Info Terbaru Biaya Grooming atau Memandikan Kucing

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan berbulu lebat seperti anjing atau , aktivitas grooming menjadi hal yang perlu dilakukan secara rutin. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan grooming? Grooming adalah kegiatan memandikan supaya bulunya bersih, wangi, dan terbebas dari kotoran atau kutu.

Grooming atau Memandikan Kucing - arenahewan.com

Grooming atau Memandikan Kucing - arenahewan.com

Grooming ini penting dilakukan, terutama untuk kucing-kucing dengan bulu lebat seperti jenis kucing Persia, anggora, atau jenis-jenis kucing berbulu lebat lainnya. Meskipun tampak sepele, grooming bisa membawa banyak manfaat bagi kucing kesayangan Anda. Selain dapat membuat kucing lebih bersih dan wangi, grooming juga dapat mencegah kucing terkena kulit.

Pada dasarnya grooming bisa dilakukan sendiri di , dengan bermodal shampoo atau sabun khusus kucing dan juga khusus seperti pengering bulu kucing, sisir atau sikat untuk merapikan bulunya, handuk, dan perlengkapan lain.

Meskipun sepintas terlihat mudah, ternyata memandikan kucing tetap saja butuh ketelatenan dan kesabaran. Pasalnya sebagian besar kucing biasanya kurang senang jika tubuhnya terkena . Nah, bagi Anda yang merasa kurang ahli atau tak punya banyak waktu untuk grooming atau memandikan kucing, Anda tak perlu resah. Saat ini sudah banyak petshop atau salon hewan yang menawarkan layanan grooming untuk kucing.

Tak tanggung-tanggung, layanan grooming kucing di pet shop atau salon khusus hewan biasanya dilakukan secara profesional dengan peralatan yang memang terjamin. Hasilnya pun umumnya relatif lebih memuaskan dibandingkan dengan grooming yang Anda lakukan sendiri di rumah. Sebagai gambaran, berikut ini informasi biaya grooming kucing di salah satu petshop yang ada di Cibubur, Jawa Barat.

Harga Grooming Kucing

Kategori Grooming KucingTarif
Mandi biasaKucing kecilRp50.000
Kucing besarRp120.000
Mandi anti kutuKucing kecilRp75.000
Kucing besarRp150.000
Mandi anti jamurKucing kecilRp75.000
Kucing besarRp150.000
Mandi kombinasiKucing kecilRp100.000
Kucing besarRp200.000
Mandi maintenanceKucing kecilRp200.000
Kucing besarRp325.000

Tarif di atas mengalami kenaikan harga dari tahun lalu. Misalnya saja, mandi biasa yang sebelumnya dibanderol mulai Rp40 ribu – Rp55 ribu kini naik menjadi Rp50 ribu – Rp120 ribu. Sama halnya dengan mandi kombinasi dari Rp95 ribu – Rp135 ribu berubah menjadi Rp100 ribu – Rp200 ribu. Biaya grooming tergantung dengan ukuran kucing yang Anda miliki.

Ilustrasi: grooming atau memandikan kucing (sumber: canaldopet.ig.com.br)

Ilustrasi: grooming atau memandikan kucing (sumber: canaldopet.ig.com.br)

Tak hanya memandikan kucing di pet shop saja, saat ini pun sudah ada jasa grooming kucing keliling atau panggilan. Misalnya saja grooming panggilan di Denpasar mematok biaya mulai Rp70 ribuan, di Tangerang biayanya mulai Rp40 ribu (belum termasuk ongkos transportasi), dan di Depok jasa semacam ini dipatok dengan biaya mulai Rp65 ribuan.

Harga Cukur Kucing

Kategori CukurBiaya
Cukur minorRp250.000
Cukur mayorRp300.000

Perawatan khusus cukur kucing juga mengalami kenaikan harga dari tahun lalu. Sebelumnya, Anda dapat melakukan perawatan ini dengan kisaran biaya mulai Rp30 ribu – Rp50 ribu sekali cukur. Namun saat ini, Anda harus merogoh kocek cukup besar mulai Rp250 ribu – Rp300 ribu tergantung kategori cukur yang dilakukan.

Informasi biaya grooming kucing di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu Anda ingat bahwa biaya grooming kucing bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, biaya grooming kucing di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung jenis layanan dan fasilitas yang diberikan.

[Update: Ditta]

Baca juga  Pilihan Merk dan Harga Cat Tembok Tahan Air
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Grooming atau Memandikan Kucing"