Update Biaya Pemeriksaan Electroencephalografi (EEG) di Rumah Sakit

Selain kondisi fisik, rupanya kesehatan otak seseorang juga perlu dijaga. Banyak yang disebabkan karena adanya aktivitas otak yang kurang stabil atau abnormal. Untuk mengetahui adanya kemungkinan permasalahan dengan saraf pusat Anda, biasanya tenaga medis akan menganjurkan Anda untuk menjalani sebuah pemeriksaan yang dinamakan EEG.

Hasil data pada pemeriksaan EEG (sumber: psychiatryadvisor.com)

Hasil data pada pemeriksaan EEG (sumber: psychiatryadvisor.com)

Electroencephalografi atau yang lebih sering disebut tes EEG adalah sebuah prosedur pemeriksaan medis untuk mengukur aktivitas sel saraf otak. Tes yang juga kerap disebut tes gelombang otak ini biasanya dilakukan dengan cara meletakkan elektroda pada kulit kepala. Prosedur pemeriksaan EEG tak menimbulkan rasa sakit dan bisa dilakukan tanpa harus mencukur rambut.

EEG dapat digunakan untuk mendiagnosis berbagai jenis indikasi seperti gangguan tidur, cedera kepala, infeksi otak, perdarahan otak, penyakit Alzheimer, degenerasi jaringan otak, kondisi metabolik yang mempengaruhi jaringan otak, epilepsi, kondisi hormonal yang mempengaruhi jaringan otak, gangguan tertentu dari sistem saraf pusat, stroke, tumor otak, kejang, dan sebagainya.

yang dianjurkan untuk menjalani tes EEG biasanya adalah -pasien yang mengalami kejang, tidak sadarkan diri, nyeri kepala sebelah menahun, gangguan gerak yang tidak terkendali, dan masih banyak lagi. Proses pemeriksaan EEG tergolong mudah, usai persiapan dan elektroda, aktivitas otak Anda akan diperiksa dalam kurun waktu sekitar 30 menit saja.

Sebelum menjalani pemeriksaan EEG, Anda biasanya akan diminta untuk mencuci rambut terlebih dahulu dan kondisi rambut harus benar-benar kering dan bebas dari gel, minyak rambut, atau conditioner supaya elektroda bisa melekat dengan baik. Beberapa juga biasanya menyarankan Anda untuk mengurangi durasi tidur selama beberapa jam, sebab saat menjalani tes EEG biasanya Anda akan diminta berada dalam posisi berbaring bahkan juga diminta untuk tidur ketika proses EEG berlangsung.

Electroencephalografi (EEG) - www.alamy.com

Electroencephalografi (EEG) - www.alamy.com

Jika ingin menjalani tes EEG, selain mencuci rambut Anda tak perlu melakukan persiapan apapun termasuk berpuasa. Sehingga Anda bisa tetap makan dan seperti biasa bahkan sesaat sebelum melakukan tes. Selain bisa digunakan untuk mendiagnosis orang dewasa, tes EEG juga bisa dilakukan untuk bayi hingga -anak karena tidak menimbulkan apapun.

Pemeriksaan rekam otak atau EEG cukup umum ditemui di besar. Namun demikian yang ditawarkan tentu merujuk pada kebijakan rumah sakit masing-masing. Ada yang hanya mematok biaya sekitar Rp650 ribuan, dan ada pula tempat yang mematok biaya EEG hingga mencapai Rp2 jutaan. Untuk mengetahui secara akurat biaya pemeriksaan EEG, Anda dapat menghubungi bagian pelayanan rumah sakit yang dituju.

Selain di tempat-tempat tersebut, pemeriksaan EEG juga bisa dilakukan di Hermina atau tempat lainnya. Perlu diketahui bahwa biaya EEG bisa berbeda-beda, tergantung dari kota dan lokasi rumah sakit tempat Anda melakukan pemeriksaan.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Info Dosis, Kegunaan, & Daftar Harga Obat Meloxicam
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Biaya Pemeriksaan Electroencephalografi (EEG) di Rumah Sakit"