Info Dosis, Cara Minum, dan Update Harga Lacto B untuk Atasi Diare

Menderita sakit diare atau mencret memang tidak enak. Anda terpaksa harus bolak-balik ke kamar mandi hanya untuk besar (BAB). Selain orang dewasa, diare juga bisa menyerang anak-anak. Meski sepintas terlihat sepele, diare yang tidak segera ditangani dengan benar dapat berpotensi menyebabkan kematian karena kekurangan asupan atau dehidrasi pada tingkat parah. Lacto B menjadi salah satu obat yang digunakan untuk mengatasi diare dengan harga jual relatif murah per sachet.

Ilustrasi: anak buang air besar (sumber: bukalapak)
Ilustrasi: anak besar (sumber: bukalapak)

Sebenarnya, solusi untuk mengatasi diare saat ini sudah cukup beragam. Anda bisa menemukan obat-obatan untuk mengatasi diare yang cukup ampuh di apotek. Salah satu obat diare yang cukup banyak direkomendasikan untuk anak-anak maupun dewasa adalah Lacto B. Lacto B merupakan obat untuk mengatasi diare dan mencegah intoleransi laktosa atau masalah pencernaan lainnya. Selain itu, Lacto B juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi vagina dan infeksi saluran kencing.

Bacaan Lainnya

Dalam satu sachet Lacto B, terkandung sel bakteri baik berjumlah 1×109 CFU/g. Bakteri tersebut yaitu Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium longum, Streptococcus thermophilus. Bakteri-bakteri ini secara alami terkandung dalam lambung atau usus, sehingga dengan penambahan bakteri tersebut dari Lacto B, dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan menurunkan jumlah bakteri jahat dalam tubuh.

Manfaat Lacto B

Manfaat Lacto B yaitu untuk mengatasi masalah, menjaga kesehatan, dan melindungi sistem pencernaan tubuh, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Probiotik yang dikandung oleh Lacto B bisa mengatasi masalah diare yang disebabkan oleh antibiotik, diare infeksi, dan travellers diarrhea. Selain itu, Lacto B juga bisa menjaga flora normal usus dan membantu fungsi fermentasi di dalam usus bayi.

Baca juga  Info Komposisi dan Update Harga Serum Royal Jelly Jafra

Manfaat Lacto B yang lain adalah untuk mengurangi gejala intoleransi laktosa seperti diare, perut kembung, perut kram, dan lainnya. Bagi Anda yang telah menggunakan antibiotika dalam jangka panjang, Lacto B bisa membantu mengatasi masalah-masalah pada sistem pencernaan Anda akibat konsumsi antibiotik tersebut.

Komposisi Lacto B

Serbuk krim nabati, Dekstrosa, mineral konsentrat, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Niasin, Oksida, dan beberapa campuran bakteri asam laktat sebagai probiotik pada Lacto B. Probiotik atau bakteri asam laktat yang ada di dalam Lacto B terdiri dari Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus casei, Lactobacillus salivarius, Bifidobacterium infantis, Bifidobacterium lactis, Bifidobacterium longum, dan Streptococcus thermophillus.

Dosis & Aturan Minum Lacto B

Dosis Lacto B yang dianjurkan untuk anak usia 1-12 tahun atau dewasa adalah 3 kali 1 sachet sehari, sedangkan untuk anak usia di bawah 1 tahun dosisnya hanya 2 kali sehari 1 sachet. Konsumsi Lacto B sesuai dengan anjuran yang tertera pada label atau sesuai dengan anjuran dokter.

Lacto B untuk Atasi Diare - www.lazada.co.id
Lacto B untuk Atasi Diare – www.lazada.co.id

Lacto B merupakan probiotik dalam bentuk bubuk yang dapat dikonsumsi langsung dengan dilarutkan dalam air putih, atau diberikan bersama makanan anak dan formula. Hindari mencampurnya dengan minuman bersoda. Konsumsi segera setelah sachet dibuka dan dicampurkan. Bila Lacto B lupa diberikan, jangan menggandakan dosis di jadwal konsumsi berikutnya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bioactiva 15 ml dan 30 ml di Apotek

Konsumsi obat-obatan tertentu kemungkinan bisa menimbulkan efek samping tertentu. Dilansir Alodokter, efek samping yang mungkin bisa terjadi setelah mengonsumsi Lacto B adalah perut kembung dan rasa tidak nyaman pada perut. Selain itu, reaksi alergi terhadap Bifidobacterium dan Lactobacillus juga bisa saja terjadi. Reaksi alergi tersebut biasanya ditandai sebagai berikut.

Efek Samping Lacto B

  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  • Kesulitan bernapas.
  • Gatal-gatal dan kemerahan pada kulit.
  • Segera periksa ke dokter apabila Anda atau anak Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi suplemen Lacto B.

Secara umum, Lacto B merupakan suplemen yang mengandung bakteri baik, sehingga dianggap aman untuk kebanyakan orang. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Peringatan & Perhatian Saat Mengonsumsi Lacto B

  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum konsumsi Lacto B, terutama bila anak Anda memiliki kondisi seperti alergi susu, intoleransi laktosa, sedang mengonsumsi antibiotik, atau memiliki kekebalan tubuh yang rendah (misalnya sedang menjalani kemoterapi).
  • Informasikan kepada dokter atau petugas apotek mengenai obat, suplemen, dan herba lain yang sedang dikonsumsi. Jangan berikan suplemen atau herba secara sembarangan kepada anak tanpa saran dari dokter.
  • Simpan Lacto B di tempat yang teduh, kering, dan sejuk. Suhu dan kelembapan yang tinggi dapat memengaruhi bakteri baik yang terkandung dalam Lacto B.
  • Anak dengan diare dapat sangat cepat mengalami dehidrasi. Perhatikan tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering, menangis tanpa air mata, kecil berkurang, tampak lemas dan mengantuk, atau rewel.
  • Mencegah dehidrasi dengan asupan yang cukup merupakan penanganan utama pada diare, segera konsultasikan kepada dokter bila anak Anda mengalami diare lebih dari 24 jam, muntah-muntah, dan ada tanda dehidrasi.
Baca juga  Manfaat dan Update Harga Nutrilite Double X
Lacto B kemasan sachet (sumber: shopee)
Lacto B kemasan sachet (sumber: shopee)

Interaksi Obat Lacto B

Sebaiknya hindari konsumsi Lacto B dalam rentang waktu 2 jam setelah konsumsi antibiotik. Konsultasikan kepada dokter bila anak Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan sistem imun (imunosupresan), seperti obat-obatan pasca transplantasi organ dan kortikosteroid.

Harga Lacto B

Varian Lacto B Harga (Rp)
Lacto B per sachet 8.601
1 Pack Lacto B isi 10 sachet 80.000
1 Box Lacto B isi 20 sachet 290.000

Harga Lacto B di pasaran mengalami perubahan hampir setiap tahun. Tercatat pada 2019, obat Lacto B dijual mulai harga Rp7.723 per sachet. Lalu Lacto B mengalami kenaikan harga pada 2020, dengan harga jual Rp8.000 per sachet. Memasuki 2021, obat diare Lacto B kembali turun harga menjadi Rp7.821, tetapi naik lagi menjadi Rp8.601 di tahun 2022.

Lacto B adalah obat bebas yang bisa ditemukan dengan mudah di sejumlah apotek maupun toko obat. Harga Lacto B yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda, tergantung dari kebijakan pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari Lacto B, Anda bisa membeli di sejumlah apotik terdekat maupun toko obat seperti Apotek Kimia Farma dan K24.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.