Update Harga Zinc Tablet Generik 20 mg, Obat untuk Diare

Diare memang bisa sangat menjengkelkan, tidak hanya pada orang dewasa, melainkan juga pada anak-anak. Nah, untuk membantu para orang tua yang memiliki anak dengan diare, sudah banyak produsen yang meluncurkan obat untuk kebutuhan tersebut, salah satunya Zinc. Di pasaran dalam negeri, Zinc Tablet Generik ini sekarang ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Ilustrasi: anak mengonsumsi obat diare (sumber: linkpat.info)
Ilustrasi: anak mengonsumsi obat diare (sumber: linkpat.info)

Seperti diutarakan Alodokter.com, diare merupakan salah satu kesehatan yang sering dialami oleh anak usia di bawah lima tahun (balita). Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang masih bergulat dengan masalah tersebut. Berdasarkan survei dan riset kesehatan dasar oleh Kementerian Kesehatan, diare masih menjadi penyebab utama kematian pada balita, salah satunya karena penanganan yang tidak tepat.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, tanpa penanganan yang tepat, diare dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, daya tahan tubuh terhadap infeksi menurun, dan gangguan tumbuh kembang pada anak. Pada balita, diare yang parah dapat menimbulkan risiko menyebabkan dehidrasi hingga kematian, terutama penderita diare dengan daya tahan tubuh yang rendah atau kekurangan nutrisi di dalam tubuh.

Baca juga  Khasiat dan Harga Biovision untuk Mata Terbaru di Apotek

Nah, untuk membantu mengatasi diare pada balita, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan suplemen zinc, bersamaan dengan pemberian cairan untuk rehidrasi. WHO dan UNICEF merekomendasikan pemberian suplemen zinc selama 10 sampai 14 hari kepada balita yang mengalami diare akut. Dosis untuk bayi berusia di bawah enam bulan, pemberian suplemen zinc disarankan 10 mg per hari, sedangkan dosis pada balita adalah 20 mg suplemen zinc setiap hari.

Selain untuk mengatasi diare, zinc juga diklaim memiliki kemampuan melawan virus, seperti mengurangi gejala yang ditimbulkan rhinovirus pada common cold. Apalagi, zinc adalah mikronutrien yang memiliki peran penting sebagai mediator potensial dalam sistem pertahanan tubuh.[1] Suplemen ini pun dikaitkan dengan kemampuan melawan virus herpes (meski masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam), menjaga kesehatan mata, serta memperkuat fungsi imun dan penyembuhan luka.

Tidak susah menemukan suplemen zinc jika Anda membutuhkan produk ini, dan salah satu yang cukup populer adalah Zinc Tablet Generik produksi Indofarma. Ini adalah suplemen (atau obat) yang dikatakan mampu membantu mengatasi diare pada anak-anak di bawah usia lima tahun, mencegah atau mengobati dehidrasi dan untuk mencegah kekurangan nutrisi, serta mengurangi lama dan tingkat keparahan akibat dehidrasi.

Baca juga  Jenis dan Update Biaya Tes Buta Warna di Rumah Sakit
Zinc Tablet Generik - www.lazada.co.id
Zinc Tablet Generik – www.lazada.co.id

Harga Zinc Tablet

Varian Kemasan Zinc Harga (Rp)
Zinc 20mg Dispersible Tab Indofarma per tablet 1.000
Zinc 20mg Dispersible Tab Indofarma per strip 8.328
Zinc 20mg Dispersible Tab Indofarma per box 59.800

Tidak susah menemukan Zinc Tablet Generik. Anda bisa membeli obat ini di apotek, toko obat, maupun situs jual beli online. Pada 2019, Zinc Tablet Generik per strip dijual mulai Rp5.500 hingga Rp8.500, berubah menjadi Rp8.228 pada 2020, sedikit naik menjadi Rp8.554 tahun 2021, tetapi sedikit turun menjadi Rp8.328 di tahun 2022.

Untuk bayi berusia 6 bulan sampai balita di bawah lima tahun, dosis yang disarankan adalah 1 tablet per hari. Sementara, dosis untuk bayi berusia 2 sampai 6 bulan adalah setengah tablet setiap hari. Semua dosis tersebut diberikan selama 10 hari berturut-turut meskipun diare sudah berhenti. Namun, perlu diperhatikan juga efek samping yang mungkin ditimbulkan, seperti nyeri perut, dispepsia, mual dan muntah, iritasi lambung, serta gastritis.

Baca juga  Update Harga Benih Bayam (Berbagai Merk dan Kemasan)
Obat Diare untuk Anak - www.helpguide.org
Obat Diare untuk Anak – www.helpguide.org

[Almas]

[1] Maulia, Putri Hersya & Farapti. 2019. Status Zinc dan Peran Suplementasi Zinc terhadap Sistem Imun pada Pasien Hiv/Aids: A Systematic Review.  Media Gizi Indonesia Universitas Airlangga, Vol. 14(2): 115-122.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.