Fungsi & Harga Terbaru Drum Plastik 500 Liter di Pasaran

Selama ini, Anda mungkin mengira bahwa drum plastik biasanya hanya digunakan sebagai wadah atau tempat penampungan maupun segala hal yang sifatnya cair. Padahal, fungsi dari drum plastik ternyata tidak terbatas untuk itu saja. Drum dari plastik saat ini banyak dipilih dibandingkan drum dari metal lantaran kualitasnya yang dinilai lebih terjamin.

Drum plastik (sumber: kopernik.info)

Drum plastik (sumber: kopernik.info)

Dibanding drum dari metal, drum dari bahan plastik disebut-sebut lebih kuat dan tidak mudah berkarat apabila dibuat dengan proses dan teknologi yang baik, sehingga tidak akan memengaruhi zat yang ditampung di dalamnya. Tak cukup sampai di situ, drum plastik yang beredar di saat ini pun sudah banyak yang sengaja diproduksi untuk memenuhi standar food grade atau aman untuk menampung bahan .

Pada perjalanannya, drum plastik banyak dipakai bukan hanya sebagai penampungan air atau tandon, tetapi juga kerap digunakan untuk berbagai sektor industri, misalnya saja untuk agrokimia, bahan-bahan industri, makanan, bahan kimia, obat-obatan, hingga untuk dunia perikanan.

Drum plastik yang beredar di pasaran biasanya terbuat dari bahan High Density Polyethylene (HDPE) untuk memastikan bahwa drum yang dihasilkan benar-benar berkualitas, kuat, tidak mudah penyok, tahan banting, tetapi ringan, sehingga memudahkan penanganan dan menghemat biaya pengiriman.

Beberapa produsen drum plastik ada yang menggunakan teknologi roto molding dalam produksinya agar dapat memproduksi drum plastik yang kuat, mudah dibersihkan, tahan korosi, tidak ada pengelasan, tidak mudah pudar, tidak berbau, tahan panas dan dingin, permukaan luar dan dalam yang halus, UV stabil untuk aplikasi luar ruangan, mudah dibersihkan, hingga anti rayap.

atau drum plastik pun bermacam-macam. Ada yang mengusung model closed head drum yang biasanya tersedia dengan bentuk L-ring (single L-ring) dan LL-ring (double L-ring) untuk memenuhi kebutuhan berbagai industri, termasuk bahan-bahan pelumas, agrokimia, kimia, industri, makanan, dan obat-obatan.

Lalu, ada juga drum plastik jenis open head yang diklaim kuat dan mudah dalam penanganannya. Drum open head biasanya mengusung bentuk mirip gentong dan ukurannya sangat beragam. Pilihan warna drum plastik pun bermacam-macam, ada yang biru, merah, putih, dan lain sebagainya.

Uniknya lagi, drum plastik kini kerap difungsikan untuk usaha budidaya ikan dalam drum. Drum plastik mulai dilirik sebagai media untuk budidaya ikan karena dinilai tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar serta lebih mudah untuk melakukan pengontrolan. Di samping itu, budidaya ikan dalam drum memudahkan Anda ketika melakukan proses panen dan mempersingkat proses panen.

Keuntungan lain yang ditawarkan dari penggunaan drum plastik untuk budidaya ikan antara lain karena drum plastik umumnya bersifat self-clean atau mampu membersihkan dirinya sendiri dan mudah disterilisasi, permukaan dinding drum plastik yang halus tidak akan mengakibatkan kulit atau sisik ikan menjadi rusak. Lantaran terbuat dari bahan plastik, drum tersebut tidak akan mudah berkarat, terlebih karena harga drum plastik relatif lebih murah dibandingkan harga drum jenis lainnya.

Harga Drum Plastik 500 Liter

Harga Drum Plastik - en.indotrading.com

Harga Drum Plastik - en.indotrading.com

Drum dari bahan plastik yang beredar di pasaran ukurannya ada bermacam-macam, biasanya mulai ukuran 60 liter, 120 liter, 150 liter, maupun 200 liter. Harga drum plastik sangat dipengaruhi oleh kualitas, bahan, dan tentu saja kapasitas dari drum itu sendiri. Semakin besar kapasitas dari suatu drum plastik, maka akan semakin mahal pula harga banderolnya. Drum yang ukuran atau kapasitasnya lebih besar seperti 300 liter, 500 liter, atau bahkan 1000 liter memang tersedia, namun cukup sulit ditemui di pasaran Indonesia.

Kalaupun ada yang menjual, biasanya adalah produk asal China atau negara-negara lain. Pasalnya, drum dengan kapasitas besar macam itu umumnya digunakan untuk kebutuhan industri berskala besar. Di China sana, harga drum plastik 500 liter untuk wadah air diperjualbelikan sekitar USD 30 hingga USD 200 atau sekitar Rp410 ribuan hingga Rp2,7 jutaan per buah untuk model drum plastik warna putih dari bahan LLDPE (food grade) dengan ukuran diameter 1010 mm, tinggi 840, dengan ketebalan 41 mm.

Lalu, ada pula drum plastik 500 liter impor dari Taiwan bahan HDPE warna biru yang dijual seharga USD 3 sampai USD 3 per barel atau sekitar Rp27 ribuan hingga Rp41 ribuan untuk pembelian minimum 2.000 barel drum plastik. Kemudian, drum plastik 500 liter berbentuk round open top harganya USD 20 hingga USD 30 atau sekitar Rp270 ribuan hingga Rp410 ribuan dengan bobot 8,5 kg, ukuran diameter 585 mm, ketebalan 3,5 mm, dan tinggi 925 mm. Pada tahun 2019 lalu, harga drum plastik berkisar Rp424 ribuan hingga Rp2,8 jutaan per buah untuk ukuran 500 liter yang diimpor dari China.

Selain memberi drum plastik 500 liter dalam kondisi baru, Anda mungkin juga bisa mempertimbangkan drum plastik atau second yang kondisinya masih bagus dan juga layak pakai. Dibanding membeli drum plastik baru, membeli drum plastik biasanya dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah.

Perlu diketahui bahwa harga drum plastik 500 liter yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari kualitas drum, jenis drum, dan juga penawaran dari pihak penjual. Anda bisa membeli drum plastik 500 liter di toko-toko perkakas atau distributor drum terdekat, atau bisa juga mencari informasinya secara online melalui sejumlah situs e-commerce yang ada di Indonesia.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Harga Mata Bor Beton (Semua Ukuran dan Merk)
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Fungsi & Harga Terbaru Drum Plastik 500 Liter di Pasaran"