Saat ini, skuter matik dengan bodi dan mesin besar memang semakin digemari, tidak hanya di pasar luar negeri, melainkan juga di indonesia. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak pabrikan yang rajin merilis motor otomatis dengan bodi jumbo, salah satunya Yamaha. Pabrikan asal Jepang ini punya sederet skuter besar yang telah mengaspal di Tanah Air, salah satunya TMAX DX yang sekarang dilepas dengan harga sekitar Rp300 jutaan.
spesifikasi Yamaha TMAX DX
Produk ini pertama kali menyapa pasar Tanah Air sekitar bulan Desember 2017 lalu. Ketika pertama kali diluncurkan, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan bahwa untuk tahap awal, mereka mendatangkan 40 unit TMAX DX langsung dari Jepang pada bulan Februari 2018, dan 20 unit lagi pada bulan Maret 2018.
Skuter premium ini sebenarnya merupakan generasi penerus dari Yamaha TMAX yang diluncurkan pada tahun 2013 silam. Tidak banyak perbedaan yang terjadi pada Yamaha TMAX DX dengan generasi sebelumnya, hanya memiliki lebar yang lebih ramping, sehingga membuat tampilan model anyar tersebut berkesan lebih bongsor dan tentunya lebih gahar.
Hadir di segmen premium, desain skuter ini memang terlihat lebih fresh dan sporty, yang ditujukan untuk menarik konsumen kelas menengah ke atas. Pada sektor bodi depan, TMAX DX telah didukung dual LED headlamp yang dibentuk dengan desain ‘Eyelids’, lengkap dengan lampu sein yang terpasang manis pada bagian bawah lampu utama tersebut.
Untuk bagian samping, konsumen bakal menemukan lekukan dan garis tajam yang tegas. Selain itu, juga telah terdapat pijakan kaki yang nantinya akan memberikan kenyamanan kepada pengemudi dalam berkendara. Selain itu, perusahaan juga telah menyematkan jok dual set berukuran lebar, dengan posisi yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pengendara.
Mengusung bodi yang kekar, Yamaha TMAX DX disusun menggunakan rangka tulang punggung (underbone). Dimensi skuter matik itu sendiri adalah panjang 2.200 m, lebar 765 mm, dan tinggi 1.420 mm (1.555 meter dengan wind screen), dan memiliki jarak sumbu roda 1.575 mm serta ground clearance (jarak terendah ke tanah) 125 mm. Untuk berat, TMAX DX memiliki bobot hingga 216 kg, yang membuat skuter ini akan memberikan posisi handling yang ideal dan nyaman ketika dikendarai.
Dengan bobot yang besar, tentunya Yamaha TMAX DX juga harus disokong dengan kaki-kaki yang kokoh dan kuat. Karena itu, pabrikan asal Negeri Matahari Terbit telah membekali motor ini dengan suspensi model teleskopik fork dengan front travel 120 mm di sisi depan, serta suspensi tipe swing-arm dengan real travel 117 mm di bagian belakang.
Beralih ke bagian panel indikator, sebagai motor modern, tentunya Yamaha TMAX DX sudah dilengkapi dengan konsol speedometer yang modern dan futuristik. Di bagian ini, konsumen akan menemukan layar TFT yang membuat skuter tampak keren. Pada panel ini, terbagi menjadi tiga bagian, yaitu di kiri yang menampilkan kecepatan atau speedometer analog yang dihitung km per jam, bagian tengah berbentuk digital yang memberikan info mengenai odo meter, 2 trip meter, indikator bahan bakar, dan suhu atau temperatur mesin, serta sisi kanan yang memberikan info mengenai tachometer.
Sementara, untuk ruang dapur pacu, skuter ini menggendong mesin tipe forward-inclined parallel 2 silinder, teknologi DOHC, 4 katup, berkapasitas 530cc, liquid-cooled. Dengan modal tersebut, Yamaha TMAX DX diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 33,8 kW pada putaran 6.750 rpm dan menyentuh torsi puncak di angka 53 Nm pada putaran 5.250 rpm.
Tidak hanya mampu menghasilkan tenaga yang andal dan mumpuni, mesin pacu dari kendaraan ini juga sudah didukung teknologi fuel injection yang diklaim bakal mampu memberikan tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar sehingga membuatnya menjadi lebih irit. Bahkan, pabrikan pun membekali skuter ini dengan Dual Over Camshaft yang membuat proses pembakaran mesin menjadi lebih sempurna. Berikut spesifikasi teknis Yamaha TMAX DX.
Tipe Mesin | Forward-inclined parallel 2 silinder, teknologi DOHC, 4 katup, pendingin cairan |
Kapasitas Mesin | 530cc |
Diameter x Langkah | 68 mm x 73 mm |
Rasio Kompresi | 10,9:1 |
daya Maksimum | 33,8 kW @ 6.750 rpm |
Torsi Maksimum | 53 Nm @ 5.250 rpm |
Sistem Bahan Bakar | Fuel injection |
Sistem Transmisi | V-belt automatic |
Dimensi ( P x L x T) | 2.200 mm x 765 mm x 1.420 mm (1.555 mm dengan wind screen) |
Tinggi Jok | 800 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.575 mm |
Jarak ke Tanah | 125 mm |
Berat | 216 kg |
Kapasitas Bahan Bakar | 15 L |
Tipe Rangka | Underbone |
Suspensi Depan | Teleskopik 120 mm |
Suspensi Belakang | Swing-arm 117 mm |
Rem Depan | Hydraulic dual disc 267 mm |
Rem Belakang | Hydraulic dual disc 282 mm |
Ban Depan | 120/70-15 |
Ban Belakang | 160/60-15 |
Sistem Starter | Electric |
Harga Yamaha TMAX DX
Karena merupakan skuter premium dan didatangkan langsung dari Negeri Sakura, maka tidak mengherankan jika harga Yamaha TMAX DX tergolong mahal. Di pasaran Tanah Air, PT YIMM melepas skuter bongsor ini dengan harga Rp299.900.000 (OTR Jakarta), dan tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Sword Silver dan Phantom Blue.
Harga Yamaha TMAX SX
Selain varian TMAX DX, pabrikan Jepang juga memiliki model TMAX SX. Dirilis bersamaan dengan varian TMAX DX, sayangnya skuter matik ini masih belum mengaspal di pasaran Tanah Air. Mengusung spesifikasi mesin yang mirip dengan varian TMAX DX, di pasar Eropa, skuter matik tersebut sekarang dilepas di kisaran harga mulai 12.730 euro atau sekira Rp211,3 jutaan.