Info Terbaru Harga Marmer Tulungagung per M2 (Semua Tipe dan Ukuran)

Selain granit, menjadi salah satu material yang sering dipilih untuk desain interior sebuah bangunan. Pasalnya, marmer menawarkan kesan yang mewah sekaligus alami. Di Indonesia sendiri, pusat marmer kabarnya berada di Tulungagung. Dengan kualitas yang diklaim mumpuni, harga marmer Tulungagung per m2 memang dapat dikatakan cukup lumayan.

Ilustrasi: lantai marmer (sumber: decor-tiles.com)
Ilustrasi: lantai marmer (sumber: decor-tiles.com)

Kelebihan

Setiap orang memang memiliki preferensi sendiri-sendiri untuk urusan merancang desain interior maupun eksterior rumah mereka. Beberapa orang mungkin lebih menyukai tampilan minimalis, ada juga yang menyukai dekorasi ala Eropa, dan ada juga beberapa orang yang lebih senang desain interior rumah yang bergaya mewah. Apa pun desainnya, sebaiknya sesuaikanlah keinginan Anda dengan budget.

Bacaan Lainnya

Nah, bagi Anda yang mungkin memiliki budget cukup besar, mungkin sudah terpikir untuk mendekorasi rumah menggunakan material yang memang dikenal premium atau eksklusif seperti marmer. Seperti yang sudah Anda ketahui, merupakan jenis batuan yang bernilai cukup tinggi dan selama ini kerap dimanfaatkan dalam dunia konstruksi, terutama untuk pembuatan lantai hingga pilar bangunan.

sendiri merupakan batuan metamorf hasil dari proses metamorfisme batu gamping. Proses metamorfisme yang terjadi dipengaruhi oleh dan tekanan yang dapat menyebabkan perubahan pada struktur, tekstur, dan mineralogi pada batu gamping tersebut. Mineral utama penyusun adalah kalsit (CaCO3), dolomit, dan mineral lainnya, seperti mineral lempung, mika, kuarsa, pirit, oksida besi, dan grafit. Kalsit sebagai penyusun batu gamping (protolith marmer) mengalami rekristalisasi pada proses metamorfosis.[1]

Batuan ini sering digunakan untuk dekorasi rumah seperti bahan dalam membuat lantai hingga pilar karena menawarkan kesan yang mewah dan alami. Selain itu, material juga dikenal lebih mudah dibersihkan karena memiliki tekstur yang padat dan mengilat serta bisa menetralkan keasaman. Lantai marmer yang telah di-finishing dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan teknik arsitektur yang baik bisa menghasilkan sebuah karya yang indah.

Baca juga  Jalur Sertifikasi dan Update Biaya Training CCNA Enterprise

Tak hanya menampilkan kesan yang lebih mewah dan elegan, lantai marmer memiliki kelebihan lain apabila dibandingkan dengan lantai keramik atau tegel biasa, yakni kemampuannya dalam menyerap panas yang lebih baik. Karena itu, sebuah ruangan, entah itu kamar atau ruang tamu, yang menggunakan lantai marmer, biasanya memiliki yang relatif lebih dingin. Sementara itu, untuk daerah yang dingin seperti pegunungan, kabarnya lantai marmer akan terasa lebih hangat daripada lantai keramik.

Selain untuk bangunan dan lantai, batu marmer juga kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai perabotan rumah atau furniture. Ada banyak perabotan yang memakai batuan ini, antara lain meja, kursi, jendela, hingga guci. Marmer dipilih karena sifatnya yang lunak dan mudah dipahat. Di samping itu, batu marmer merupakan jenis batu alam yang dapat tembus cahaya sehingga ia cenderung lunak bila menerima benturan.

Kelebihan lainnya adalah batu marmer tidak menghantarkan panas dan merupakan konduktor yang tidak terlalu baik. Karena itu, batu marmer dapat tahan dari sengatan panas dan hampir tidak bisa terbakar. Rumah Anda bakal terasa sejuk jika menggunakan batu marmer sebagai bahan desain lantai, bahkan saat udara gerah sekalipun. Batu marmer ini cocok diaplikasikan pada lantai di rumah-rumah beriklim tropis.

Keunggulan batu marmer tidak berhenti di situ. Batu marmer juga tidak mudah tergores. Permukaannya yang mengilap tak mudah membuat batu marmer memudar meskipun sudah lama, bahkan saat terjadi banyak gesekan-gesekan pada lantai batu marmer. Batu ini pun diklaim lebih mudah beradaptasi dengan iklim dan musim di lingkungan luar rumah, karena pada dasarnya batu marmer adalah bahan alami yang terbentuk dari dan tekanan yang tinggi dan tidak mudah melengkung.

Baca juga  Update Harga KFC Complete Combo dan Paket Besar Lainnya

Untuk membersihkan batu marmer pun tidak sulit, karena batu ini memang terkenal sangat mudah dibersihkan. Perlu waktu yang lama pada batu marmer untuk kehilangan kilaunya dan menjadikannya kusam. Namun, bila suatu saat batu marmer telah mengalami kekusaman, tidak perlu khawatir karena batu marmer dapat dibersihkan dengan mudah dan akan mengembalikan kembali kilauannya. Selain itu, sudah terdapat cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan lantai marmer.

Varian Marmer Tulungagung

Motifnya yang tidak selalu seragam justru menjadikan kesan dan keunikan tersendiri yang belum tentu dimiliki oleh lantai keramik atau sejenisnya. Karena pembuatan marmer cukup rumit, maka tak heran bila harga lantai dari bahan batuan marmer pun relatif lebih mahal dibandingkan lantai keramik. Di Indonesia sendiri, pusat lantai marmer kabarnya berada di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Karena itu, banyak yang menyebut lantai-lantai marmer tersebut dengan sebutan marmer Tulungagung karena memang material tersebut diproduksi di Tulungagung.

Marmer Tulungagung sendiri tersedia dalam berbagai ukuran cutting atau potongan, yakni mulai dari 40 x 60 cm, 60 x 60 cm, 60 x 120 cm, serta slab atau ukuran random besar dengan harga yang kompetitif. Finishing yang ditawarkan untuk produk marmer Tulungagung pun bermacam-macam, mulai dari finishing poles, hammer atau grodok, honed atau doff, brush atau sikat, dan flame atau bakar, yang bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen. Berikut kami sajikan informasi terkini kisaran harga marmer Tulungagung di pasaran dalam negeri.

Produsen marmer (sumber: gmr-marble.com)
Produsen marmer (sumber: gmr-marble.com)

Harga Marmer Tulungagung

Jenis & Ukuran Marmer Tulungagung Kisaran Harga
Marmer Kawi Agung Sejajar 60 x 60 cm Rp245.000 per m2
Marmer Kawi Agung Sejajar 120 x 60 cm Rp380.000 per m2
Marmer Kawi Agung Kembang 60 x 60 cm Rp240.000 per m2
Marmer Kawi Agung Kembang 120 x 60 cm Rp380.000 per m2
Marmer Java Rosso 40 x 60 cm Rp350.000 per m2
Marmer Java Rosso 60 x 60 cm Rp400.000 per m2
Marmer Java Rosso 60 x 120 cm Rp475.000 per m2
Marmer Java Rosso 60 x 140 cm+ Rp500.000 per m2
Marmer Kawi Aneka Kembang 60 x 60 cm Rp245.000 per m2
Marmer Kawi Aneka Kembang 60 x 120 cm Rp380.000 per m2
Marmer Blue Marlin 60 x 60 cm Rp270.000 per m2
Marmer Blue Marlin 120 x 60 cm Rp390.000 per m2
Kelud Crema Onix Acid 60 x 60 cm Rp300.000 per m2
Kelud Crema Onix Acid 120 x 60 cm Rp375.000 per m2
Marmer Cream Tulungagung 60 x 60 cm Rp420.000 per m2
Marmer Cream Tulungagung 120 x 60 cm Rp450.000 per m2
Baca juga  Info Terbaru Harga Hardboard (HDF) per Lembar

Informasi harga marmer daftar harga marmer Tulungagung per m2 di atas didapatkan dari berbagai sumber, termasuk distributor marmer Tulungagung. Namun, perlu diketahui bahwa informasi harga marmer Tulungagung tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga marmer Tulungagung saat ini ada yang naik dan ada yang turun. Harga marmer Kawi Agung Sejajar ukuran 120 x 60 cm misalnya, semula Rp390 ribu per m2 dan sekarang sedikit turun menjadi Rp380 ribuan per m2. Sebaliknya, harga marmer Java Rosso 60 x 60 cm naik dari Rp340 ribu menjadi Rp400 ribu per m2.

Apabila Anda tertarik untuk menghias rumah Anda dengan lantai marmer Tulungagung, Anda bisa langsung menghubungi distributor marmer Tulungagung terdekat. Pasalnya, ada beberapa seri marmer Tulungagung yang kemungkinan dijual dengan harga relatif mahal, sehingga untuk mengetahui informasi harganya Anda harus menghubungi pihak distributor marmer Tulungagung terlebih dahulu agar memperoleh penawaran yang spesial.

[1] Kurniawati, Selma dan Anastasia Dewi Titisari. 2019. Rekomendasi Pemanfaatan Marmer Berdasarkan Karakteristiknya. Indonesian Journal of Community Engagement Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Vol. 5(2): 251-266.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *