Info Dosis & Harga Entrostop untuk Mengobati Diare

memang yang cukup mengganggu dan bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Meskipun mungkin bagi sebagian orang ini terkesan sepele, tetapi bila tidak segera ditangani dengan tepat, diare akan sangat berbahaya karena bisa berujung pada kematian, terutama pada kasus di mana penderitanya mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan akibat buang air besar (BAB) berulang kali.

Nah, penanganan pertama sakit diare bisa dilakukan dengan meminum oralit atau minum air sebanyak-banyaknya untuk menggantikan cairan yang hilang serta mengonsumsi antidiare yang tersedia di sejumlah apotik. Ada banyak antidiare yang dikenal ampuh menghentikan mencret atau diare, salah satu yang adalah Entrostop.

Harga Entrostop - www.tokopedia.com

Harga Entrostop - www.tokopedia.com

Obat dalam bentuk tablet berwarna oranye ini adalah obat yang digunakan untuk terapi simtomatik pada diare secara non spesifik atau kondisi diare yang tidak diketahui penyebabnya. Dalam Entrostop memiliki kandungan activated colloidal attapulgite dan pectin yang diklaim berfungsi untuk menyerap racun dan mikroorganisme penyebab diare, memadatkan feses, serta mengurangi frekuensi buang air besar.

Kandungan & Cara Kerja Entrostop

Neo Entrostop adalah obat yang mengandung kombinasi zat Attapulgite 650 mg dan Pectin 50 mg yang memiliki mekanisme kerja sebagai berikut:

  • Attapulgite atau Magnesium Aluminium Pilosilikat biasa digunakan untuk mengobati diare dengan mengikat asam, zat beracun, bakteri atau kuman yang dapat menyebabkan diare. Attapulgite memiliki pH antara 7,0 – 9,5 dan efektif bekerja sebagai obat diare ketika dimurnikan dan diaktifkan terlebih dahulu dengan cara pemanasan supaya dapat meningkatkan kemampuan adsorpsinya.
  • Pectin merupakan serat alami yang biasa ditemukan pada buah-buahan. Pectin bekerja sebagai emolien yang biasanya dikombinasikan dengan adsorben lain dalam mengikat racun atau toksin dari bakteri yang ada di saluran pencernaan.

Dosis Entrostop

  • Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun: 2 tablet setiap setelah buang air besar, maksimum 12 tablet per 24 jam.
  • Anak-anak usia 6 sampai 12 tahun: 1 tablet setiap setelah buang air besar, maksimum 6 tablet per 24 jam.

Dilansir Hellosehat, obat ini bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Obat ini digunakan hanya untuk mengurangi frekuensi buang air besar, memadatkan feses, dan menyerap racun bagi mereka yang tengah mengalami diare, bukan sebagai pengganti oralit. Itu sebabnya, pastikan Anda tetap memenuhi asupan cairan dengan banyak minum cairan untuk mencegah risiko dehidrasi selama diare. Apabila diare masih belum membaik dalam kurun waktu 48 jam, sebaiknya segeralah berkonsultasi ke karena obat ini tak boleh diminum lebih dari 2 hari.

Entrostop

Seperti halnya obat pada umumnya, Entrostop juga berpotensi menimbulkan efek samping saat dikonsumsi. Adapun efek samping paling umum dari obat antidiare biasanya adalah konstipasi atau sulit buang air besar secara teratur. Walaupun, konsumsi obat ini juga bisa saja memicu reaksi lain seperti perut kembung, sakit perut, mual, hingga sakit maag. Apabila Anda mengalami efek samping yang sangat mengganggu, sebaiknya segera hentikan pemakaian dan segera periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Interaksi Obat

Interaksi obat bisa mengubah kinerja obat yang sedang Anda konsumsi atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Berikut ini beberapa obat yang tak boleh dikonsumsi secara bersamaan dengan Entrostop.

  • Antibiotik tertentu. Kandungan pektin dalam obat ini bisa menurunkan jumlah antibiotik tetrasiklin yang diserap oleh tubuh. Beberapa antibiotik tetrasiklin meliputi demeclocycline, minocycline, dan tetrasiklin.
  • Digoksin. Pemberian obat ini bersamaan dengan digoksin dapat menyebabkan penurunan kadar digoksin dalam darah.
  • Lovastatin. Lovastatin digunakan untuk membantu menurunkan kolesterol. Kandungan pektin bisa menurunkan penyerapan lovastatin dan menurunkan efektivitas lovastatin.

Guna menghindari interaksi obat seperti yang telah dijelaskan, sebaiknya konsumsi obat dilakukan dengan memberi jeda antara 2 sampai 4 jam.

Wanita Sakit Diare - www.rd.com

Wanita Sakit Diare - www.rd.com

Peringatan & Perhatian

  • Obat ini tidak boleh dikonsumsi lebih dari 48 jam (2 hari).
  • Orang yang mengalami diare disertai dengan demam atau muncul panas tinggi, tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini, segeralah berkonsultasi ke dokter.
  • Meski Anda sudah mengonsumsi obat ini, Anda dianjurkan untuk tetap memenuhi asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan dan elektrolit.
  • Jika diare pada anak-anak disertai dengan dehidrasi, maka pengobatan awal harus diberikan cairan rehidrasi oral seperti oralit.
  • Tidak boleh diberikan pada anak-anak di bawah 5 tahun.
  • Konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan Entrostop kepada lansia di atas 60 tahun dan anak-anak di bawah 12 tahun.
  • Jangan menggunakan Entrostop jika Anda memiliki terhadap salah satu komponen yang terkandung di dalamnya. Hati-hati mengonsumsi Entrostop jika Anda terhadap buah apel dan jeruk, karena mungkin Anda terhadap kandungan pectin dalam buah tersebut.

Harga Entrostop

Entrostop adalah obat bebas yang tersedia dalam 2 varian, yakni Neo Entrostop isi 12 tablet per strip untuk orang dewasa yang dijual dengan harga Rp 7.146 di Apotek K24 dan varian Entrostop Herbal Anak sachet seharga Rp 2.069 per pcs. Selain dijual di apotik, obat Entrostop juga tersedia di Indomaret dan Alfamart.

Di Indomaret Entrostop dibanderol seharga Rp 8.000, sedangkan di Alfamart harganya Rp 8.100 per strip. Namun perlu diingat bahwa harga Entrostop bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dan harga yang berlaku di setiap toko obat maupun apotik dapat berbeda-beda.

Baca juga  Harga Cendo Lyteers (Drop 15 ml & Minidose )
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Dosis & Harga Entrostop untuk Mengobati Diare"