Info Terbaru Harga Rekaman di Studio Musik Murah

1 comment42105 views

Bagi Anda yang bermusik, baik solo maupun dengan band, mungkin di benak Anda ada keinginan untuk melakukan rekaman lagu di studio musik. Dengan melakukan rekaman, Anda bisa mengetahui sampai sejauh mana bermusik Anda, apakah cocok didengarkan dan disebarluaskan ke masyarakat atau tidak. Selain itu, melakukan rekaman di studio musik juga bisa dijadikan sebagai momen kebersamaan dengan grup band Anda dan Anda juga bisa menjadikannya sebagai momen yang menyenangkan.

Biaya, harga, studio, musik, lagu, rekaman, recording, mixing, mastering, editing, perangkat, kualitas, murah, band, solo

Ilustrasi: proses rekaman di studio musik

Dalam melakukan rekaman di di studio musik, ada 2 rekaman yang bisa Anda pilih, yaitu studio rekaman dan rekaman secara langsung/live. Untuk studio rekaman, dalam prosesnya, Anda perlu membuat rekaman guide. Dalam pembuatan rekaman guide, Anda perlu menggunakan metronome. ini memiliki fungsi utama untuk mengiringi ketukan dan membantu Anda untuk mencocokkan ketukan drum agar tidak bergeser. Hasil dari rekaman menggunakan metronome dipakai sebagai petunjuk tempo lagu.

Untuk rekaman langsung, dapat memakan waktu lebih lama dibanding studio rekaman. Rekaman langsung sendiri merupakan rekaman ketika semua personel band dan alat musik yang digunakan suaranya tidak bisa diedit. Dalam pembuatan rekaman, seringkali terdapat kasus kebocoran suara. Selain itu, sulit untuk menghasilkan suara yang bersih dan jernih ketika membuat rekaman dengan metode ini.

Dalam prosesnya, tidak jauh berbeda jika Anda melakukan rekaman seperti biasanya menggunakan alat perekam biasa. Perbedaannya hanya terdapat pada teknis. Secara teknis, semua personel band akan masuk satu per satu di studio dan secara bergantian memainkan perannya, kemudian direkam tanpa ada orang selain operator rekaman. Tidak hanya personel yang memegang alat musik, vokalis juga harus melakukan rekaman sendirian dengan mengikuti nada ketukan. Setelah semua melakukan rekaman, data rekaman yang diperoleh akan dimasukkan ke dalam file khusus.

Setelah itu, langkah terakhir sebelum menjadi kaset atau CD, hasil rekaman akan melalui proses mixing dan composing. Dalam proses ini, semua suara pada file digabung dan dijadikan satu dengan ritme yang sesuai. Sehingga, hasil rekaman sudah menjadi lagu dan dapat disimpan di media penyimpanan berupa kaset, memory, dan sebagainya. Dengan melakukan rekaman pula, Anda menjadi lebih tahu bagaimana cara membuat lagu hingga bisa didengarkan oleh banyak orang. 

Namun, sebelum merekam lagu di studio musik, satu hal yang menjadi ganjalan di pikiran adalah masalah biaya. Biaya untuk melakukan rekaman di studio musik memang bervariasi, tergantung perangkat untuk proses merekam dan kualitas rekaman yang dihasilkan. Semakin bagus perangkat dan kualitas rekaman, maka semakin mahal pula biaya yang harus dibayarkan.

Nah, bagi Anda yang memiliki bujet terbatas tetapi tetap menginginkan kualitas rekaman yang bagus, tidak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini sudah banyak studio musik yang menawarkan harga murah untuk proses rekaman lagu. Memang, persaingan antar-studio membuat banyak studio musik menawarkan tarif yang kompetitif, termasuk proses rekaman.

Biaya Rekaman di Studio Musik

Studio rekaman musik

Studio rekaman musik

Nama Studio MusikBiaya/Harga Rekaman (Rp)Keterangan
Oktaf Musik Pro Bekasi700.000 per shiftRekaman, dubbing
2.500.000 per laguProgram digital aransemen
2.500.000 per lagu

 

Program video clip
2.000.000 per laguSpot radio
MK Record Bandung700.000 per laguRecording 1 shift, mixing, mastering
800.000 per laguAransemen musik pro
400.000 per laguAransemen musik standar
100.000 per Penambahan instrumen
100.000 per trackTuning vocal
70.000 per laguRecording 1 jam
750.000 per lagu

 

Recording vocal, aransemen standar, mixing, mastering
1.200.000 per laguRecording 1 shift, mixing pro, mastering, tuning, vocal, aransemen
350.000 per laguRecording 1 shift
Next Label Recording Tasikmalaya175.000 per laguRecording, editing, mixing, mastering
175.000 per laguRecording, editing, mixing
175.000 per laguRecording, mastering
1.200.000 per album10 lagu
750.000 per album5 lagu
Rama Project Studio450.000 per shift Recording, editing, mixing, mastering
Rekam Sleman, Yogyakarta600.000 per lagu

 

Recording, mixing, mastering
5.300.00010 lagu
2.750.000 per album5 lagu
Backstage Music Studio Klungkung, Bali200.000 per shiftLewat 1 jam tambah Rp50.000
1.200.000 per lima laguRecording, editing, mixing, mastering
2.000.000 per 10 laguRecording, editing, mixing, mastering
Harmony Record Surabaya300.000 per shiftDurasi 4 jam
Sultranesia Record Malang500.000 per laguEditing, mixing, mastering
Starlight Music Studio, Duren Sawit, Jakarta Timur700.000 per shiftEditing, mixing, mastering
1.000.000 per laguEditing, mixing, mastering

Daftar biaya atau harga recording di atas kami rangkum dari situs resmi masing-masing studio musik. Daftar harga tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, biaya rekaman di studio musik berkisar Rp150.000 hingga Rp1.500.000.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Harga Burung Hantu Barn Owl (Anakan dan Dewasa)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    anto6 tahun ago

    REYAL MUSIK yg paling keren, murmer tapi top markotop, aransemennya juga canggih abis ane baca di blognya buatan reyal musik sempet masuk chart 3 besar dunia, mantap gan!.. o iye ada lagi, les dan kursus musiknya juga paling top deh dengan biaya miring abis, mo tambah yakin yooo googling aje..

    Reply

Leave a reply "Info Terbaru Harga Rekaman di Studio Musik Murah"