Update Harga Obat Yusimox Sirup & Tablet

Yusimox adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernapasan bagian atas dan bawah, infeksi saluran kemih, saluran cerna, kulit, dan jaringan lunak. Obat ini diproduksi oleh PT Ifars Pharmaceutical Laboratories. Tersedia dalam bentuk sirup dan tablet, Yusimox dijual di apotek dengan harga relatif terjangkau.

Salah satu kemasan produk Yusimox (sumber: rayamedika.com)
Salah satu kemasan produk Yusimox (sumber: rayamedika.com)

Yusimox merupakan merek dagang dari Amoxicillin yaitu antibiotik golongan beta laktam yang termasuk keluarga penicillin. Yusimox disebut-sebut bekerja membunuh bakteri dengan cara menghambat pembentukan dinding sel bakteri. Yusimox Dry Syrup hanya berfungsi untuk mengobati infeksi bakteri dan tidak berdampak pada infeksi virus. Penggunaannya tidak dianjurkan bagi penderita yang alergi dengan golongan penisilin.

Bacaan Lainnya

Dosis Yusimox

  • Dewasa: 250-500 mg tiap 8 jam. 
  • Anak-anak: 20 mg/kg berat badan per hari dalam dosis terbagi yang diberikan tiap 8 jam.

Diminum bersama dengan makanan untuk mengurangi kurang nyaman pada saluran cerna. Perlu diingat bahwa pemakaian Yusimox harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter karena Yusimox termasuk obat keras. Sebelum diminum, sebaiknya larutkan Yusimox Dry Syrup terlebih dahulu dengan air minum sampai tanda batas yang diminta, kemudian kocok hingga larut.

Kegunaan Yusimox (Amoxicillin) adalah untuk pengobatan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap amoxicillin seperti Staphylococcus, Streptococcus, Diplococcus pneumoniae, Bacillus anthracis, Enterococcus, Corynebacterium diphtheriae, Salmonella sp, Shigella sp, H. influenzae, Proteus mirabilis, E. coli, N. gonorrhoeae, dan N. meningitidis. 

Indikasi Yusimox

  • Untuk mengobati infeksi pada saluran pernafasan seperti amandel, sinusitis, radang tenggorokan, faringitis, otitis media, bronkitis, bronkiektasis, dan pneumonia.
  • Infeksi saluran kemih (ISK): Pielonefritis, sistitis, uretritis, gonore.
  • Infeksi kulit dan jaringan lunak: luka, selulitis, furunkulosis, pioderma.
  • Obat ini juga digunakan untuk mencegah endokarditis yang disebabkan bakteri pada orang-orang berisiko tinggi saat perawatan gigi, untuk mencegah infeksi oleh Streptococcus pneumoniae dan infeksi bakteri lainnya.
  • Yusimox (amoxicillin) sangat umum digunakan untuk infeksi saluran pernafasan bagian atas dan bawah, infeksi saluran kemih, saluran cerna, kulit dan jaringan lunak.
Baca juga  Jenis dan Update Harga Popok Sweety (Semua Ukuran)

Kontraindikasi Yusimox

  • Penggunaan Yusimox (Amoxicillin) harus dihindari pada yang hipersensitif pada amoxicillin dan antibiotik betalaktam lainnya seperti golongan penicillin dan cephalosporin.
  • Antibiotik ini juga dikontraindikasikan untuk bayi lahir dari ibu yang memiliki riwayat hipersensitif pada amoxicillin.

    Ilustrasi: Wanita Mengonsumsi Antibiotik (credit: healthline)
    Ilustrasi: Wanita Mengonsumsi Antibiotik (credit: healthline)

Efek Samping Yusimox

  • Kebanyakan efek samping Yusimox (Amoxicillin) yang muncul adalah efek samping pada saluran pencernaan seperti mual, muntah, dan antibiotik kolitis. Kadang-kadang diare juga dapat terjadi.
  • Reaksi hipersensitif juga bisa terjadi berupa ruam eritematosa makulopapular, urtikaria, ruam kulit, dan serum sickness. Perawatan medis harus segera diberikan jika tanda-tanda pertama dari reaksi hipersensitivitas muncul karena jika seseorang mengalami reaksi hipersensitivitas terhadap amoxicillin, dapat mengalami shock anafilaktik yang bisa berakibat fatal.
  • Efek samping yang jarang seperti perubahan mental, sakit kepala ringan, insomnia, kebingungan, kecemasan, kepekaan terhadap cahaya dan suara, dan berpikir tidak jelas.
  • Efek samping hematologi pernah dilaporkan. Efek samping ini biasanya reversibel, akan segera hilang jika penggunaan obat dihentikan.

Peringatan & Perhatian Konsumsi Yusimox

  • Sebelum menggunakan Yusimox (Amoxicillin), Anda harus yakin tidak memiliki alergi terhadap antibiotik golongan betalaktam misalnya kelas penicillin dan cephalosporin.
  • Hati-hati memberikan Yusimox (Amoxicillin) pada penderita dengan fungsi hati dan ginjal yang rusak. Pemeriksaan terhadap fungsi hati, ginjal, dan darah secara berkala perlu dilakukan, terutama pada pemakaian obat dalam jangka waktu panjang.
  • Pemakaian Yusimox (Amoxicillin) bisa menyebabkan terjadinya super infeksi yang biasanya terjadi pada saluran pencernaan (umumnya disebabkan oleh Enterobacter, Pseudomonas, S. aureus Candida). Jika terjadi superinfeksi, pengobatan dengan antibiotik ini harus dihentikan dan segera lakukan pengobatan yang tepat.
  • Antibiotik golongan penicillin termasuk amoxicillin telah diketahui ikut keluar bersama air susu ibu (ASI). Oleh karena itu, jika Yusimox (Amoxicillin) digunakan untuk ibu menyusui, perlu dikonsultasikan dengan dokter. Untuk menghindari efek sensitivitas Yusimox (Amoxicillin) terhadap bayi, penggunaan antibiotik ini harus dilakukan dengan jarak yang cukup dengan saat menyusui.
  • Karena amoxicillin oral tidak mampu menembus cairan serebrospinal atau sinovial, Yusimox (Amoxicillin) oral tidak bisa digunakan untuk terapi meningitis atau perawatan sendi.
  • Karena Amoxicillin bisa memicu ruam kulit (skin rash), penderita leukemia limfatik harus mendapatkan perhatian serius jika menggunakan antibiotik ini.
  • Tidak untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus.
  • Gunakan obat sesuai dengan anjuran dokter, baik jumlah maupun durasinya. Menghentikan pengobatan di tengah jalan bisa menyebabkan terjadinya resistensi bakteri terhadap antibiotik ini.
  • Jangan menghentikan penggunaan obat Yusimox sebelum durasi waktu yang dianjurkan dokter. Penghentian penggunaan obat sebelum waktunya bisa meningkatkan potensi resistensi bakteri.
  • Jangan berbagi obat dengan orang lain, meskipun mereka memiliki gejala penyakit yang sama dengan Anda.

Harga Yusimox Sirup

Varian Yusimox Sirup Harga
Yusimox Dry Syrup 125 mg/5 ml  Rp6.638
Yusimox Forte Dry Syrup 60 ml 250 mg/5 ml  Rp9.189

Jika dibandingkan penawaran tahun lalu, harga obat Yusimox sirup saat ini di Apotek K24 cenderung turun. Misalnya, Yusimox Dry Syrup 125 mg/5 ml yang awalnya dijual seharga Rp11.135, sekarang turun drastis menjadi Rp6.638. Tak jauh berbeda dengan harga Yusimox Forte Dry Syrup 60 ml 250 mg/5 ml yang juga turun dari Rp20.557 menjadi Rp9.189.

Obat Yusimox Sirup - pontianak.tribunnews.com
Obat Yusimox Sirup – pontianak.tribunnews.com

Harga Yusimox Tablet

Varian Yusimox Tablet Harga
Yusimox Tablet 500 mg per tablet Rp610
Yusimox Tablet 500 mg per Rp4.803
Yusimox Tablet 500 mg  1 box (10 strip) Rp42.035

Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Yusimox Tablet saat ini di apotek juga cenderung turun. Sebagai contoh, 1 tablet Yusimox 500 mg yang awalnya dijual seharga Rp999, sekarang hanya Rp610. Harga Yusimox sirup maupun tablet di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain di Apotek K24, Yusimox bisa dibeli di toko obat atau apotek lainnya seperti Kimia Farma atau sebagainya. Yusimox adalah obat keras yang pembeliannya harus ditebus di apotek dengan menggunakan resep dokter. 

Perlu diingat, simpan Yusimox pada suhu ruangan (di bawah 30 derajat Celcius), serta hindarkan dari cahaya langsung, tempat lembap, dan panas. Anda juga bisa menyimpan Yusimox sirup di dalam lemari es, tapi bukan freezer. Bila perlu buang Yusimox sirup yang sudah tidak dikonsumsi dalam 14 hari setelah dilarutkan di apotek.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.