Info Terbaru Biaya Dan Cara Membuat Visa Jepang

No comment5996 views

Visa merupakan salah satu yang diperlukan sebagai syarat bagi Anda untuk dapat bepergian ke luar negeri, termasuk . Jika Anda masih pemula dalam mengurus visa, ternyata membuat visa cukup mudah, asalkan syaratnya lengkap.

Visa Jepang (sumber: japantimes.co.jp)

Visa Jepang (sumber: japantimes.co.jp)

Pengertian dari Visa sendiri yaitu sebuah rekomendasi yang diberikan kepada warga negara asing untuk dapat masuk ke negara Jepang dan bukan berarti izin mutlak atau jaminan untuk dapat masuk ke negara Jepang. Keputusan terakhir untuk dapat masuk atau tidak ke negara Jepang akan diberikan oleh pihak Imigrasi Jepang pada saat mendarat di Jepang.

Untuk membuat visa, pertama-tama Anda harus mengetahui jenis visa yang harus dimiliki, karena visa terdiri dari beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Keluarga
  2. Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Keluarga (apabila Pengundang adalah WN Jepang yang berdomisili di Indonesia)
  3. Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Teman
  4. Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri
  5. Visa Kunjungan Sementara Berkali-kali (Wisata)
  6. Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan
  7. Visa Khusus (Visa Pelajar/ Bekerja/ Pelatihan/ Menetap dalam jangka waktu tertentu)
  8. Visa Transit
  9. Visa Single Entry Untuk Tujuan Group Tour Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) Yang Diselenggarakan Oleh Travel Agent Yang Ditunjuk

Tiap jenis visa Jepang tersebut memiliki persyaratan dan biaya visa yang berbeda-beda. Menurut press release, sejak September 2017, Kedubes Jepang di Jakarta tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor, visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan. Semua pengurusan visa dilakukan di Japan Visa Application Centre (JVAC).

Biaya apply visa Jepang di JVAC yang harus dibayar oleh setiap aplikan per 1 April 2019 adalah sebesar Rp380 ribu untuk visa umum single entry, Rp770 ribu untuk visa umum double atau multiple entries, dan Rp90 ribu untuk visa umum transit. Nominal ini naik dari tahun 2018 yang sebesar Rp360 ribu untuk single entry, Rp720 ribu untuk multiple entries, dan Rp80 ribu untuk visa umum transit.

Biaya Visa

Ilustrasi: formulir pengurusan visa Jepang (sumber: city-cost.com)

Ilustrasi: formulir pengurusan visa Jepang (sumber: city-cost.com)

Jenis VisaTarif
Visa Single EntryRp380.000
Visa Multiple EntryRp770.000
Visa TransitRp90.000

Biaya pembuatan visa Jepang hanya dapat dibayar dengan uang tunai dan tidak melayani pembayaran dengan Kartu kredit. Tarif dan biaya pembuatan visa Jepang akan berubah setiap tgl 1 April. Tarif yang dikenakan disesuaikan dengan tanggal pengajuan.

Untuk cara membuat visa Jepang, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu mengurus permohonan visa menggunakan agen perjalanan wisata, atau pemohon mengurus permohonan visa sendiri dengan mendatangi Kedubes/Konjen Jepang pada hari kerja dengan membawa dokumen yang diminta/diperlukan.

Permohonan pembuatan Visa Jepang tidak bisa diterima, apabila seluruh persyaratan tidak dipenuhi/tidak lengkap. Dokumen-dokumen dan aplikasi yang perlu dilengkapi dalam pengajuan visa Jepang dapat Anda lihat di situs konsulat Jepang (id.emb-japan.go.jp/visa.html).

Di bawah ini adalah contoh dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi dalam mengajukan permohonan visa dengan tujuan wisata (biaya sendiri).

  1. Paspor.
  2. Formulir permohonan visa dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)
  3. Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  5. Bukti pemesanan (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  6. Jadwal Perjalanan (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)
  7. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dll (Bila pemohon lebih dari satu)
  8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan
  9. Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya
  10. Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).

Setelah permohonan diperiksa, apabila diperlukan dokumen lain sebagai tambahan, akan diminta kemudian. Permohonan visa hanya akan diproses di Konsulat yang sesuai dengan wilayah yurisdiksi masing-masing. Proses pembuatan visa minimal 4 (empat) hari kerja.

jenis, visa, Jepang, biaya, berbeda-beda, dua, cara, membuat, jasa, agen, perjalanan, wisata, sendiri, dokumen, jam, kerja, Kedubes, Konjen, kantor, konsuler, administrasi, per, 1 April 2017

Visa kunjungan ke Jepang

Mulai 15 September 2017, proses proses pengajuan maupun pengambilan visa dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI).

Pada dasarnya, Kedutaan Besar Jepang hanya akan menerima pengajuan visa antara lain:

  • Registrasi Bebas Visa (Visa Waiver) E-Paspor (bisa juga dilakukan di JVAC)
  • Visa Diplomatik dan Visa Dinas
  • Transfer Visa dari paspor lama ke paspor baru
  • Penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

Seluruh pengajuan visa maupun registrasi bebas visa di JVAC ini akan dikenakan biaya per paspor. Para aplikan membayar biaya visa dan biaya saat pengambilan visa. Bagi yang berdomisili di wilayah yurisdiksi Konsulat Jenderal Surabaya, Medan, Denpasar dan Konsuler Makassar, pengajuan tetap dilakukan di konsulat jenderal atau konsuler masing-masing

Jam kerja Bagian Visa

Baca juga  Syarat Administrasi & Cara Membuat Surat Izin Usaha Perorangan

Hari Senin-Jumat (kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan)

Pengajuan Permohonan Visa: pukul 08:30 - 12:00

Pengambilan Paspor: pukul 13:30 - 15:00

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia bagian Konsuler.

[Update: Galih Conainthata]

loading...
author
Peminat studi arsitektur yang saat ini sedang bergiat di dunia riset pasar, utamanya berkenaan dengan harga barang dan tarif jasa.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Dan Cara Membuat Visa Jepang"