Info Terkini Harga Scabimite di Apotek

Berbagai masalah kulit seperti kudis, scabies, gudik, atau sebagainya memang cukup mengganggu dan bisa sangat merusak kepercayaan diri seseorang. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan obat topikal seperti Scabimite yang dijual di apotek dengan harga relatif terjangkau. Obat ini konon ampuh mengatasi berbagai permasalahan pada kulit.

Ilustrasi: Wanita Menggaruk Bagian Paha yang Gatal (credit: Healthline)
Ilustrasi: Wanita Menggaruk Bagian Paha yang Gatal (credit: Healthline)

Indikasi Scabimite

Penyakit kulit seperti yang telah di sebutkan di atas, bisa sangat menyiksa karena menimbulkan rasa gatal yang teramat sangat. Bahkan, dalam beberapa kasus, juga bisa menimbulkan bercak kemerahan di kulit yang dapat mengganggu penampilan. Cara paling tepat untuk mengatasi permasalahan semacam ini adalah dengan datang dan memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Beberapa dokter biasanya akan meresepkan salep atau krim khusus seperti Scabimite.

Bacaan Lainnya

Scabimite adalah obat topikal (dioleskan pada kulit) berbentuk krim yang mengandung bahan aktif 5% permethrin. Salep Scabimite diproduksi oleh PT Galenium Pharmasia Lab-Indonesia dan telah terdaftar pada BPOM. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit seperti scabies, gudik, atau kudis. Scabies sendiri adalah gatal pada kulit yang disebabkan oleh tungau atau kutu kecil bernama Sarcoptes scabiei. Tungau biasanya akan menyerang dan mengiritasi kulit hingga menyebabkan rasa gatal yang parah dan semakin intens dirasakan pada malam hari.

Untuk mengobati atau mengatasi scabies, Anda bisa menggunakan Scabimite. Obat ini disebut-sebut bisa meringankan gejala scabies atau kudis karena mengandung permethrin yang merupakan sejenis kimia dari jenis pyrethroid yang umumnya dipakai sebagai insektisida pembasmi sejumlah hama seperti kutu, caplak, pinjal, dan tungau.

Baca juga  Info Terbaru Harga Cetirizine (Tablet, Strip, Sirup)

Scabimite bekerja dengan cara mengandalkan permethrin sebagai kandungan utamanya untuk mengatasi tungau di kulit. Substansi tersebut bekerja pada membran sel saraf tungau untuk mengganggu saluran natrium ketika polarisasi membran diatur. Dengan melambatnya polarisasi, akan mengakibatkan tungau mengalami kelumpuhan dan akhirnya mati.

Seperti dilansir Mediskus, indikasi utama obat ini adalah untuk mengatasi scabies atau kudis, digunakan secara topikal pada kulit yang mengalami iritasi dan gatal akibat serangan tungau. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kutu rambut.

Kontraindikasi Scabimite

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini. Penderita yang diketahui memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap permethrin dan jenis obat pyrethroid, tidak boleh menggunakan obat ini. Scabimite termasuk obat keras yang dosis dan aturan penggunaannya harus berdasarkan resep dokter. Namun, dosis yang biasanya diresepkan sebagai berikut.

Ilustrasi: Scabimite Salep (credit: Labmalang)
Ilustrasi: Scabimite Salep (credit: Labmalang)

Dosis Scabimite untuk Dewasa

  • Dosis untuk kudis (scabies), krim permethrin 5%, dioleskan langsung pada kulit yang terkena kudis. Biarkan selama 8-14 jam dan tidak boleh terkena air.
  • Dosis mengatasi kutu rambut, gunakan krim permethrin 1% pada rambut hingga belakang telinga seperti sampo, diamkan selama 10 menit kemudian bersihkan rambut dengan shampoo.

Dosis Scabimite untuk

  • Dosis untuk kudis, gunakan krim Scabimite dengan permethrin 5% pada kulit yang mengalami kudis. Biarkan selama 8 sampai 14 jam tidak boleh terkena air.
  • Dosis untuk kutu rambut, gunakan krim Scabimite dengan permethrin 1% pada dan rambut hingga belakang telinga seperti sampo, diamkan 10 menit dan bersihkan dengan air. Berhati-hatilah agar tidak mengenai mata. Bilas dengan air bersih apabila terkena mata.
Baca juga  Harga Ikan Garra Rufa (Satuan dan Paket)

Salep Scabimite harus digunakan dengan hati-hati pada ibu hamil dan menyusui. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini. Scabimite dapat disimpan pada suhu ruangan, di bawah suhu 30 derajat Celcius. Pastikan tempat penyimpanannya tidak lembap dan jauh dari jangkauan -anak.

Aturan Penggunaan Scabimite

  • Gunakan Scabimite hanya pada permukaan kulit atau rambut.
  • Cuci atau bersihkan sisa krim jika sudah digunakan lebih dari 8 – 14 jam di kulit.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai menggunakannya.
  • Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan oleh di bawah usia 12 bulan.

Jika pengobatan efektif, seharusnya tidak ada ruam atau lubang baru setelah 2 hingga 4 hari. Perawatan perlu diulangi dalam 1 hingga 2 minggu. Mungkin perlu 2 sampai 6 minggu setelah perawatan yang berhasil sebelum akhirnya gatal dan ruam benar-benar bisa hilang. Salep Scabimite biasanya dapat ditoleransi dengan baik oleh kulit. Namun, ada juga yang menunjukkan beberapa efek samping.

Efek Samping Scabimite

  • Iritasi kulit.
  • Gatal pada kulit.
  • Bengkak pada kulit.
  • Kulit kemerahan.
  • Timbul rasa panas seperti terbakar.
  • Eritema.
  • Hipertensi ringan dan sementara.

Peringatan dan Perhatian Pemakaian Scabimite

  • Kudis umumnya juga disertai kondisi kulit lain seperti pruritus, edema, dan eritema. Jika kondisi ini terjadi, pengobatan dengan permethrin biasanya akan membuat kudis terasa memburuk sementara dan kemudian membaik setelah beberapa hari.
  • Krim ini juga sangat bereaksi dengan mata, usahakan untuk tidak kontak dengan mata. Jika terjadi, segera cuci mata dengan air bersih, atau kunjungi dokter jika perih di mata tidak hilang.
  • Berhati-hatilah menggunakan obat ini pada penderita asma.
  • Scabimite merupakan obat kategori B untuk ibu hamil menurut FDA (Food and Drug Administration). Hal ini berarti, studi pada sistem reproduksi hewan percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Karena itu, penggunaan obat ini untuk ibu hamil sebaiknya hanya digunakan jika sangat dibutuhkan saja.
  • Meskipun obat ini belum diketahui apakah ke saluran ASI (Air Susu Ibu) atau tidak, beberapa pertimbangan seperti kemungkinan ini masuk ke ASI dan beberapa penelitian yang menemukan potensi tumorigenik dari permethrin, maka tidak direkomendasikan diberikan pada ibu menyusui.
Baca juga  Info Harga Besek Bambu Aneka Ukuran

Scabimite sudah dijual di sejumlah apotek seperti Apotek K24, Kimia Farma, atau apotek-apotek lainnya. Scabimite tersedia dalam dua pilihan kemasan, yakni salep ukuran kecil isi 10 g dan 30 gr. Untuk lebih jelas mengenai harga Scabimite berbagai ukuran, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Scabimite di Apotek

Varian Scabimite Harga
Scabimite 10 gr Rp64.751
Scabimite 30 gr Rp107.918

Jika dibandingkan penawaran tahun lalu, harga Scabimite saat ini cenderung turun. Scabimite 10 gr yang semula dijual seharga Rp66.281, kini menjadi Rp64.751. Begitu pula dengan harga Scabimite 30 gr yang sedikit turun dari Rp110.468 menjadi Rp107.918. Perlu diketahui bahwa harga Scabimite tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.  

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.