Info Harga Bibit & Cara Budidaya Jahe Merah

No comment 331 views

(Zingiber officinale) atau yang juga kerap disebut dengan nama sunti adalah dengan warna unik, berbeda dari pada umumnya, yakni berwarna merah. kerap digunakan sebagai obat karena dikenal berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan kejang, menurunkan demam, dan juga bermanfaat sebagai anti kanker. Seperti halnya jahe lainnya, aroma hangat yang dikeluarkan oleh jahe merah juga disebut-sebut mampu membantu meringankan penyakit sinusitis dan insomnia (gangguan tidur).

Jahe merah siap dimanfaatkan (sumber: deltomed.id)

Sepintas tampilan fisik dari jahe merah sebenarnya hampir sama seperti jahe pada umumnya, tetapi ada beberapa ciri yang dapat membedakannya, yakni memiliki batang semu, memiliki ketinggian batang antara 30-100 cm, tetapi rata-rata tingginya berkisar antara 30-50 cm. dari tanaman jahe merah ini mempunyai ukuran yang sempit dengan panjang 15-23 mm. Kemudian tangkai jahe merah lebih berbulu dan mempunyai panjang antara 2-4 mm, mempunyai bunga yang berwarna merah terang dan dilindungi oleh lebat yang berwarna hijau, serta batangnya menyembul keluar dari dalam tanah dan bukan dari batang .

Kemudian ukuran jahe merah rupanya relatif lebih kecil dibandingkan jenis jahe lainnya. Meski demikian, kandungan minyak atsiri pada jahe merah kabarnya lebih besar, yaitu sekitar 2,58-2,72%. Oleh sebab itu, jahe merah kini cukup banyak diminati.

Cara Budidaya Jahe Merah

beraktivitas di kebun jahe merah (sumber: Liputan6)

Persiapkan Media Tanam

Baca juga  Info Manfaat & Harga Jagung Putren Per Kg di Pasaran Saat Ini

Hal pertama yang bisa Anda lakukan apabila ingin membudidayakan jahe merah adalah mempersiapkan media tanam, bisa dengan polybag atau jenis karung bekas yang lebih hemat . Isian media tanam di polybag bisa menggunakan perbandingan 1:1:1 antara media tanah, pasir, dan pupuk. Sebagai permulaan, Anda dapat memanfaatkan pupuk organik supaya lebih mudah diserap oleh tanaman.

Persiapkan Bibit Jahe Merah

Jika media tanam sudah siap, Anda tinggal menyiapkan bibit jahe merah yang hendak ditanam. Dalam budidaya jahe merah, sebaiknya pilih bibit unggul yang umurnya sudah tua, bebas dari hama dan jamur, serta tidak memiliki bekas luka pada bibitnya. Apabila sudah mempunyai bibit unggul, rendam bibit tersebut dalam cairan yang telah dicampurkan dengan fungisida sekitar 15-20 menit untuk membasmi berbagai bakteri jahat pada bibit jahe merah. Lalu semaikan jahe tadi di ditempat yang lembap dan jauh dari sinar matahari langsung. Jagalah agar penyemaian bibit jahe tetap pada kondisi yang lembap.

Menanam Bibit

Apabila dari proses penyemaian berhasil dan bibit jahe merah telah mengeluarkan tunas, Anda bisa memindahkannya ke dalam tanah yang telah disiapkan. Tancapkan sekitar 3-5 rimpang jahe merah ke dalam polybag. Jangan lupa perhatikan posisi tunas harus dalam keadaan berdiri dengan mata tunas yang berada di atas. Setelah itu uruk tanah dan tutup dengan jerami kering. Bila proses penanaman bibit selesai, Anda bisa menyirami tanaman jahe merah dengan air secukupnya dan letakkan di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung sampai tunas di bibit mulai tumbuh dan menjadi daun. Pasalnya tunas yang baru tumbuh biasanya akan mudah menguning bila terpapar sinar matahari langsung.

Pemeliharaan

Baca juga  Info Harga & Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan

Langkah yang tak kalah penting dalam proses budidaya jahe merah adalah pemeliharaan. Agar dapat memperoleh jahe merah yang berkualitas, Anda wajib menyiramnya secara rutin setiap sore hari. Penyiraman tanaman jahe merah harus lebih rutin, terutama pada 3 bulan awal penanaman. Jika sudah memasuki bulan ke-4, Anda dapat melakukan penyiangan secara rutin supaya tanaman jahe merah Anda terhindar dari gulma atau tanaman liar yang bisa mengganggu pertumbuhan jahe merah.

Panen

Jahe merah memiliki masa tanam antara 10-12 bulan, tergantung dari lokasi dan perawatannya. Apabila Anda ingin mempercepat masa tanamnya, proses budidaya bisa ditunjang dengan pemberian pupuk atau unsur hara yang banyak pada tanah. Akan tetapi, menurut beberapa orang usia panen yang baik untuk jahe merah adalah sekitar 12 bulan. Cara memanen jahe merah cukup mudah, yakni dengan membuka atau merobek polybag, lalu ambil rimpang jahe merah dan cuci dengan cara dibilas saja menggunakan air bersih yang mengalir. Selanjutnya jemur atau angin-anginkan jahe merah yang telah dicuci bersih tersebut.

Harga Bibit Jahe Merah

harga, bibit, jahe merah, per, kg, kiloan, kilogram, bandung, bogor, jogja, jual, beli, dimana, budidaya, menanam, tanaman, obat, kunyit, cara, membuat, pohon, murah, unggul, bagus, panen, ciri, manfaat, khasiat

Bibit jahe merah (sumber: Pinterest)

Bibit jahe merah dijual dengan harga yang bervariasi. Berdasarkan penelusuran dari sejumlah situs jual beli, harga bibit jahe murah super dijual sekitar Rp 22.500 yang per polybag berisi 2-3 tunas dengan ukuran tinggi mencapai 20-30 cm. Kemudian ada juga yang menjualnya dengan harga cukup murah, hanya Rp 7.500 saja untuk jenis bibit yang berasal dari pemisahan rumpun.

Perlu diingat bahwa harga bibit jahe merah bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga bibit jahe merah yang berlaku di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung dari kualitas bibit yang Anda pilih. Apabila Anda sedang mencari bibit jahe merah, Anda bisa berburu di toko-toko pertanian yang menjual bibit tanaman atau bisa juga membelinya secara online.

Namun jika membeli bibit jahe merah secara online, sebaiknya gunakan jasa pengiriman kilat (express) agar bibit jahe merah Anda tidak busuk di tengah proses pengiriman. Saat ini sudah banyak pedagang yang menjual bibit jahe merah secara online di berbagai daerah seperti Bandung, Bogor, Jogja, dan sebagainya. Bibit-bibit jahe merah tersebut biasanya dijual dalam wujud sudah ditanam dalam polybag atau ada juga yang menjualnya per kg. Anda bisa memilih sendiri bibit jahe merah seperti apa yang paling sesuai dengan kebutuhan.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Bibit & Cara Budidaya Jahe Merah"