Update Harga Gergaji Triplek Manual (Berbagai Merk)

Dalam dunia pertukangan, termasuk perkakas atau peralatan yang cukup penting. Bukan hanya untuk keperluan para pemilik bisnis mebel atau pertukangan, tetapi gergaji juga kerap menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga yang hampir ada di setiap rumah. Dijual dengan harga mulai puluhan ribu rupiah, gergaji bermanfaat sebagai alat pemotong berbagai material seperti , triplek, pipa, hingga besi. Jenis gergaji yang digunakan untuk material tertentu biasanya akan berbeda-beda, disesuaikan dengan ketebalan material dan kepadatan material itu sendiri.

Bacaan Lainnya
Gergaji Coping Saw untuk memotong bagian sempit (sumber: jaycustomcreations.com)

Gergaji yang diperjualbelikan di pasaran ada bermacam-macam. Beberapa dari Anda mungkin akan kebingungan, terlebih karena bentuk dan ukuran gergaji yang bervariasi. Nah, agar Anda lebih paham dan tidak keliru sebelum membeli Anda bisa menyimak penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis, fungsi, dan daftar harga gergaji berikut ini.

Jenis Gergaji dan Fungsinya

  • Gergaji Handsaw. Handsaw atau yang juga kerap disebut ripsaw adalah jenis gergaji yang berfungsi untuk memotong dan membelah kayu. Mata gergaji handsaw biasanya berukuran besar, sehingga dapat digunakan memotong kayu yang agak . Namun, gergaji jenis handsaw dirancang hanya untuk memotong kayu dengan jalur urat kayu yang searah. Selain itu, mata gergajinya pun tak bisa diganti, sehingga Anda perlu menggunakan kikir khusus untuk mengasah mata gergaji apabila nantinya mulai tumpul.
  • Gergaji Coping Saw. Gergaji satu ini memiliki tampilan yang cukup unik karena bentuknya menyerupai huruf ‘U’. Gergaji coping saw berguna untuk memotong bagian yang sempit. Biasanya, gergaji jenis ini dipakai untuk memotong tripleks dan papan. Namun, ada pula yang menggunakannya untuk memotong teflon lembaran. Mata gergaji jenis coping saw biasanya memiliki tekstur yang halus dan rapat. Kelebihannya, mata gergaji coping saw bisa diganti apabila sudah mulai tidak tajam lagi.
  • Gergaji Crosscut Saw. Crosscut saw adalah salah satu jenis gergaji yang juga kerap dipakai untuk memotong material kayu. Sesuai dengan namanya, crosscut saw umumnya digunakan untuk memotong kayu secara melintang dengan ujung yang saling ditarik oleh dua orang secara bergantian. Dibandingkan gergaji kayu biasa, harga gergaji jenis crosscut saw memang relatif lebih mahal.
  • Gergaji Keyhole Saw. Dibandingkan gergaji-gergaji yang lain, ukuran gergaji jenis keyhole saw memang relatif lebih kecil. Tampilan gergaji keyhole saw juga cukup unik. Biasanya, gergaji keyhole saw digunakan untuk memotong bagian yang mempunyai sudut kecil atau bagian-bagian yang sempit.
  • Gergaji Hacksaw. Sekilas, gergaji hacksaw memiliki penampilan yang hampir sama seperti gergaji coping saw. Namun, gergaji tangan ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu mata gergajinya paling rapat di antara jenis gergaji yang lain. Gergaji hacksaw kerap dimanfaatkan untuk memotong material seperti pipa dan . Namun, apabila mata gergaji mulai tumpul, maka Anda harus mengganti mata gergaji hacksaw dengan yang . Harga gergaji hacksaw juga relatif mahal dibandingkan gergaji-gergaji yang lain.

Secara umum, industri pertukangan mengenal gergaji jigsaw dan circular saw. Secara fungsi, gergaji mesin ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan model manual, yaitu ditujukan untuk membelah atau memotong kayu. Hanya, seperti namanya, gergaji mesin digerakkan dengan tenaga mesin atau listrik. Gergaji ini terdiri dari alat yang menggunakan logam pemotong yang keras atau kawat dengan tepi kasar untuk memotong bahan yang lebih lunak. Tepi logam pemotong terlihat bergerigi atau kasar.

Jigsaw juga sering disebut sebagai gergaji ukir, karena memang alat ini adalah sebuah mesin gergaji yang dapat digunakan untuk memotong atau menggergaji (kebanyakan kayu) dengan bentuk apa saja, mulai dari bentuk kurva yang melengkung-lengkung hingga yang lurus-lurus. Kelebihan mesin gergaji jigsaw adalah dapat memotong dengan pola yang tidak lurus karena gergaji lain rata-rata hanya bisa memotong dengan bentuk lurus.[1] Jika circular saw memiliki pergerakan mata gergaji berputar, maka pergerakan atau prinsip kerja mata gergaji pada jigsaw adalah naik dan turun ketika memotong bahan.[2]

Agar dapat memperoleh gambaran yang lebih rinci, terutama jika Anda memiliki keperluan untuk memotong material tripleks, Anda bisa mencari gergaji triplek manual di pasaran yang harganya lebih murah daripada gergaji listrik. Berikut ini kami sajikan informasi terbaru harga gergaji triplek manual yang ada di pasaran.

Harga Gergaji Triplek dan Kayu Manual

Gergaji triplek manual (sumber: woodcraft.com
Merk & Tipe Gergaji Harga
Gergaji Triplek U Rp16.500
SUNTECH Gergaji Tangan 18 Inch Rp40.000
Hasston Standard 18 Inch Gergaji Tangan Rp52.000
Nankai 108-02 Gergaji Mini Magic Saw Rp52.000
Sherlock 12 Inch Gergaji Tangan Rp54.000
Stanley 10 Inch Gergaji Tangan Hacksaw Mini Rp65.000
Tekiro Standard 18 Inch Gergaji Tangan Rp64.965
Tekiro Standard 20 Inch Gergaji Tangan Rp85.000
Tekiro Professional 18 Inch Gergaji Tangan Rp97.000
Tekiro Professional 20 Inch Gergaji Tangan Rp104.000
Cap Mata 18 Inch Gergaji Tangan Rp104.500
Sherlock Teflon 18 Inch Gergaji Tangan Rp108.100
Tekiro 12 Inch Gergaji Tangan Miter Kayu + Clamping Box Rp110.500
Nicholson 18 Inch Gergaji Tangan Rp142.500
Nicholson 20 Inch Gergaji Tangan Rp143.000
C-Mart 300 mm Gergaji Tangan Utility Rp148.480
Licota 250 mm Gergaji Tangan Rp232.500
Stanley 3-in-1 Gergaji Tangan Set Rp294.000
Generic 550 mm Gergaji Tangan Miter Rp350.000
Stanley 14 Inch Gergaji Tangan Miter Kayu + Clamping Box Rp362.000
Takagi Shark Saw General 12 Inch Gergaji Pullsaw Rp378.000
Takagi Shark Saw General 15 Inch Gergaji Pullsaw Rp476.000

Informasi daftar harga gergaji triplek manual dalam berbagai merk di atas didapatkan dari berbagai sumber, termasuk toko perkakas pertukangan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun lalu, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Harga Takagi Shark Saw General 15 Inch Gergaji Pullsaw misalnya, semula Rp460 ribu dan sekarang naik menjadi Rp476 ribu. Sementara itu, harga gergaji triplek U turun dari Rp31 ribu menjadi Rp16.500.

Ilustrasi: Gergaji Triplek Manual (sumber: popularwoodworking.com)

Apabila Anda sedang membutuhkan gergaji triplek manual, Anda bisa mencarinya di sejumlah toko perkakas atau toko bahan bangunan yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Namun, jika Anda kesulitan menemukannya di toko-toko perkakas terdekat, Anda juga bisa membeli gergaji triplek manual secara online di sejumlah situs e-commerce yang ada di Indonesia. Perhitungkan pula ongkos kirim (ongkir) gergaji dari lokasi penjual hingga sampai ke tangan Anda. Sebab, biasanya beberapa gaji mungkin memiliki ukuran yang berat atau akan dihitung dalam satuan volume lantaran memiliki bobot yang ringan tetapi ukurannya relatif besar. (Panca)

[1] Hargiyarto, Putut, dkk. Optimalisasi Mesin Gergaji Bolak Balik Merk Great Captain 1978 dengan Material Lokal untuk Mendukung Proses Pembelajaran di Bengkel Fabrikasi JPTM FT UNY (Artikel Penelitian). Jurusan Pendidikan Mesin FT UNY.

[2] Syaryadhi, Mohd., et all. 2007. Sistem Berat Menggunakan Sensor Load Cell. Jurnal Rekayasa Elektrika, Vol. 6(1).

Pos terkait