Info Terbaru Harga Susu Kental Manis Indomilk di Indomaret dan Alfamart

Sudah ada banyak merk susu kental manis yang beredar di pasaran, antara lain Carnation, Frisian Flag, Cap Enaak, Omela, hingga merk Indomilk. Dari sekian banyak yang ada, susu kental manis Indomilk cukup banyak peminatnya karena mudah ditemui di berbagai pusat perbelanjaan, seperti Indomaret dan Alfamart, dan memiliki kualitas rasa yang bersaing. Tersedia dalam kemasan kaleng dan sachet, susu kental manis Indomilk dijual dengan harga relatif terjangkau.

Susu kental manis Indomilk (youtube: Indomilk)
Susu kental manis Indomilk (youtube: Indomilk)

Keunggulan Susu Kental Manis Indomilk

Secara SNI, susu kental manis adalah produk susu berbentuk cairan kental yang didapat melalui cara menghilangkan dari campuran susu segar dan gula atau dengan cara rekonstitusi atau pencampuran susu bubuk melalui penambahan gula dengan atau tanpa ditambah bahan pangan lain dan bahan tambahan pangan yang dianjurkan.[1]

Bacaan Lainnya

Susu kental manis Indomilk adalah produk susu berbentuk cairan kental yang diklaim diperoleh dari susu segar yang diolah dengan sistem pengolahan modern, serta ditambahkan gula, lemak nabati, dan bahan pangan lainnya. Produk susu kental manis Indomilk tersedia dalam dua pilihan rasa, yakni Plain (Putih) dan Cokelat. Kedua produk ini diklaim kaya akan kandungan vitamin dan mineral.

Pihak Indomilk mengklaim bahwa susu kental manis rasa Plain tinggi akan kandungan vitamin A, vitamin B1, fosfor, D3, dan kalsium, serta mengandung vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin 2, vitamin C, vitamin E, vitamin K1, yodium, zinc, dan zat besi. Sementara, susu kental manis Indomilk rasa Cokelat disebut-sebut terbuat dari cokelat asli yang tinggi kandungan vitamin A, vitamin B1, zink, fosfor, dan kalsium, serta mengandung vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D3, vitamin E, vitamin K1, yodium, dan zat besi.

Baca juga  Update Harga Samyang di Indomaret dan Alfamart, Mie Super Pedas Ala Korea

Produk susu kental manis Indomilk bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya saja dapat diminum sebagai minuman susu dengan cara melarutkan 1 bagian Indomilk kental manis dengan 2-3 bagian matang panas atau dingin. Selain itu, susu kental manis Indomilk juga bisa dipakai sebagai campuran minuman lain seperti kopi, teh atau teh tarik, es campur, dan minuman soda (soda gembira).

Bagi yang senang membuat kue pun bisa memanfaatkan susu kental manis Indomilk sebagai topping untuk roti bakar, martabak manis, pisang bakar, maupun campuran isian untuk roti, pudding, permen, dan masih banyak lagi resep makanan menarik lainnya. Walaupun susu kental manis Indomilk bisa diminum oleh anak-anak maupun orang dewasa, pihak Indomilk menegaskan bahwa produk ini tidak cocok untuk bayi.

Produk susu kental manis Indomilk bisa disimpan cukup lama karena susu kental manis Indomilk rasa Plain memiliki masa kedaluwarsa selama sembilan bulan dan untuk susu kental manis Indomilk rasa Cokelat masa kedaluwarsanya 12 bulan dari tanggal produksi selama kemasan tidak rusak.

Susu kental manis Indomilk tersedia dalam dua pilihan kemasan, yakni sachet dan kaleng. Kemasan susu kental manis Indomilk sachet dikemas dalam pack yang terdiri dari enam sachet dan masing-masing berisi 42 gram. Kemasan sachet biasanya lebih disukai oleh mereka yang lebih menyukai hal-hal praktis dan ingin menggunakan susu kental manis dalam jumlah sedikit saja.

Ilustrasi: Susu Kental Manis Untuk Waffle (credit: mashed)
Ilustrasi: Susu Kental Manis Untuk Waffle (credit: mashed)

Sementara itu, susu kental manis Indomilk kemasan kaleng berisi sebanyak 375 ml dan cocok bagi Anda yang membutuhkan susu kental manis dalam jumlah banyak. Namun, penyimpanan susu kental manis Indomilk kemasan kaleng biasanya lebih dianjurkan untuk diletakkan di dalam kulkas atau lemari pendingin dalam keadaan tertutup supaya kualitas isinya tidak berubah. Untuk menggunakannya kembali, Anda tinggal merendam kalengnya dalam panas atau membiarkannya berada dalam suhu selama beberapa waktu.

Baca juga  Update Harga Kornet PRONAS (Indomaret, Alfamart, Superindo)

Harga Susu Kental Manis Indomilk di Indomaret

Varian Susu Kental Manis Indomilk Harga
Indomilk Susu Kental Manis Putih 6 sachet x 42 gr Rp7.500
Indomilk Susu Kental Manis Rasa Cokelat 6 sachet x 42 gr Rp7.500
Indomilk Susu Kental Manis Putih Kemasan Kaleng 375 ml Rp10.900
Indomilk Susu Kental Manis Rasa Cokelat Kemasan Kaleng 375 ml Rp10.900
Indomilk Kental Manis Swiss Choco 545 gr Rp16.900

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga susu kental manis Indomilk di Indomaret saat ini cenderung naik. Misalnya, Indomilk susu kental manis putih 6 sachet x 42 gr yang semula dijual seharga Rp7.000, kini menjadi Rp7.500. Begitu pula harga Indomilk susu kental manis putih kemasan kaleng 375 ml yang ikut naik dari Rp9.300 menjadi Rp10.900.

Harga Susu Kental Manis Indomilk di Alfamart

Varian Susu Kental Manis Indomilk Harga
Indomilk Susu Kental Manis Rasa Plain 6 sachet x 42 gr Rp7.000
Indomilk Susu Kental Manis Rasa Cokelat 6 sachet x 42 gr Rp7.000
Indomilk Susu Kental Manis Rasa Plain Kemasan Kaleng 375 ml Rp9.600
Indomilk Susu Kental Manis Rasa Cokelat Swiss Choco Kemasan Kaleng 375 ml Rp9.600

Berbeda dari Indomaret, harga susu kental manis Indomilk di Alfamart saat ini masih belum berubah. Daftar harga susu kental manis Indomilk di atas diambil dari situs resmi Indomaret dan Alfamart. Apabila Anda membutuhkan susu kental manis Indomilk dalam jumlah banyak, maka tak ada salahnya membeli 1 dus dengan harga lebih hemat.

Susu kental manis Indomilk kemasan kaleng (sumber: oborkeadilan.com)
Susu kental manis Indomilk kemasan kaleng (sumber: oborkeadilan.com)

Harga Susu Kental Manis Indomilk 1 Dus

Varian Susu Kental Manis Indomilk Harga
Indomilk Susu Kental Manis Rasa Plain Kemasan Sachet per dus (20 pack) Rp139.000
Indomilk Susu Kental Manis Rasa Cokelat Kemasan Sachet per dus (20 pack) Rp139.000
Indomilk Susu Kental Manis Rasa Plain per dus (24 pouch) Rp415.000
Indomilk Susu Kental Manis Rasa Plain per dus (48 kaleng) Rp470.000
Indomilk Susu Kental Manis Rasa Cokelat per dus (48 kaleng) Rp470.000
Indomilk Susu Kental Manis Rasa Cokelat Swiss Choco per dus (48 kaleng) Rp483.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Susu Lactogrow HappyNutri di Indomaret dan Alfamart

Meskipun susu kental manis diklaim memiliki banyak kandungan vitamin, beberapa dokter tidak menganjurkan Anda untuk mengonsumsi susu kental manis secara terus-menerus. Pasalnya, susu kental manis mempunyai kandungan gula yang lebih tinggi dibandingkan susu jenis lainnya. Karena itu, tidak direkomendasikan susu kental manis untuk dikonsumsi rutin setiap hari.

Jika Anda sudah terlanjur meminum susu kental manis, maka sebaiknya Anda segera mengganti jenis susu lain. Konsumsi susu kental manis pun sebaiknya tidak boleh ditambahkan lagi dengan gula karena di dalamnya sudah mengandung cukup banyak gula. Jika rutin meminum kental manis, Anda bisa berpotensi mengalami obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

Selain itu, susu kental manis merk apapun, termasuk Indomilk, tidak boleh diberikan kepada bayi dan anak-anak. Pasalnya, susu kental manis tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak karena kehilangan banyak kandungan nutrisi dalam proses pengolahannya. Kadar protein di dalam susu kental manis pun menyusut, sementara kalorinya tinggi.

[Update: Ditta]

[1] Weny, Indahing Nur. 2019. Pengaruh Kemasan dan Daya Tarik Iklan terhadap Keputusan Pembelian Susu Kental Manis Frisian Flag (Studi pada Konsumen Susu Kental Manis Frisian Flag di Giant Maspion Square Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Negeri Surabaya, Vol. 7(1): 44-50.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.