Update Harga Buah Mahkota Dewa Segar dan Kering di Pasaran

Mendengar nama buah mahkota dewa, mungkin masih dirasa asing bagi sebagian masyarakat. Beberapa mungkin pernah mendengar namun tidak tahu bagaimana bentuk dari buah dengan banyak ini. Di , buah mahkota dewa dijual dalam bentuk buah segar maupun telah dikeringkan. Harganya juga beragam tergantung dari kemasan per kilogramnya.

Harga, buah, mahkota, dewa, segar, beli, jual, per, kg, petani, cara, jual, pasaran, kering, budidaya, bisnis, peluang, usaha, bibit, mahal, murah, daging buah, bentuk, warna, merah, pohon, bibit, pupuk, tanaman, manfaat, kilogram, budidaya, tanah, panen, ton, dijemur, petani

Buah mahkota dewa segar (sumber: rep-id.com)

Harga jualnya yang cukup tinggi, membuat jenis buah mahkota dewa ini memiliki peluang usaha yang cukup bagus. Maka dari itu, masyarakat perlu dikenalkan dengan mahkota dewa dengan berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya.

Sebab produksi buah mahkota dewa ini tidak kenal , menjadikannya sangat baik untuk dibudidayakan sebagai usaha sampingan. Daya tarik peluang ekonomi mahkota dewa ini telah memikat beberapa petani di . Mereka rata-rata mempunyai 200 mahkota di lahannya.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis tanaman mahkota dewa, modal awal yang diperlukan saat membudidayakan mahkota dewa adalah lahan dan . Untuk menanam satu pohon, dibutuhkan satu lubang berdiameter 60 x 60 x 60 cm. Tanah galian lubang tersebut harus dijemur selama sebulan agar zat asamnya menghilang.

Baca juga  Harga Selada per Kg di Pasaran

Selanjutnya tanah tersebut dicampur dengan pupuk kandang seberat 15 kg. Lalu ditutupkan kembali di lubang tersebut bersama bibit. Bibit yang baik untuk ditanam berusia 3 atau 4 bulan. Harganya di pasaran Rp2.500 per batang. Selama seminggu dari penanaman awal, usahakan bibit tidak terkena sinar matahari langsung dengan memberi perindang seperti daun kelapa.

Untuk penyiraman awal, sebaiknya dilakukan dua hari sekali. Setelah 1,5 bulan, penyiraman jadi seminggu sekali. Atau dua minggu sekali saat kemarau. Selama empat bulan pertama, sebaiknya rerumputan di sekitar pohon dibersihkan dan diletakkan di sekitar tanaman sebagai pupuk. Namun pada bulan ketujuh atau bulan kedua belas, sebaiknya mahkota dewa diberi pupuk kandang lagi dengan porsi 5 kg sampai 7 kg per pohon.

Harga, buah, mahkota, dewa, segar, beli, jual, per, kg, petani, cara, jual, pasaran, kering, budidaya, bisnis, peluang, usaha, bibit, mahal, murah, daging buah, bentuk, warna, merah, pohon, bibit, pupuk, tanaman, manfaat, kilogram, budidaya, tanah, panen, ton, dijemur, petani

Buah mahkota dewa segar (sumber: Bukalapak)

Setelah 1,5 tahun dari awal tanam, mahkota dewa sudah berbuah. Namun buahnya masih sedikit, hanya sekitar 25 sampai 50 buah saja. Setelah panen pertama keluar, sebaiknya mahkota dewa banyak-banyak dipupuk agar buah yang keluar juga besar-besar dan banyak. Dalam satu pohon, bisa dihasilkan antara 5 kg sampai 10 kg buah.

Baca juga  Info Harga Karung Goni dalam Berbagai Ukuran di Pasaran

Daging buah yang paling besar dan berwarna merah cocok dijadikan bibit. Sehingga jika petani ingin menanam pohon baru tidak perlu membeli bibit. Daging buah tersebut juga bisa diiris halus lalu dijemur selama 5 hari agar mengering. Karena yang paling laku dijual adalah buah yang telah berbentuk kering.

Dari satu ton daging buah basah bisa menghasilkan 200 kg daging buah kering. Dengan  perbandingan 5kg daging buah basah bisa jadi 1 kg daging buah kering. Untuk satu kilogram buah mahkota dewa segar biasanya dijual dengan harga mulai Rp60 ribuan. Sementara harga pasaran untuk jenis buah mahkota dewa kering dijual lebih mahal, yakni mulai Rp80 ribu hingga Rp100 ribuan per 1 kilogram.

loading...

Leave a reply "Update Harga Buah Mahkota Dewa Segar dan Kering di Pasaran"