Cara Budidaya, Update Harga Bibit, & Buah Pepaya California

Anda mungkin sudah pernah mencicipi lezatnya pepaya california. Selama ini, banyak yang beranggapan bahwa pepaya California adalah buah asal Amerika Serikat. Padahal sebenarnya, pepaya california adalah buah hasil rekayasa atau pemuliaan Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, seorang ilmuwan dari Pusat Kajian Buah Tropika, Institut Pertanian Bogor (IPB). Saat ini, buah pepaya california sudah banyak dijual di supermarket terdekat dengan harga relatif terjangkau, begitu juga dengan bibit pepaya tersebut.

Pepaya California (sumber: exportersindia.com)
Pepaya California (sumber: exportersindia.com)

Pepaya california sendiri mulanya diberi nama pepaya calina, tetapi saat dilepas ke pasaran, para pedagang lebih sering menyebutnya pepaya california. Dari segi manfaat, pada dasarnya buah pepaya california memiliki manfaat yang hampir sama seperti pepaya pada umumnya.

Bacaan Lainnya

Namun, dibanding buah pepaya lokal, pepaya california memiliki sejumlah kelebihan, seperti bisa dipanen pada umur 7-9 bulan dengan frekuensi panen yang bisa dilakukan seminggu sekali selama 3-4 tahun. Oleh sebab itu, pepaya california disebut-sebut bibit buah jenis unggul yang sangat menguntungkan petani. Berikut informasi cara menanam buah pepaya california.

Cara Budidaya Pepaya California

Ilustrasi: budidaya buah pepaya california
Ilustrasi: budidaya buah pepaya california (sumber: kurva.co.id)

Penyemaian Bibit

Tanaman pepaya diperbanyak secara generatif menggunakan biji yang dapat diusahakan sendiri dengan mengambil biji dari buah yang masak pohon dan sehat. Caranya dengan memotong 1/3 bagian buah pangkal dan mengambil biji dari 2/3 buah di bagian ujung untuk dijadikan benih.

Persiapan dan Pengolahan Lahan

Persiapan dan pengolahan lahan adalah mempersiapkan lahan agar kondisi lahan sesuai untuk pertumbuhan tanaman pepaya. Kegiatan yang dilakukan dalam penyiapan lahan adalah membersihkan lahan dari bebatuan, gulma, dan sisa-sisa tanaman lainnya serta drainase yang baik.

Baca juga  Harga Burung Puyuh Petelur Indukan dan Anakan Terkini

Lakukan pengolahan tanah dengan mencangkul dan meratakan tanah, kemudian dicampur dengan abu bekas bakaran kayu sawmill. Selanjutnya, buat lubang tanam, dengan tanah bagian atas diletakkan di sisi kanan dan tanah bagian bawah pada sisi kiri. Pada saat penanaman, timbunan tanah bagian bawah digunakan untuk menimbun terlebih dahulu diikuti dengan timbunan tanah bagian atas. Lubang tanam dibiarkan dan diangin-anginkan selama ± 1-2 minggu untuk mengurangi keasaman dan air. Lubang tanam dibuat dengan ukuran 60 x 60 x 50 cm, jarak lubang disesuaikan dengan jarak tanam 2,5 x 2,5 m atau 2,5 x 2,75 m. Populasi tanaman per hektare 1.200 pohon.

Pembuatan Bedengan/Galangan

Bedengan atau galangan dibuat dengan panjang disesuaikan kondisi lahan, lebar 1-1,5 m, tinggi pada tahun pertama 30-40 cm, dan jarak antar bedeng 1 meter dengan arah bedengan disesuaikan dengan arah aliran air. Di tengah bedengan, dibuat lubang tanam yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran bibit dengan jarak antar lubang 2,5-2,75 m dalam barisan.

Penanaman

Penanaman pepaya california dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan benih yang langsung ditanam dan dengan menggunakan bibit. Jika menggunakan benih langsung ditanam, sebanyak 2-3 biji per lubang tanam. Apabila penanaman menggunakan bibit, maka dilakukan dengan memindahkan bibit dari polybag yang telah berumur antara 1-1,5 bulan ke lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

Baca juga  Harga Gandum per Kg (Utuh, Kasar, Organik)

Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari (pukul 15.00 WIB). Untuk penanaman di beberapa lubang tanam, dianjurkan ditanami 2 bibit sekaligus untuk cadangan sulam apabila bibit mati atau untuk mengganti bibit yang menyimpang sifatnya.

Pemupukan

dasar yang digunakan adalah abu bekas bakaran kayu sawmill (abu bakar) sebanyak 20 kg per lubang tanam. Tanah diaduk dengan abu secara merata. Pupuk dasar ini diberikan 3-4 hari sebelum penanaman dilakukan. Pupuk susulan yang diberikan berupa pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 100 kg/ha untuk satu musim tanam. Penambahan abu setiap 3 bulan sekali masing-masing sebanyak 20 kg per tanaman.

Pemeliharaan

Penyiangan meliputi penyiangan gulma, dilakukan sebelum pemberian susulan (pupuk organik) atau sesuai dengan kondisi gulma, penyiangan dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan. Penyulaman dilakukan setelah tanaman berumur 1 bulan dengan menggunakan benih dengan umur yang sama. Pembumbunan dilakukan bersamaan dengan penyiangan gulma. Tujuan pembumbunan adalah untuk mengubur batang yang telah tinggi agar tidak mudah rebah serta merangsang pertumbuhan akar baru.

Panen dan Pasca Panen

Tanaman pepaya california dapat dipanen pertama setelah berumur antara 8- 9 bulan. Buah pepaya california dipanen pada waktu buah telah memberikan tanda-tanda kematangan, yaitu terdapat semburat warna kuning kemerahan 25% pada kulit buah bagian ujung.

Buah pepaya dipetik setelah semburat warna hijau kekuningan kurang dari 25% pada kulit buah bagian ujung. Panen buah sebaiknya dilakukan dengan cara memotong tangkai buah dengan menggunakan pisau tajam atau gunting pangkas, hindari buah luka dan bonyok, usahakan buah tersebut tidak sampai jatuh. Jika pohon mulai meninggi, pemetikan buah dilakukan dengan bantuan tangga.

Baca juga  Specs dan Update Harga Traktor Kubota L5018

Harga Bibit Pepaya California

Pohon pepaya california (sumber: biotrent.co.id)
Pohon pepaya california (sumber: biotrent.co.id)
Kemasan Bibit Pepaya California Harga
Botani Callina Bibit Pepaya California Isi 10 Rp10.000
IPB Mart Bibit Pepaya California Isi 30 Rp17.500
Sun-Grad’s Bibit Pepaya California 1 gr Rp22.000
Putri Bogor Bibit Pepaya California 1 gr Rp22.000

Harga Buah Pepaya California

Berat Pepaya California Harga (Rp)
Pepaya california per 100 gr 2.500
Pepaya california 1 kg 15.000
Pepaya california 1 buah 18.000

Pada tahun 2019, harga pepaya california berkisar antara Rp8 ribuan per kilogram atau Rp21 ribuan per buah. Pepaya california terpantau naik pada 2020 menjadi Rp9 ribu per kilo atau Rp13 ribuan hingga Rp22 ribuan per buah tergantung bobotnya. Namun, memasuki 2021, harga buah tersebut justru anjlok menjadi Rp12.800 saja per kilo. Bahkan, ada pula penjual yang menawarkan seharga Rp10 ribuan per kg. Sementara itu, tahun 2022, harga buah pepaya california mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, pepaya california 1 kg yang dibanderol Rp12.800 tahun 2021, naik menjadi Rp15.000 di tahun 2022.

Buah pepaya california bisa dibeli dengan mudah di sejumlah pasar tradisional, pusat perbelanjaan atau supermarket besar seperti Hypermart, Superindo, Transmart Carrefour, hingga di beberapa minimarket layaknya Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi. Namun, perlu diingat bahwa harga pepaya california bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu dan bisa saja berbeda-beda, tergantung promo atau penawaran dari pihak penjual.

 

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.