Info Harga Buah dan Bibit Durian Musang King

Pecinta durian sudah pasti tak asing dengan ragam dan jenis durian yang ada di Indonesia maupun lain. Salah satu jenis durian yang menjadi unggulan para penggemar durian mungkin di antaranya adalah durian monthong asal Thailand dan durian Musang King asal Malaysia. Meski jual dari kedua ini tergolong lebih mahal, namun tetap saja tidak menyurutkan niat konsumen untuk membelinya.

Daging legit durian musang king (sumber: medium.com)

legit durian musang king (sumber: medium.com)

Jika dibandingkan dengan jenis durian Indonesia, Musang King merupakan durian Malaysia memiliki tipis, berbeda dengan durian Tanah Air yang memiliki biji berukuran cukup besar. Di negara asalnya, durian Musang King termasuk ke dalam jenis durian unggul.

Teksturnya juga padat dan lembut saat dimakan. Rasanya memiliki campuran pahit dan manis yang menyatu di mulut. Bahkan berdasarkan keterangan para penjual durian, Musang King dinilai memiliki kandungan alkohol yang lebih banyak jika dibandingkan dengan durian lokal Indonesia. Daging buahnya berwarna kekuningan, sedikit kering menyerupai kunyit. Tidak heran jika di Malaysia, durian ini terkenal dengan julukan durian raja kunyit.

Selain digemari oleh masyarakat lokal Malaysia, maupun beberapa negara tetangga, masyarakat Tiongkok juga menyukai jenis durian Musang King yang rasanya manis bercampur pahit ini. Jika durian disebut rajanya buah, maka Musang King adalah rajanya durian. Keistimewaan durian varietas unggul ini memiliki daging buah yang tebal berwarna kuning dan biji kempis.

Baca juga  Info Terbaru Harga Veneer Berbagai Jenis Kayu di Pasaran

Tak hanya bisa dibudidayakan di Negara Jiran, durian unggulan Malaysia ini ternyata juga bisa dikembangkan di Indonesia, dan menghasilkan durian yang berbeda. Namun, meski banyak wilayah penghasil durian di Indonesia yang coba mengembangkan Musang King, salah satu yang berhasil adalah di daerah Rancamaya, Bogor.

Durian tersebut berhasil tumbuh dan menjadi salah satu durian unggul juga di tanah Rancamaya. Rasanya manis, dan sedikit berbeda dari Musang King aslinya. Namun tentu tak kalah lezatnya.

Jika dilihat dari penampilannya, durian hasil Rancamaya ini memang tak beraturan, ada yang bulat, ada yang bergelombang seperti monthong, dan ada juga yang lonjong ke bawah seperti di negara aslinya. Besarnya, berdiameter mulai 20 hingga 30 cm. Perbedaan unik yang sangat terlihat ialah memiliki tangkai buah yang panjang. Tangkai tempat bergantung buah Musang King di Indonesia, bisa sepanjang 15 cm. Berbeda dengan lazimnya durian lokal, yang 5-10 cm saja.

Di balik durinya yang rapat, ternyata menyimpan warna daging oranye kekuningan. Semakin matang, warnanya akan semakin oranye, sedangkan saat belum matang akan cenderung kuning.

Ciri dan Asal Usul Durian Musang King

Buah durian musang king (sumber: mataharibibit.com)

Buah durian musang king (sumber: mataharibibit.com)

Durian musang king populer di Malaysia dan Singapura. Sebelum membeli durian musang king, coba kenali dulu asal usul serta cirinya agar tak tertipu. Durian asal Malaysia ini terkenal enak, berdaging tebal, manis dan legit. Saking enaknya, kepopuleran durian ini bahkan menyaingi durian montong asal Thailand yang lebih dulu populer.

Baca juga  Info Terbaru Harga Gula Merah Per Kilo di Pasaran

Sebenarnya, bagaimana asal usul durian ini? Durian musang king atau di negara asalnya dikenal dengan sebutan ‘mao shan wang’ yang artinya raja kucing. Durian ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990.

Saat itu kawasan Tanah Merah di Kelantan Malaysia sempat heboh karena pohon durian di kawasan ini menghasilkan buah yang berkualitas. Warna dagingnya kuning, tebal, lembut, manis sedikit pahit serta memiliki biji yang kecil dan hampir kempis.

Dilansir dari Durian Musang King Salaman, selanjutnya pada 1993 ada seorang warga bernama Wee Chong Beng mendaftarkan durian ini sebagai durian unggul dengan nama Raja Kunyit. Nama ini disematkan karena durian ini memiliki warna daging kuning seperti kunyit.

Namun sebagian besar warga menyebutnya durian raja kunyit musang king. Sebutan musang king ini disertakan karena lokasi pohon induknya berada di dekat Gua Musang di Kelantan.

Tak butuh waktu lama, durian ini langsung menjadi buah bibir banyak orang. Petani di Malaysia secara berbondong-bondong menanam durian musang king. Pada tahun 2000 pohon durian ini mulai berbuah dan dapat dipanen.

Hasil panen dengan kualitas durian yang stabil membuat populasi durian musang king ini semakin berkembang. Pihak Kementerian Pertanian Malaysia bahkan sudah mencatat varietas durian ini sebagai varietas durian ke-197. Alhasil buah ini mendapat kode D-197.

Baca juga  Harga Traktor Mini Kubota (Semua Varian)

Harga Buah dan Bibit Durian Musang King

Bibit durian musang king (sumber: samudrabibit.com)

Bibit durian musang king (sumber: samudrabibit.com)

Karena kualitasnya yang terjamin, pecinta dan penikmat durian tak segan merogoh kantong dalam-dalam demi bisa menikmati durian ini. Harga durian musang king sebanding dengan kualitasnya dan terbilang tinggi. Harganya bisa melonjak saat sudah tiba di negara luar Malaysia. Karena agak sulit mengirim durian ini karena aromanya yang sangat tajam sehingga sulit lolos dari peraturan bandara.

Di Malaysia sendiri saja harga perkilo durian ini mencapai RM 125 atau setara Rp450 ribuan. Tak hanya bisa didapatkan di Singapura atau Malaysia saja, nyatanya durian Musang King asli juga telah hadir di Indonesia. Bahkan, buah yang satu ini tergolong buah kesayangan dengan permintaan yang cukup tinggi. Di sejumlah swalayan di Jakarta mematok jenis durian Musang King hingga Rp500 ribuan per buah. Sementara untuk bibitnya, dijual dengan harga kisaran Rp70 ribuan hingga Rp300 ribuan.

Harganya cukup tinggi, lantas apa sih kelebihannya? Daging buah musang king memiliki ciri khas antara lain dagingnya yang berwarna kuning, teksturnya lembut creamy dan tidak berserat. Untuk rasanya, musang king populer dengan rasa manis legit dengan sedikit semburat pahit. Di Indonesia sendiri musang king masih terbilang langka dan harganya tinggi. Hanya penjual buah besar dan supermarket buah saja yang menyediakan durian ini. Umumnya dijual dalam keadaan beku.

loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Harga Buah dan Bibit Durian Musang King"