Info Harga Terbaru & Cara Memilih Bibit Lele Dumbo yang Berkualitas

termasuk jenis ikan yang banyak disukai untuk keperluan . Daging ikan cukup gurih, lembut, dan juga lezat. Tak heran bila banyak dibudidayakan untuk bisnis. Varietas ikan pun bermacam-macam, mulai dari lokal, dumbo, mutiara, sangkuriang, hingga phyton. Harga pun variatif, tergantung jenisnya.

harga, bibit, ikan, lele, dumbo, jawa tengah, ukuran, 7-9, sangkuriang, mutiara, bogor, jual, beli, dimana, jogja, yogyakarta, benih, 2018, 2017, terbaru, berapa, kualitas, baik, bagus, pembudidaya, budidaya, ternak

Kolam berisi lele dumbo dewasa (sumber: elnandar.com)

Harga bibit lele dumbo cukup terjangkau. Berdasarkan penelusuran di salah satu situs jual beli , harga benih lele dumbo dihargai Rp150 - Rp250 per ekor. Ada juga yang menjual bibit lele dumbo dengan harga Rp20 ribuan  per 1.000 ekor (1 box). Harga bibit lele dumbo di setiap tempat kemungkinan bisa sangat bervariasi, tergantung dari ukuran benih itu sendiri. Biasanya bibit lele dumbo yang dijual berukuran paling kecil mulai 2-3 cm, 3-5 cm, 5-6 cm, 6-7 cm, hingga 7-9 cm.

Bagi Anda yang hendak beternak ikan lele dumbo sebaiknya pilihlah bibit lele yang berkualitas. Biasanya bibit lele yang bagus bisa didapatkan di tempat peternakan lele langsung. Pasalnya apabila Anda membeli melalui pengepul atau pasar biasanya ikan lele yang Anda beli mudah stres dan mati lantaran ikan-ikan lele tersebut sering dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Cara paling mudah mengetahui bibit lele yang hendak Anda beli memang berkualitas atau tidak adalah dengan mengamati pergerakannya. Apabila gerakan bibit lele Anda cukup minim, sebaiknya jangan dipilih. Apalagi jika kulit bibit lele sudah mulai lecet, maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk membeli. Agar lebih jelas, berikut ini ciri bibit lele dumbo berkualitas dan cara memilihnya.

Ciri Bibit Lele Dumbo Berkualitas

Bibit Berasal dari Benih Ikan Lele

Bibit ikan lele dumbo yang berkualitas seharusnya berasal dari hasil budidaya benih ikan lele dumbo. Sebab bibit dari hasil budidaya umumnya memiliki kualitas yang lebih terjaga lantaran mengalami pemeliharaan yang intensif selama dibudidayakan oleh peternaknya. Di samping itu, bibit dari budidaya benih ikan lele dumbo juga kebanyakan dihasilkan dari indukan yang terbaik. Sang pembudidaya pun biasanya sudah mengetahui bagaimana cara membesarkan benih yang benar.

Gerakannya Lincah

Kolam ternak lele (sumber: mongabay.co.id)

Kolam lele (sumber: mongabay.co.id)

Bibit ikan lele dumbo yang bagus mestinya memiliki gerakan yang lincah. Namun ada pula bibit ikan lele yang cenderung bergerak lambat dan berdiam diri di satu tempat saja. Bibit seperti itu sebaiknya jangan dipilih meski Anda lebih mudah menangkapnya. Untuk mengetahui apakah gerakan bibit lele gesit atau tidak, Anda bisa memasukkan bibit ikan lele ke dalam sebuah wadah. Kemudian miringkan wadah berisi bibit ikan lele tersebut. Perhatikan geraknya, bila sebagian besar bibit ikan lele dumbo bergerak melawan arus, maka bibit itu memang bagus. Tetapi bila sebaliknya, cenderung lemas dan ikut terbawa arus, berarti kualitasnya kurang baik.

Tampilan Fisik Harus Sempurna

Lele dumbo yang hendak dibudidayakan hendaknya berasal dari bibit ikan lele dumbo yang memiliki fisik sempurna. Bibit dari budidaya benih ikan lele dan gerakan yang lincah saja tidak selalu menjamin suatu bibit benar-benar berkualitas baik. Oleh sebab itu, apabila Anda menemukan bibit ikan lele dumbo yang ada sedikit saja lecet di tubuhnya sebaiknya jangan dipilih.

Usahakan untuk memilih bibit ikan lele dumbo yang warnanya seragam dan badannya mulus. bibit ikan lele yang baik biasanya yang berwarna cokelat tua atau hitam kemerahan dengan morfologi atau bentuk tubuh seimbang dari bagian kepala hingga badan. Kulit bibit lele tersebut pun harusnya cerah dan mengkilap.

Bibit ikan lele yang bagus warnanya tidak pucat dan tidak menggerombol saja di pojok kolam, melainkan bergerak lincah ke sana ke mari. Apabila Anda menemukan ada bibit ikan lele dumbo yang tubuhnya kurang sempurna, sebaiknya segera pisahkan.

Ukuran Bibit Harus Seragam

Seperti jenis ikan-ikan yang lain, dalam memilih bibit ikan lele dumbo upayakan untuk memilih yang ukurannya seragam. Pasalnya apabila Anda memaksakan diri untuk memilih bibit ikan lele yang ukurannya bercampur antara yang besar dengan kecil, risiko terjadinya bibit lele berukuran besar memakan bibit lele yang berukuran kecil (kanibal) pun akan semakin tinggi.

Bibit lele dumbo (youtube: Lisi Yen)

Seperti diketahui, ikan lele yang tubuhnya berukuran lebih besar biasanya senang memakan ikan lele yang berukuran kecil. Bila dalam proses pembudidayaan ternyata hal ini sampai terjadi, tentunya Anda pun akan merugi. Di samping itu, ukuran bibit ikan lele juga mempengaruhi pertumbuhannya. Jika dari awal ukuran bibit ikan lele tidak seragam, maka saat sudah tumbuh besar nanti ukurannya juga cenderung tidak sama. Bahkan Anda bisa terancam gagal panen karena bibitan yang kecil-kecil telah habis terlebih dahulu di mangsa yang besar.

Bibit Lele dalam Kondisi

Apabila hendak membeli bibit ikan lele, tanyakan terlebih dahulu pada sang pembudidaya terkait riwayat kesehatan indukan. Tujuannya, bila bibit ikan lele tersebut mengalami penyakit yang sama, maka Anda lebih mudah menanganinya.

Perhatikan Riwayat Induk Lele

Bibit lele yang baik tentunya berasal dari indukan yang baik pula. Apabila bibit ikan lele berasal dari indukan unggul, maka anakannya pun akan mewarisi sebagian besar sifat genetik dari sang induk. Tipsnya, pilih bibit ikan lele yang bukan dari hasil perkawinan inbreeding atau tingkat kekerabatan yang tinggi. Apabila semakin jauh tingkat kekerabatannya biasanya kualitas bibit pun semakin bagus.

Memiliki Sertifikat CPIB

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan berkaitan dengan sertifikasi CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik). Bibit yang memiliki sertifikat CPIB umumnya memiliki kualitas yang baik pula. Dari sertifikat itu Anda juga bisa tahu asal indukan dan jenis apa yang dipakai. Akan tetapi hal ini bukanlah patokan, karena ada juga pembudidaya yang tidak memiliki sertifikat CPIB tetapi kualitas bibitnya cukup baik.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Info Terbaru Harga KFC Bucket 9 Potong
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Terbaru & Cara Memilih Bibit Lele Dumbo yang Berkualitas"