Info Terbaru Harga Al Quran Latin dan Terjemahan

Al Quran merupakan kitab suci yang menjadi pedoman atau petunjuk utama bagi umat Muslim. Karena diturunkan di Timur Tengah, Al Quran memang ditulis dengan huruf Arab. Namun, untuk memudahkan masyarakat Indonesia yang ingin belajar dan mendalami agama, banyak penerbit  yang akhirnya menyediakan Al Quran dengan tulisan Latin dan terjemahan yang dijual di kisaran harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Al Quran latin dan terjemahan (sumber: umma.id)
Al Quran latin dan terjemahan (sumber: umma.id)

Sekilas Tentang Al Quran

Secara harfiah, Al Quran (atau Alquran), bisa dikatakan sebagai “bacaan”, yaitu sebuah kitab suci utama dalam agama Islam, dan dipercaya oleh umat Muslim diturunkan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Selain sebagai petunjuk, kitab ini sendiri dikenal dan dihormati sebagai sebuah karya seni sastra bahasa Arab terbaik di dunia.

Bacaan Lainnya

Umat Muslim percaya bahwa Al Quran difirmankan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril berangsur-angsur, selama 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari. Dimulai sejak tanggal 17 Ramadan ketika Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun, hingga kematian Sang Rasul di tahun 632 M. Umat Muslim menghormati kitab ini sebagai mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW, sebagai salah satu tanda dari kenabian dan merupakan puncak dari seluruh pesan suci (wahyu) yang diturunkan oleh Allah SWT sejak Nabi Adam.

Secara umum, Al Quran menjelaskan sendiri bahwa isi kitab tersebut adalah sebuah petunjuk. Di samping itu juga terdapat cerita mengenai kisah bersejarah (terutama kisah para Nabi) dan menekankan pentingnya moral. Al Quran digunakan bersama dengan hadis Nabi Muhammad SAW untuk menentukan hukum syariah dalam agama Islam.

Keistimewaan Al Quran

Sebagai salah satu mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW, Al Quran tentunya memiliki keistimewaan-keistimewaan. Keistimewaan pertama kitab ini adalah sebagai salah satu petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa. Di samping itu, Al Quran juga bisa digunakan sebagai bentuk informasi kepada setiap umat jika Nabi dan Rasul terdahulu memiliki syariat atau aturan dan caranya masing-masing dalam menyembah kepada Allah SWT.

Al Quran juga menjadi kitab suci yang terakhir dan terjamin keasliannya. Kitab ini dikatakan tidak bisa tertandingi oleh ide-ide manusia yang ingin menyimpangkannya. Membaca dan mempelajari isi kitab suci Al Quran merupakan suatu ibadah yang dihitung sebagai pahala. Al Quran diturunkan langsung oleh Allah SWT dan langsung dipelihara oleh-Nya. Selain itu, Al Quran juga pembenar dari kitab-kitab sebelumnya (kitab-kitab terdahulu).

Manfaat Membaca Al Quran

Membaca Al Quran Latin – bersamadakwah.net

Diakui atau tidak, sebagian umat Muslim masih malas membaca Al Quran, padahal di dalam kitab suci tersebut terdapat petunjuk untuk hidup di dunia dan di akhirat. Di samping itu, membaca Al Quran merupakan yang tidak merugi, karena Muslim siapa pun yang membaca kitab suci ini, baik paham atau tidak paham, maka dia akan mendapatkan ganjaran pahala. Setiap kali bertambah kuantitas bacaan, maka bertambah pula ganjaran pahala dari Allah.

Menurut hadis riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda bahwa seseorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama dengan para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah SWT. Sementara itu, membaca Al Quran dengan terbata-bata dan sulit atasnya bacaan tersebut, maka baginya dua pahala.

Abdullah bin Abbas RA pernah berkata bahwa Allah telah menjamin bagi siapa yang mengikuti Al Quran, maka tidak akan tersesat di dunia dan tidak akan merugi di akhirat. Ini berdasarkan Surat Thaha ayat 123 yang berbunyi ‘Lalu barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, maka ia tidak akan sesat dan tidak akan mendapat celaka’.

Di samping berguna untuk kebaikan, membaca Al Quran ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebuah survei yang dilakukan Dr. Ahmed Al-Qadhi di Klinik Besar Florida, AS, beberapa waktu lalu telah berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan ayat suci Al Quran, ternyata memberikan perubahan fisiologis yang besar, termasuk salah satunya menangkal berbagai macam penyakit.

Hal tersebut kemudian diperkuat oleh penemuan Muhammad Salim yang dipublikasikan di jurnal terbitan Universitas Boston. Menurut tersebut, bagi mereka yang sedang mengaji, disarankan untuk bersuara atau minimal terdengar oleh telinga mereka sendiri. Pasalnya, setiap sel di dalam tubuh manusia bergetar di dalam sebuah sistem yang saksama, dan perubahan sekecil apapun akan menimbulkan potensi penyakit. Nah, sel-sel yang rusak ini harus digetarkan kembali untuk mengembalikan keseimbangannya.

Bagaimana Membaca Al Quran dalam Huruf Latin?

Dalam perkembangannya, Al Quran tidak hanya ditulis dalam bahasa Arab, melainkan juga bahasa Latin. Ini bertujuan untuk memudahkan siapa saja yang ingin lebih mendalami makna dan petuah yang terkandung di dalam kitab suci tersebut. Pertanyaannya, bagaimana hukum seseorang ketika membaca Al Quran dalam tulisan Latin?

Menurut beberapa ahli, membaca Al Quran dengan huruf atau tulisan Latin memang diperbolehkan, walaupun ada keraguan akan kefasihan bacaan, karena tidak mudah melakukan transliterasi bahasa Arab ke bahasa Latin. Jadi, sebaik-baiknya membaca Al Quran, tentulah yang sesuai dengan bahasa aslinya, yaitu bahasa Arab.

Jika untuk belajar, saat ini sudah banyak penerbit yang merilis Al Quran dalam tulisan Latin dan terjemahan yang dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai toko buku atau memesan lewat sejumlah situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru harga Al Quran dalam huruf Latin di pasaran dalam negeri.

Harga Al Quran Latin dan Terjemahan

Kitab Al Quran (sumber: liputan6)
Penerbit Harga
Al Quran Al Hamid A5 Rp40.900 – Rp45.500
Al Quran Al Misbah A5 Rp61.600
Al Quran Al-Hadi B6 Rp65.000
Al Quran Al-Hadi B5 Rp67.000
Al Quran Al-Hadi A4 Rp100.000
Al Quran Al Wasim A5 Rp113.000
Al Quran As-Salam A4 Rp134.000
Al Quran At-Tanzil Rp136.400
Al Quran Al-Muyassar Latin Rp220.000
Al Quran Ku A4 Rp250.000
Al Quran Hijaz The Practice A4 Rp275.000
Al Quran Ku Blok Warna 4 Bahasa Rp312.000

Informasi harga Al Quran Latin dan Terjemahan di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Al Quran Ku Blok Warna 4 Bahasa turun dari Rp325 ribu menjadi Rp312 ribuan. Sementara itu, harga Al Quran Al Wasim A5 naik dari Rp78 ribu menjadi Rp113 ribuan. 

Pos terkait