Info Terbaru Harga Obat F.G Troches per Tablet dan per Strip

radang tenggorokan memang merupakan hal yang cukup menyebalkan dan menyakitkan. Pasalnya, saat menderita radang, biasanya tenggorokan kita akan terasa begitu sakit ketika hendak digunakan untuk menelan. Beberapa orang biasanya ada yang bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi ada pula orang yang memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu agar penyakit tenggorokannya sembuh. Nah, dari sekian banyak obat tenggorokan yang ada, F.G Troches menjadi salah satu antibiotik yang dikenal ampuh mengatasi radang, terlebih karena harga jualnya juga relatif terjangkau dalam kemasan per tablet dan per strip.

Harga, dosis, cara, pemakaian, obat, F.G Troches, troches, SP Troches, dequalinium, chloride, pcs, 12, tablet, strawberry, melon, kopi, hisap, kali, hari, apotek, K-24, apotik, fungsi, penyakit, produk, varian, vitamin, tenggorokan, radang, antibiotik, dewasa, anak, resep, dokter, strip, isi, sakit
Ilustrasi radang tenggorokan

Apa Itu Radang Tenggorokan?

Dilansir dari Klikdokter, radang tenggorokan adalah suatu peradangan pada tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi ini umumnya bersifat akut dan menyerang saluran tenggorokan. Saat mengalami kondisi ini, biasanya penderita akan merasa di bagian tenggorokan hingga susah menelan makanan atau minuman.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, menurut keterangan Alodokter, radang tenggorokan akut biasanya terjadi kurang dari dua minggu, yang menyerang secara mendadak dan reda setelah beberapa waktu. Radang tenggorokan akut ini umumnya ditandai dengan gejala tenggorokan. Keluhan ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus, termasuk virus Corona yang sedang mewabah saat ini. Namun, ada juga radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Masih dari referensi yang sama, radang tenggorokan paling sering terjadi pada bagian belakang tenggorokan atau faring, yang dikenal sebagai faringitis. Selain itu, juga dapat terjadi pada organ di sekitarnya, seperti peradangan pada amandel atau tonsil (tonsilitis), radang atau pembengkakan kelenjar adenoid di hidung, atau peradangan pada pita suara (laringitis) yang kerap ditandai dengan suara yang serak, yang seringkali terjadi bersamaan.

Yang perlu Anda ketahui, selain kondisi akut, terdapat juga penyakit tenggorokan kronis. Penyakit tenggorokan kronis ini biasanya memiliki ciri disertai nyeri pada saat menelan air atau makan, seperti ada sesuatu yang mengganjal.[1] Umumnya, penyakit tenggorokan dalam kategori kronis dapat berlangsung dalam waktu yang lama.

Ada beberapa gejala seseorang mengalami radang tenggorokan akut, di antaranya tenggorokan terasa sakit (terutama saat menelan), sensasi kering pada tenggorokan, munculnya demam yang ringan, mengalami rasa tidak nyaman saat berbicara, munculnya batuk yang mengganggu, hingga pembengkakan kelenjar getah bening sekitar leher.

Disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter, jika keluhan radang tenggorokan terus terjadi hingga lebih dari 10 hari dan bertambah parah. Terutama jika disertai keluhan seperti kesulitan bernapas, tidak mampu menelan, amandel bernanah, kesulitan membuka mulut, pembengkakan pada wajah atau leher, nyeri telinga, darah pada liur atau dahak, dan demam tinggi.

Saat ini, sudah ada sejumlah obat yang diklaim ampuh meredakan radang tenggorokan, salah satunya F.G Troches. Pada dasarnya, F.G Troches adalah kelompok obat antibiotik yang harus dikonsumsi pada dosis tertentu berdasarkan resep dokter dan tak boleh dikonsumsi secara sembarangan. Pada kemasannya saja, F.G Troches ditandai dengan logo K yang berarti obat keras. FG Troches mengandung 2 zat yang dinamakan Fradiomycin sulfate dan Gramicidin-S HCl. Berikut lengkap seputar FG Troches.

Obat F.G Troches (sumber: shopee)

Indikasi F.G Troches

  • Radang gusi/gingivitis.
  • Radang rongga mulut (sariawan)/stomatitis.
  • Radang tenggorokan/faringitis.
  • Radang amandel/tonsilitis.
  • Radang selaput lendir dengan tukak berselaput/angina vincent.
  • Radang bronkus dan cabang tenggorok/bronkitis.
  • Periodontitis geraham bungsu.

Kontraindikasi F.G Troches

  • Orang yang memiliki alergi (hipersensitif) terhadap komponen yang terkandung dalam FG Troches.
  • Orang yang memiliki alergi terhadap obat antibiotik golongan aminoglikosida seperti streptomisin, gentamisin, kanamisin, fradiomisin, atau bacitracin.
  • Harus digunakan dengan hati-hati pada lansia karena berisiko mengalami avitaminosis atau kondisi akibat kekurangan vitamin.

Dosis & Cara Pemakaian F.G Troches

  • Dewasa: 1-2 tablet hisap sebanyak 4-5 kali sehari.
  • Anak-anak: 1 tablet hisap sebanyak 4-5 kali sehari.
  • Penggunaannya cukup dengan cara dihisap dalam hingga habis seperti saat makan permen.

Efek Samping F.G Troches

  • Kehitaman pada lidah, mukosa berwarna kemerahan, dan glositis.
  • Defisiensi vitamin K yang ditandai dengan risiko pendarahan (jarang).
  • Defisiensi vitamin B seperti glositis, stomatitis (sariawan), tidak nafsu makan, dan nyeri-nyeri pada saraf.
  • Gejala efek samping yang tercantum di atas umumnya dialami oleh lansia dan orang-orang yang kurang gizi.

Harga F.G Troches per Strip dan per Tablet

Varian F.G Troches Harga (Rp)
F.G Troches Meiji Tablet B Rp1.890 per tablet
F.G Troches Meiji Tablet A Rp1.906 per tablet
F.G Troches Meiji Tablet B Rp13.000 per strip
F.G Troches Meiji Tablet A Rp13.000 per strip

Harga F.G Troches tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai contoh, harga F.G Troches Tablet B tahun 2020 dibanderol Rp1.635 per tablet, sedikit naik menjadi Rp1.652 per tablet tahun 2021, naik lagi menjadi Rp1.890 per tablet tahun 2022.

Minum Obat Radang Tenggorokan – www.istockphoto.com

Selain di apotek, sejumlah situs jual beli online juga sudah menyediakan  F.G Troches. Bahkan, harganya jauh lebih mahal dibandingkan yang ditawarkan di apotik, yakni mulai Rp15 ribuan saja per strip isi 10 tablet pada tahun 2022. Sementara itu, pada tahun 2021, harganya berkisar Rp13 ribu hingga Rp17 ribuan per strip berisi 10 tablet. Namun, seperti yang disampaikan di atas, F.G Troches adalah kelompok obat antibiotik yang harus dikonsumsi pada dosis tertentu berdasarkan resep dokter dan tak boleh dikonsumsi dan dibeli secara sembarangan.

[Almas]

[1] Agustiawan, Beni. 2015. Sistem Klasifikasi Penyakit Tenggorokan Berbasis Web Menggunakan Metode Naïve Bayes (Skripsi). Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro.

Pos terkait