat persediaan tinta habis, dan percobaan pencetakan, elemen pemanas pada termal sering habis terbakar, dapat merusak kepala printer secara permanen. Karena itu, saat tinta mulai berkurang dan habis, cartridge harus segera diisi ulang atau diganti, untuk menghindari kerusakan yang berlebihan pada print head.

Sementara itu, yang menggunakan piezoelectric crystal contohnya adalah semua printer buatan Epson. Saat arus diterapkan, kristal akan berubah bentuk dan ukuran, meningkatkan tekanan pada saluran tinta dan dengan demikian memaksa tetesan tinta dari nozzle. Ada dua jenis kristal yang digunakan, yaitu yang memanjang saat mengalami listrik atau bi-morph yang membungkuk.

Ilustrasi: Cartridge Canon PG-745 (credit: Shopee)
Ilustrasi: Canon PG-745 (credit: Shopee)

Jenis lainnya yang sering digunakan adalah cartridge toner. Cartridge ini mengandung bubuk toner, campuran partikel plastik, karbon, dan bahan pewarna hitam yang bagus dan kering yang membuat gambar “sebenarnya” di atas kertas. Toner dipindahkan ke kertas melalui unit drum bermuatan elektro-statik dan menyatu ke kertas dengan rol yang dipanaskan selama proses pencetakan.

Baca juga  Info Terkini Harga Beras Merah Tropicana Slim

Nah, untuk printer seri Canon PIXMA iP2870, menggunakan dua jenis cartridge, yakni ukuran standar dan besar (XL). Untuk ukuran standar, yang digunakan adalah tipe Canon PG-745 untuk tinta hitam (black) dan Canon CL-746 untuk tinta warna (color). Sementara itu, yang ukuran besar menggunakan tipe PG-745 XL Black Ink atau CL-746 XL Colour Ink. Namun biasanya, yang paling mudah ditemui di pasaran adalah tipe ukuran standar. Lalu, berapa harga tersebut?

Harga Canon PIXMA iP2870

Tipe Cartridge Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Canon PG-745 Black Standard  Rp155.000 – Rp165.000 Rp247.500
Canon PG-745 Black XL Rp250.000 Rp349.000
Canon PG-745 Black + CL-746 Color Rp525.000 Rp725.000
Canon CL-746 Color Small Rp145.000 – Rp187.000 Rp183.000
Canon CL-746 Color XL Rp281.000 – Rp288.000 Rp396.000

Daftar harga cartridge untuk printer Canon PIXMA iP2870 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Harga cartridge untuk printer Canon PIXMA iP2870 tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Cara Memasang Cartridge yang Tepat - printdriv.com
Cara Memasang Cartridge yang Tepat – printdriv.com

Cara Isi Ulang Tinta Canon iP2870

Untuk mengisi ulang (refill) tinta hitam pada printer Canon iP2870 sendiri cukup mudah, karena hanya ada 1 lubang dan Anda tinggal menyuntikkan tinta pada lubang yang telah disediakan. Lalu, bagaimana cara mengisi tinta warna printer Canon iP2870? Rupanya inilah yang sedikit rumit dan kerap menimbulkan kebingungan. Pasalnya, pada cartridge warna printer Canon iP2870, tidak ada petunjuk warna layaknya di cartridge milik printer lain. Jika Anda salah menyuntikkan warna, tentu saja akan membuat warna yang ada dalam cartridge menjadi tercampur dan hasil cetakan Anda pun warnanya akan rancu.

Baca juga  Spesifikasi dan Update Harga Canon EOS 400D

Nah, untuk mengakali hal ini ternyata cukup mudah. Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka label penutup cartridge warna hingga terlihat 3 lubang kecil yang merupakan tempat tinta warna dari Canon iP2870. Setelah ketiga lubang tersebut terlihat, Anda bisa menempelkan selembar tisu di bagian bawah cartridge (mulut semprot). Nantinya, warna tinta biru, merah, dan kuning akan terlihat dengan jelas di tisu tersebut. Urutan warna yang muncul itulah yang bisa Anda gunakan sebagai pedoman untuk isi ulang tinta printer Canon iP2870.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.