Info Terbaru Harga Tambah dan Isi Ulang Freon R32

Per 1 Januari 2015 lalu, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) menetapkan aturan bahwa setiap produsen AC wajib memakai freon atau refrigerant R32 yang diklaim lebih ramah lingkungan dibandingkan teknologi sebelumnya, yakni R22. Nah, jika Anda sudah menggunakan freon jenis ini dan ingin melakukan isi ulang atau refill maupun tambah freon, harganya saat ini mulai ratusan ribu rupiah, namun ada juga yang di bawahnya.

Tabung freon R32 (sumber: indo-makmur.com)
Tabung freon R32 (sumber: indo-makmur.com)

Ketentuan pemerintah untuk menggunakan freon AC R32 bukan tanpa alasan. Pasalnya, freon AC R22 dianggap mengandung bahan Hydro Chloro Fluoro Carbon (HCFC) yang berpotensi merusak lapisan ozon di permukaan bumi. Karena itu, kini beberapa merek AC ternama seperti Panasonic, Sharp, Daikin, dan sebagainya, biasanya telah menggunakan AC berteknologi R32.

Bacaan Lainnya

Freon R32 kabarnya pertama kali ditemukan oleh Daikin Jepang dan digunakan untuk produk mereka mulai tahun 2013 lalu. Freon jenis ini dikatakan lebih baik dari freon R410A, apalagi R22, dalam hal potensi pemanasan global. Freon R32 dianggap lebih ramah terhadap lingkungan karena memiliki nilai GWP (Global Warming Potential) yang lebih rendah dan angka index pendinginan yang lebih tinggi dibanding R22 maupun R410A. 

Baca juga  Biaya PPKB UI Tahun 2022 (Vokasi, S1 Paralel, Talent Scouting)

Freon R32 memang dikenal ramah lingkungan, namun freon jenis ini rupanya memiliki sejumlah kelemahan. Misalnya saja proses pengisian freon yang lebih rumit dibandingkan jenis freon R22 atau R410A. Selain itu, freon R32 juga memiliki sifat mudah terbakar (flammable) walaupun tak sampai menyebabkan AC meledak atau mengalami kebakaran besar, sebab tekanan gas freon R32 kabarnya lebih tinggi dibandingkan freon R22 atau R410A. Untuk mengakali hal tersebut, pemasangan AC dengan freon R32 biasanya menggunakan pipa tembaga dengan ketebalan minimal 0,6 mm.

Kemudian, pipa AC freon R32 juga harus di-vacuum dulu dengan durasi 10-15 menit agar tidak ada debu atau air yang menempel di dinding pipa tembaga. Sekalipun pipa AC masih dalam kondisi baru, ternyata Anda harus melakukan proses vacuum supaya tak ada debu sama sekali di dalam pipa. Pasalnya, oli kompresor yang menggunakan freon R32 dikenal cukup sensitif terhadap uap air dan debu.

Freon pada AC sendiri memang harus rutin dicek. Jika freon telah habis, atau hampir habis, Anda disarankan untuk segera melakukan isi ulang (refill). Pasalnya, jika hal tersebut dibiarkan, maka akan mengakibatkan kerusakan pada AC secara keseluruhan. Nah, berikut kami sajikan informasi terbaru mengenai harga isi ulang freon AC R32 di pasaran.

Baca juga  Update Daftar Harga Helm GIX di Pasaran (Semua Tipe)

Harga Tambah & Isi Ulang Freon R32

Keterangan Harga
Tambah Freon R32 0,5 PK – 1 Rp225.000 per unit
Tambah Freon R32 1,5 PK – 2 Rp250.000 per unit
Isi Ulang Freon R32 0,5 PK – 1 Rp350.000 per unit
Isi Ulang Freon R32 1,5 PK – 2 Rp400.000 per unit
Isi Ulang Freon R32 2,5 Rp750.000 per unit

Apabila dibandingkan dengan tahun 2020, harga tambah dan isi ulang freon R32 tahun 2021 dan 2022 ini tak jauh berbeda. Hanya saja, untuk jasa tambah freon R32 1,5 PK – 2 yang berkisar mulai Rp350 ribu tahun 2020, jadi lebih murah mulai Rp275 ribu tahun 2021, dan turun lagi menjadi Rp250 ribu tahun 2022.

Freon R32 Baru Beli - padiumkm.id
Freon R32 Baru Beli – padiumkm.id

Daftar harga tambah dan isi ulang AC freon R32 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk jasa service AC. Harga tambah dan isi ulang AC freon R32 relatif tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalaupun ada kenaikan, tidak terlalu signifikan, cuma sekitar Rp20 ribu hingga Rp50 ribuan per unit.

Baca juga  Persyaratan dan Harga Franchise KFC Terkini

Apabila Anda ingin mengetahui informasi yang lebih jelas seputar biaya atau tarif isi freon R32, Anda bisa langsung menghubungi jasa isi freon AC yang ada di tempat tinggal Anda. Jasa isi freon R32 biasanya tersebar di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan lain-lain.

Cara Isi Freon AC

Sebenarnya, jika Anda terampil, mengisi freon AC tidak sesulit yang dibayangkan. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka penutup pentil, lalu pasang selang manifold ke dalam kompresor. Jika Anda menggunakan freon R32 atau R410A, sebaiknya siapkan sambungan ujung manifold yang sesuai ukuran pentil pada AC. Selain itu, selang yang dipasang harus sesuai.

Kemudian, isi freon AC Anda dan lakukan secara perlahan, jangan tergesa-gesa. Buka katup manifold dan perhatikan jarum manifold. Ingat, jangan buka manifold secara penuh, sedikit saja dan tahan lalu tutup lagi. Saat pengisian di angka 30-40 psi, pipa AC akan mengeluarkan es, tetapi Anda tidak perlu panik. Lakukan pengisian terus hingga bunga es hilang. Saat jarum sudah diatas 40 psi, maka es yang ada pada pipa akan hilang dengan sendirinya.

[Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.