Update Biaya Tes Fungsi Ginjal di Rumah Sakit dan Laboratorium

Semua organ tubuh pada manusia memiliki fungsi dan peranannya masing-masing. Ginjal termasuk organ tubuh penting yang berfungsi menyaring atau membersihkan , zat-zat tubuh yang tidak berguna, dan toksik dalam yang dikeluarkan melalui urine atau air kencing.

Ureum dan kreatinin merupakan zat toksik hasil metabolisme protein yang harus dikeluarkan oleh ginjal. Namun bila ginjal Anda mengalami atau kerusakan, maka kadar zat toksik dalam darah tersebut akan terus meningkat dan berpotensi meracuni tubuh Anda. Oleh sebab itu ureum dan kreatinin selama ini kerap dipakai untuk memeriksa apakah ginjal Anda mengalami masalah atau tidak.

Tes Fungsi Ginjal - www.alodokter.com

Tes Fungsi Ginjal - www.alodokter.com

Ginjal yang memiliki kemampuan untuk membersihkan darah sekitar 100 ml per menit atau 150 liter dalam sehari. Namun pola hidup serta keturunan bisa mempengaruhi kemungkinan seseorang menderita gagal ginjal atau tidak. Penurunan fungsi ginjal bisa terjadi secara tiba-tiba atau perlahan seiring berjalannya waktu. Ada berbagai penyebab atau risiko yang dapat menyebabkan gangguan fungsi pada ginjal, antara lain:

  • Diabetes, hipertensi
  • Batu, infeksi ginjal
  • Kista, tumor ginjal
  • Penyakit auto imun (alergi terhadap sel tubuh sendiri)
  • Asam urat, kolesterol tinggi
  • Bahan kimia, logam berat
  • -obatan tertentu
  • Genetik
  • Obesitas
  • Usia lanjut

Ada sejumlah tes atau pemeriksaan di laboratorium yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui fungsi ginjal Anda. Antara lain dengan tes kreatinin yang secara normal nilainya dalam darah kurang dari 1,3 mg/dl, kemudian tes ureum yang nilai normalnya dalam darah antara 10 hingga 40 mg/dl, tes asam urat untuk mengetahui kemungkinan gout, dan Creatinin Clearance Test (CCT) yang dapat mengetahui kemampuan fungsi ginjal secara lebih teliti dalam menyaring atau membersihkan darah dengan nilai normal CCT 80 hingga 110 ml/menit.

Biaya Tes Fungsi Ginjal - www.huffingtonpost.ca

Tes Fungsi Ginjal - www.huffingtonpost.ca

Berikut ini kisaran biaya tes fungsi ginjal di rumah sakit yang ada di Indonesia:

Rumah SakitKisaran Biaya Mulai
RS Premier BintaroRp 63.000
Siloam Hospitals BogorRp 92.000
Siloam Hospitals SurabayaRp 42.000
RS Awal Bros TangerangRp 57.000
RSAL Dr. Ramelan SurabayaRp 31.500
Columbia Asia Hospital SemarangRp 72.250
RS Mitra Keluarga BekasiRp 701.000
RSU Firdaus JakartaRp 70.000
RS Permata DepokRp 61.000
RS Yadika Pondok BambuRp 49.508
RS Immanuel BandungRp 45.000
RS Dinda TangerangRp 38.500
Klinik Panacea BalikpapanRp 35.000

Di Klinik Geo Medika Waru, Sidoarjo, biaya tes fungsi ginjal lebih murah lagi. Untuk tes ureum/bun, kreatinin, atau asam urat, biaya dipatok sama, yakni Rp 23 ribuan. Tak perlu khawatir, sebab di berbagai kota kini sudah ada banyak rumah sakit, klinik, dan laboratorium yang melayani pemeriksaan fungsi ginjal dengan akurat dan tentunya dengan biaya yang kompetitif.

Untuk mengetahui lebih detail seputar biaya tes fungsi ginjal, Anda bisa menghubungi langsung fasilitas yang ada di kota Anda. Sebab biaya tes antara satu kota dengan yang lain bisa saja berbeda.

[Dian]

Baca juga  Info Terbaru Biaya & Produk Perawatan Rambut di Erha Clinic
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Biaya Tes Fungsi Ginjal di Rumah Sakit dan Laboratorium"