Info Terbaru Harga Salep/Obat Hidrokortison

Hydrocortisone adalah salah satu obat kortikosteroid yang berfungsi untuk meredakan peradangan (inflamasi). Obat satu ini bisa digunakan untuk mengatasi alergi, kelainan kulit, kolitis ulseratif, artritis, lupus, psoriasis, hingga gangguan pernapasan. Di pasaran, harga obat atau salep hidrokortison ternyata cukup terjangkau.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: mengoleskan salep obat (sumber: silveson.com)
Ilustrasi: mengoleskan salep obat (sumber: silveson.com)

Seperti dilansir Alodokter, hidrokortison termasuk golongan kortikosteroid yang dapat melemahkan sistem imun sehingga penggunanya lebih mudah terkena infeksi baru atau memperburuk infeksi yang sudah terjadi. Untuk meminimalkan hal tersebut, pengguna hydrocortisone dianjurkan untuk menghindari kontak dengan orang sakit atau infeksi. Obat hidrokortison dijual dalam berbagai merk dagang seperti Calacort, Dermacoid, Fartison, Berlicort, Cortigra, Enkacort, Lexacorton, maupun Steroderm. 

Indikasi Hidrokortison

Hidrokortison merupakan obat antiinflamasi, antialergi, dan antipruritus pada penyakit kulit. Menekan radang pada kulit yang bukan disebabkan infeksi seperti eksim dan alergi kulit seperti: dermatitis atopik, dermatitis kontak, dermatitis alergik, pruritus anogenital, dan neurodermatitis.

Hidrokortison yang beredar di pasaran biasanya dalam wujud obat oral, topikal, hingga injeksi. Manfaatnya adalah untuk meredakan peradangan ringan pada kulit akibat eksim dan dermatitis, hingga mengatasi gigitan serangga. Obat satu ini diketahui dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak dengan dosis yang sesuai anjuran dokter.

Dosis Hidrokortison

Tujuan Penggunaan Bentuk Obat Dosis
Mengobati dermatosis Topikal Dewasa: gunakan 0,1-2,5 % pada daerah yang terkena dermatosis.
Penanganan peradangan jaringan lunak Injeksi intravena Dewasa: 100-200 mg dilarutkan di dalam larutan natrium fosfat atau natrium suksinat.
Mengobati radang sendi Injeksi intra-artikular Dewasa: 5-50 mg tergantung ukuran sendi yang mengalami peradangan, kemudian dilarutkan dalam larutan asam asetat.
Suplemen kelenjar adrenal selama pembedahan minor pada anestesi general Injeksi intravena Dewasa: 25-50 mg sebagai dosis awal, kemudian dilanjutkan dengan kortikosteroid oral setelah pembedahan.
Suplemen kelenjar adrenal selama pembedahan sedang atau mayor pada anestesi general Injeksi intravena Dewasa: 25-50 mg sebagai dosis awal, kemudian dilanjutkan dengan hydrocortisone sesuai dosis sebelumnya sebanyak tiga kali sehari selama 24 jam untuk pembedahan sedang, dan selama 48-72 jam untuk pembedahan mayor. Kortikosteroid oral dilanjutkan setelah dosis hydrocortisone injeksi selesai diberikan.
Mengatasi kekurangan hormon adrenal korteks akut Injeksi intravena
  • Dewasa: 100-500 mg 3-4 kali sehari selama 24 jam tergantung kepada tingkat keparahan penyakit.
  • Anak-anak usia kurang dari 1 : 25 mg, usia 1-5 tahun: 50 mg, 6-12 tahun: 100 mg.
Terapi pengganti kekurangan hormon adrenal korteks Oral
  • Dewasa: 20-30 mg/hari dibagi menjadi 2 dosis.
  • Anak-anak: 400-800 mkg/hari dibagi menjadi 2-3 dosis.

Efek Samping Hidrokortison

  • Gangguan penglihatan.
  • Pembengkakan dan peningkatan berat badan.
  • Gangguan pernapasan.
  • Depresi dan gangguan perilaku, diikuti dengan kejang-kejang.
  • Muntah darah atau feses disertai darah.
  • Pankreatitis.
  • Hipokalemia.
  • Tekanan darah tinggi.

Pada beberapa kasus, hydrocortisone dapat menyebabkan alergi yang ditandai dengan gejala berupa gatal-gatal dan bercak pada kulit, gangguan pernapasan, atau pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan.

Ilustrasi: produk salep hidrokortison (sumber: chemist-4-u.com)

Peringatan & Perhatian Pemakaian Hidrokortison

  • Gunakan hydrocortisone sesuai anjuran dokter dan jangan lupa untuk selalu membaca keterangan pada kemasan obat.
  • Untuk hydrocortisone topikal, oleskan obat secukupnya sampai merata dengan kulit. Jangan lupa untuk selalu mencuci dengan air dan sabun sebelum dan sesudah menggunakan obat hydrocortisone.
  • Hindari menutup bagian yang sudah diolesi hydrocortisone topikal dengan kain, plester, atau kain kasa. Hal ini berpotensi untuk meningkatkan penyerapan obat oleh kulit sehingga dapat mempertinggi potensi efek samping yang ditimbulkan
  • Bagi Anda yang mengalami dermatitis atau eksim, pastikan untuk menggunakan emolien setiap hari setelah selesai menggunakan hydrocortisone.
  • Jangan menggunakan hydrocortisone melebihi jangka waktu yang disarankan oleh dokter.
  • Hydrocortisone dapat memengaruhi beberapa hasil pemeriksaan diagnostik. Beri tahu dokter atau petugas terkait apabila Anda hendak menjalani pemeriksaan diagnostik jika sedang menjalani pengobatan dengan hydrocortisone.
  • Jangan menghentikan penggunaan hydrocortisone secara tiba-tiba, karena hal ini bisa menyebabkan gejala putus obat.

Harga Hidrokortison

Merk Hidrokortison Harga 
Salep Hydrocortisone Kalbe 1% 5 gram Rp6.220
Terikortin Cream 5 gram Rp7.195
Salep Hydrocortisone Kalbe 2.5% Krim 5 gram Rp8.404
Bufacort-N cream 5 gram Rp8.586 
Erla Neo Hydrocort Ointment 5 gram Rp9.728
Visancort Cream 10 gram Rp18.853
Sancortmycin Ointment 10 gram Rp21.076
Cortigra-N 2,5% cream 5 gram Rp22.757
Nufacort cream 5 gram Rp23.382
Cortigra-N cream 1% 5 gram Rp26.089
Candacort Cream 5 gram Rp29.309
Dermacoid Lipocream 10 gram Rp29.998
Chloramfecort Cream 10 gram Rp31.556
Zolacort Cream 5 gram Rp34.533
Cendo Mycos Eye Ointment 3,5 gram Rp38.115
Terra Cortril Eye Ointment 3,5 gram Rp40.088
Cendo Mycos Eye Drop 5 ml Rp40.088
Cendo Mycos Eye Ointment 3,5 gram Rp74.830
Dermacoid 1 mg/g Cream 10 gram Rp97.342
Haemocaine Ointment 15 gram Rp116.159
Dermacoid Scalp Lotion 20 ml Rp147.078
Berlicort cream 5 gram Rp148.788
Locoid Scalp Lotion 20 ml Rp180.047

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga obat hidrokortison di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, salep Hydrocortisone Kalbe 1% 5 gr yang semula dijual seharga Rp10.000, kini turun menjadi Rp6.220 per tube. Berbeda dengan harga Nufacort cream 5 gram yang sedikit naik dari Rp22.752 menjadi Rp23.382.

Obat untuk Meredakan Peradangan – www.medicalnewstoday.com

Informasi daftar harga produk-produk salep atau krim yang mengandung hidrokortison di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu diingat bahwa hidrokortison termasuk obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Meski demikian, obat satu ini dapat dengan mudah ditemukan di sejumlah toko obat maupun apotek besar layaknya Apotek K24, Apotek Kimia Farma, atau apotek-apotek lain yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

[Update: Ditta]

Pos terkait