Update Kisaran Biaya Rontgen Gigi di Laboratorium Parahita

Rontgen atau x-ray gigi adalah gambar gigi, tulang, dan jaringan halus pembentuk gigi untuk membantu dokter menemukan masalah pada gigi, mulut, dan rahang Anda. Hasil rontgen dapat menunjukkan lubang pada gigi, struktur gigi yang tersembunyi (seperti gigi bungsu), dan pengeroposan tulang yang tidak terlihat saat pemeriksaan visual. Sudah ada banyak laboratorium yang menyediakan layanan tersebut, salah satunya Parahita Diagnostic Center, dengan biaya berkisar ratusan ribu rupiah.

Rontgen Gigi di Laboratorium - lohmanndental.com
Rontgen Gigi di Laboratorium – lohmanndental.com

Fungsi Rontgen Gigi

  • Mendeteksi lubang pada gigi yang tidak dapat terdeteksi hanya melalui pemeriksaan klinis atau dilihat secara langsung.
  • Dapat memantau perkembangan dan pertumbuhan gigi anak yang belum tumbuh dan masih terdapat di dalam tulang rahang.
  • Mendeteksi adanya kelainan pada tulang rahang dan kelainan di dalam gusi.
  • Mendeteksi adanya kelainan berupa tumor.
  • Mendeteksi gigi yang tidak tumbuh secara sempurna/gigi impaksi seperti ditemukan pada banyak kasus gigi geraham bungsu.
  • Mendapatkan gambaran jelas mengenai posisi geraham bungsu yang miring/impaksi, serta bentuk dan jumlah akar gigi.
Baca juga  Update Biaya Sterilisasi Kucing Jantan dan Betina

Jenis atau tipe rontgen gigi ada bermacam-macam, mulai dari panoramic x-ray yang menunjukkan gambar rahang secara luas beserta gigi, sinus, are hidung, dan persendian pada rahang. Kemudian, ada bitewing x-ray yang menunjukkan gigi belakang di rahang bawah dan atas serta posisi gigi saat mengatupkan rahang, periapical x-ray menunjukkan keseluruhan gigi, occlusal x-ray menunjukkan langit-langit dan dasar mulut, serta digital x-ray dapat dialihkan ke monitor untuk direkam dan disimpan dalam bentuk digital.

Bacaan Lainnya

Lalu, kapan sebaiknya Anda melakukan rontgen gigi? Rontgen gigi dapat dilakukan untuk mencari masalah dalam mulut, mencari gigi yang tidak tumbuh di tempat yang seharusnya, menemukan kista, tumor, atau abses, menjadwalkan terapi untuk gigi berlubang parah, bedah akar gigi, gigi, dan operasi cabut gigi, hingga merencanakan terapi untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi.

Hasil Rontgen Gigi di Laboratorium - riadental.com.au
Hasil Rontgen Gigi di Laboratorium – riadental.com.au

Saat ini sudah banyak laboratorium medis yang menyediakan layanan rontgen gigi dengan peralatan yang canggih. Biasanya, hasil foto rontgen gigi tersebut tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk bisa Anda terima. Jika melakukan rontgen pada pagi hari, beberapa laboratorium sudah bisa menunjukkan hasilnya kepada pasien pada sore hari atau keesokan harinya.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya USG 4D untuk Kehamilan

Saat ini, sudah ada banyak laboratorium yang menyediakan layanan rontgen gigi, salah satunya Parahita Diagnostic Center. Ini adalah laboratorium kesehatan yang telah menyebar di banyak kota, termasuk Bandung, Bekasi, Tangerang, Banyuwangi, Jakarta, Gresik, Jember, Makassar, Malang, Palembang, Semarang, Sidoarjo, Solo, Surabaya, dan Yogyakarta.

Dari sekian banyak layanan rontgen, salah satunya yang sering menjadi rujukan pasien adalah rontgen panoramic. Foto panoramic ditujukan untuk melihat kondisi gigi sebelum pasien memutuskan untuk memasang behel. Dengan melakukan rontgen, akan diketahui jenis behel apa yang paling tepat digunakan sehingga susunan gigi menjadi lebih rapi.

Biaya Rontgen Gigi Parahita

Menurut pihak Parahita Diagnostic Center lewat direct message di akun Instagram resminya, biaya rontgen gigi panoramic sekarang dipatok Rp295.000 per orang untuk cabang Malang. Laboratorium Parahita beroperasi setiap Senin sampai Jumat mulai jam 06.00 hingga 21.00 WIB, sedangkan hari Sabtu buka mulai jam 06.00 sampai 20.00 WIB. Untuk informasi lebih lengkap, bisa menghubungi nomor telepon 0811 3332 1888.

Baca juga  Update Tarif Cabut Gigi di Dokter Gigi

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *