Update Harga Behel Gigi Lepas Pasang (Biasa dan Fashion)

Kawat gigi, atau yang kerap disebut dengan nama bracket dan behel, memang dikenal di dunia kedokteran gigi sebagai salah satu yang efektif untuk memperbaiki atau merapikan susunan gigi yang berantakan. Jenis behel sendiri ada bermacam-macam, selain yang permanen, ada pula behel gigi lepas pasang yang bisa dilepas atau dipasang sendiri tanpa bantuan dokter gigi dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Pemeriksaan Gigi Pengguna Behel (credit: burlingamesmilestudio)
Ilustrasi: Pemeriksaan Gigi Pengguna Behel (credit: burlingamesmilestudio)

Apabila dibandingkan dengan bracket yang sifatnya permanen, behel gigi lepas pasang harganya memang relatif lebih murah. Cocok bagi mereka yang ingin merapikan bentuk gigi tetapi tidak punya cukup anggaran. Nah, sebagai referensi, berikut kami sajikan informasi terbaru harga behel gigi lepas pasang di Tanah Air saat ini.

Bacaan Lainnya

Harga Behel Gigi Lepas Pasang

Varian Behel Gigi Lepas PasangHarga
Behel Gigi Lepas Pasang Power O Karet HitamRp30.000
Behel Gigi Lepas Pasang Power Chain (Atas atau Bawah Saja)Rp66.000
Behel Gigi Lepas Pasang Power Chain I(Atas dan Bawah)Rp100.000

Daftar harga behel gigi lepas pasang di atas kami rangkum dari berbagai sumber, Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harga behel gigi lepas pasang Power O karet terpantau naik dari Rp15 ribu menjadi Rp30 ribuan. Sementara itu, harga behel gigi lepas pasang Power Chain juga naik dari Rp50 ribu menjadi Rp66 ribuan per pcs. Tentu saja harga tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Selain jenis behel gigi lepas pasang, ada pula ortho lepasan yang sifatnya juga tidak permanen atau bisa dilepas atau dipasang kapan saja sesuai keinginan pengguna. Harga atau biaya ortho lepasan di dokter gigi untuk 1 rahang berkisar mulai Rp2,3 jutaan, naik dari tahun lalu yang dibanderol Rp750 ribuan per rahang. Biaya ini sudah termasuk kontrol.

Uniknya, saat ini juga banyak behel gigi lepas pasang yang fungsinya bukan untuk mengoreksi atau merapikan susunan gigi Anda, melainkan hanya untuk keperluan fashion. Bentuk dan tampilan behel gigi lepas pasang keperluan fashion ini pun menyerupai behel atau bracket pada umumnya, lengkap dengan kawat gigi serta karet -warni yang fungsinya benar-benar hanya untuk faktor dekoratif saja.

Behel gigi lepas pasang (sumber: lazada)

Harga Behel Lepas Pasang Fashion

Di dalam negeri, harga behel gigi lepas pasang fashion ini cukup murah, hanya berkisar mulai Rp25 ribuan hingga Rp55 ribuan. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya, behel lepas pasang untuk fashion dibanderol Rp25 ribu hingga Rp51 ribuan saja per set. Harga tersebut memang terpaut cukup jauh dengan bracket gigi asli dari dokter gigi yang mencapai angka belasan hingga puluhan juta rupiah untuk sekali pasang.

Di pasaran, mungkin Anda akan menemukan behel gigi lepas pasang dengan -warni menarik serta desain karet unik layaknya power o, chain, mickey mouse, double chain, Hello Kitty, double o, hingga yang motifnya flower. Behel gigi lepas pasang dengan karet warna-warni semacam itu biasanya dibanderol dengan harga cukup murah, hanya puluhan ribu rupiah dan di dalamnya sudah dilengkapi dengan petunjuk cara pakai atau memasang behel gigi lepas pasang.

Sementara itu, untuk behel gigi lepas pasang fashion berwarna transparan, biasanya dijual lebih mahal dari yang model -warni. Behel gigi lepas pasang fashion transparan ini harganya dapat mencapai ratusan ribu rupiah karena beberapa penjual biasanya menawarkan paket lengkap yang terdiri dari 20 buah bracket ceramic transparan untuk rahang atas dan bawah, 2 buah kawat SS, 1 karet Power O yang warnanya bisa bebas Anda pilih sendiri, box atau kotak protesa untuk tempat penyimpanan behel lepas pasang, dan sonde untuk mengganti karet.

Cara Memasang Behel Lepas Pasang Fashion

  • Gosok gigi terlebih dahulu untuk memastikan kondisi gigi Anda benar-benar bersih.
  • Siapkan cermin untuk melihat rongga mulut lokasi behel akan dikaitkan.
  • Apabila kawat gigi fashion Anda belum bengkok, Anda bisa membengkokkannya sendiri menggunakan tang atau sejenisnya sampai berbentuk menyerupai huruf L. Panjang behel gigi lepas pasang tersebut bisa Anda sesuaikan dengan panjang antara sela gigi bagian kanan dengan sela gigi bagian kiri. Standarnya, bagian yang bengkok sekitar 1 cm atau menyesuaikan dengan ketebalan gigi Anda.
  • Selipkan salah satu ujung kawat gigi pada sela-sela antar-gigi paling belakang, tepatnya di bawah gusi.
  • Tekan dan tarik perlahan kawat ke sisi satunya, kemudian tekan sampai Anda merasa nyaman dan behel terasa kencang di gigi Anda.
  • Apabila Anda merasa kurang nyaman dan behel terlalu panjang, Anda bisa memotong kawat tersebut dengan memakai tang dalam kondisi bersih. Namun sebelumnya pastikan jika bagian ujung behel gigi fashion tersebut bengkok ke arah dalam.
  • Jika panjang kawat sudah pas, Anda dapat menggeser-geser behel gigi sesuai dengan posisi masing-masing gigi. Hati-hati ketika memasang behel lepasan ini, karena ujung kawat biasanya lancip dan dapat melukai gusi Anda. Saat hendak makan atau menggosok gigi, sebaiknya lepas terlebih dahulu behel gigi fashion tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa behel gigi lepas pasang yang dijual bebas di sebenarnya tidak memiliki manfaat atau untuk merapikan gigi. Salah-salah behel fashion itu justru berpotensi membuat Anda mengalami atau infeksi lantaran beberapa behel murahan memakai bahan murahan juga yang bisa saja berkarat atau kurang steril. Karena itu, apabila Anda benar-benar ingin memperbaiki susunan gigi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi atau klinik gigi yang terpercaya. 

Pos terkait