Update Harga Bunga Aster untuk Rangkaian Dekorasi di Pasaran

Bunga aster adalah bunga dengan tampilan cantik yang berasal dari Tiongkok. Bunga dengan warna-warni menarik ini memiliki tinggi yang berkisar antara 30 hingga 70 cm. Di Indonesia, tepatnya di daerah Pacet banyak petani yang membudidayakan bunga aster lantaran jenis bunga hias satu ini termasuk bunga yang banyak disukai orang. bunga aster di pasaran masih berkisar puluhan ribu rupiah.

Bunga aster (unsplash: Markus Spiske)

Bunga aster (unsplash: Markus Spiske)

Beberapa jenis bunga dan segar kerap digunakan untuk rangkaian bunga di ruangan. Tempat untuk rangkaian bunga bisa berupa vas konvensional dari berbagai bahan. Sedangkan, untuk jenis bunga dan daun yang biasanya dipakai untuk rangkaian bunga dekoratif yakni krisan, lily, mawar, anggrek, dan aster. Sebelum dirangkai, Anda perlu memperhatikan perawatan bunga tersebut agar tetap tampak segar.

Cara Merawat Bunga Sebelum Dirangkai

  • Bunga segar yang telah dipotong dari tanaman induknya harus segera direndam tangkainya ke dalam ember berisi air. Fungsi perendaman ini adalah untuk memberi minum bunga yang sudah terpisah dari tanaman induknya. Perlu diingat, air hanya diperlukan untuk merendam bagian bawah tangkai.
  • Potong serong tangkai bagian bawah sebelum direndam. Pemotongan serong ini perlu diulang bila bagian bawah tangkai mulai terlihat membusuk. Ada baiknya, Anda memakai gunting atau pisau yang tajam untuk memotong tangkai.
  • Perhatikan daun-daun yang masih menempel di tangkai bunga. Apabila terlihat mengganggu penampilan bunga, misalnya daun mulai layu atau berlubang-lubang, maka sebaiknya daun tersebut dibuang saja.[1]
Baca juga  Info Terupdate Manfaat & Harga Jeruk Sunkist 1 Kg dan 1 Dus di Pasaran

Bunga aster biasanya dijadikan bunga potong yang disusun menjadi rangkaian bunga untuk menambah kecantikan dan keindahan beberapa acara. Bunga aster bisa Anda temui di Amerika Utara dan Eropa Selatan. Keluarga bunga aster terdiri lebih dari 600 spesies yang tersebar di seluruh dunia dan salah satu spesies yang paling umum adalah Monte Casino. Bunga cantik yang satu ini dapat tumbuh di berbagai iklim mulai dari tropis hingga dingin.Di Indonesia, bunga aster banyak dibudidayakan di daerah Pacet.

Ciri Khas Bunga Aster

  • Bunga aster memiliki kelopak bersusun seperti bunga kertas dan hampir mirip seperti bunga matahari
  • Bunga aster memiliki banyak varian warna mulai dari putih, biru, ungu, kuning, dan masih banyak lagi
  • Umumnya, bunga ini berusia sekitar 1 tahun
  • Dalam satu tangkai aster biasanya terdapat beberapa cabang yang bagian ujungnya merupakan kuntum bunga
Baca juga  Info Terupdate Harga Insektisida Curacron (Ukuran 100 ml, 250 ml, 500 ml)

Menariknya, bunga aster tergolong bunga yang sangat mudah didapat dan tak mengenal musim untuk berbunga. Bunga aster termasuk bunga yang banyak dijual di toko-toko bunga hias alias florist bersama dengan kelompok bunga lainnya seperti sedap malam, mawar, krisan, lily, matahari, baby breath, dan masih banyak lagi.

Bunga aster menjadi bunga yang pasti akan ada dalam sebuah rangkaian bunga. Selain karena warnanya yang variatif, bentuknya yang cantik dianggap bisa terlihat begitu harmonis dan indah jika dipadukan dengan bunga-bunga lainnya dan diberikan sebagai buket bunga untuk orang-orang terkasih.

Bunga Aster - ilmubudidaya.com

Bunga Aster - ilmubudidaya.com

Dari sekian banyak bunga aster di pasaran, bunga aster merah dengan bagian tengah berwarna hijau muda merupakan jenis bunga aster yang paling banyak dijumpai. Kemudian ada juga bunga aster merah muda yang biasanya banyak diberikan oleh para pria untuk kekasihnya. Lalu, berapa harga bunga aster saat ini?

Harga Bunga Aster Berbagai Jenis

Jenis Bunga AsterKisaran Harga (Rp)
10 Tangkai Aster Alpinus15.000
4 Batang Aster Kuning15.000
4 Batang Aster Putih15.000
6 Batang Aster Merah25.000
6 Batang Aster peacock/pikok ungu25.000
9 Tangkai Aster Puma32.000
6 Batang Aster Seruni Jumbo Pink35.000
Paket Bunga Aster mix 5 jenis35.000
Paket Bunga Aster Red Stroika/40.000
42 Tangkai Aster New England60.500
Baca juga  Info Terbaru Harga Bibit dan Buah Ciplukan Cecendet¬†

Di toko bunga, bunga aster biasanya dijual per tangkai atau per ikat. Sebagai contoh di Bandung menyediakan jenis bunga aster puma, aster red stroika, aster ungu mix, aster yellow mix, hingga aster kuning. Terpantau pada 2019, harga 1 ikat bunga aster dibanderol mulai Rp20 ribuan. Harga tersebut naik pada 2020 menjadi Rp35 ribuan. Bahkan, hingga 2021 ini, harga 1 paket bunga aster tidak mengalami perubahan, tergantung jenis pilihan.

Berbeda dengan bunga hiasnya, untuk bibit/benih bunga aster sendiri terbilang lebih murah. Pada 2019, bibit bunga aster ungu berkisar Rp17 ribuan. Lalu pada 2020, harga bibit bunga aster ungu naik menjadi Rp25 ribuan. Begitu pula pada 2021 ini yang relatif tetap.

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Perlu diingat, harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli bunga aster berbagai varian di toko bunga, baik offline maupun online dengan harga bersaing.

[: Ditta]

[1]Valentina, Nadia. Rangkaian Bunga Dekoratif Minimalis (Surabaya: Tiara Aksa, 2009), hlm.14

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Bunga Aster untuk Rangkaian Dekorasi di Pasaran"