Harga Yamaha TMAX, Skuter Premium Bertubuh Bongsor

Saat ini, skuter matik dengan bodi dan besar memang semakin digemari, tidak hanya di pasar luar negeri, melainkan juga di . Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak pabrikan yang rajin merilis otomatis dengan bodi jumbo, salah satunya . Pabrikan asal Jepang ini punya sederet skuter besar yang telah mengaspal di Tanah Air, salah satunya TMAX DX yang sekarang dilepas dengan harga sekitar Rp300 jutaan.

Spesifikasi Yamaha TMAX DX

Produk ini pertama kali menyapa pasar Tanah Air sekitar bulan Desember 2017 lalu. Ketika pertama kali diluncurkan, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan bahwa untuk tahap awal, mereka mendatangkan 40 unit TMAX DX langsung dari Jepang pada bulan Februari 2018, dan 20 unit lagi pada bulan Maret 2018.

Yamaha TMAX - www.yamahamotorsports.com

Yamaha TMAX - www.yamahamotorsports.com

Skuter premium ini sebenarnya merupakan generasi penerus dari Yamaha TMAX yang diluncurkan pada tahun 2013 silam. Tidak banyak perbedaan yang terjadi pada Yamaha TMAX DX dengan generasi sebelumnya, hanya memiliki lebar yang lebih ramping, sehingga membuat tampilan anyar tersebut berkesan lebih bongsor dan tentunya lebih gahar.

Hadir di segmen premium, skuter ini memang terlihat lebih fresh dan sporty, yang ditujukan untuk menarik konsumen kelas menengah ke atas. Pada sektor bodi depan, TMAX DX telah didukung dual LED headlamp yang dibentuk dengan ‘Eyelids’, lengkap dengan lampu sein yang terpasang manis pada bagian bawah lampu utama tersebut.

Untuk bagian samping, konsumen bakal menemukan lekukan dan garis tajam yang tegas. Selain itu, juga telah terdapat pijakan kaki yang nantinya akan memberikan kenyamanan kepada pengemudi dalam berkendara. Selain itu, perusahaan juga telah menyematkan jok dual set berukuran lebar, dengan posisi yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Mengusung bodi yang kekar, Yamaha TMAX DX disusun menggunakan rangka tulang punggung (underbone). Dimensi skuter matik itu sendiri adalah panjang 2.200 m, lebar 765 mm, dan tinggi 1.420 mm (1.555 meter dengan wind screen), dan memiliki jarak sumbu roda 1.575 mm serta ground clearance (jarak terendah ke tanah) 125 mm. Untuk berat, TMAX DX memiliki bobot hingga 216 kg, yang membuat skuter ini akan memberikan posisi handling yang ideal dan nyaman ketika dikendarai.

Dengan bobot yang besar, tentunya Yamaha TMAX DX juga harus disokong dengan kaki-kaki yang kokoh dan kuat. Karena itu, pabrikan asal Negeri Matahari Terbit telah membekali motor ini dengan suspensi model teleskopik fork dengan front travel 120 mm di sisi depan, serta suspensi tipe swing-arm dengan real travel 117 mm di bagian belakang.

Beralih ke bagian panel indikator, sebagai motor modern, tentunya Yamaha TMAX DX sudah dilengkapi dengan konsol speedometer yang modern dan futuristik. Di bagian ini, konsumen akan menemukan layar TFT yang membuat skuter tampak keren. Pada panel ini, terbagi menjadi tiga bagian, yaitu di kiri yang menampilkan kecepatan atau speedometer analog yang dihitung km per jam, bagian tengah berbentuk digital yang memberikan info mengenai odo meter, 2 trip meter, indikator , dan suhu atau temperatur mesin, serta sisi kanan yang memberikan info mengenai tachometer.

Yamaha TMAX - commons.wikimedia.org

Yamaha TMAX - commons.wikimedia.org

Sementara, untuk ruang dapur pacu, skuter ini menggendong mesin tipe forward-inclined parallel 2 silinder, teknologi DOHC, 4 katup, berkapasitas 530cc, liquid-cooled. Dengan modal tersebut, Yamaha TMAX DX diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 33,8 kW pada putaran 6.750 rpm dan menyentuh torsi puncak di angka 53 Nm pada putaran 5.250 rpm.

Tidak hanya mampu menghasilkan tenaga yang andal dan mumpuni, mesin pacu dari ini juga sudah didukung teknologi fuel injection yang diklaim bakal mampu memberikan tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar sehingga membuatnya menjadi lebih irit. Bahkan, pabrikan pun membekali skuter ini dengan Dual Over Camshaft yang membuat proses pembakaran mesin menjadi lebih sempurna. Berikut spesifikasi teknis Yamaha TMAX DX.

Tipe MesinForward-inclined parallel 2 silinder, teknologi DOHC, 4 katup, pendingin cairan
Kapasitas Mesin530cc
Diameter x Langkah 68 mm x 73 mm
Rasio Kompresi10,9:1
Daya Maksimum33,8 kW @ 6.750 rpm
Torsi Maksimum53 Nm @ 5.250 rpm
Sistem Bahan BakarFuel injection
Sistem TransmisiV-belt automatic
Dimensi ( P x L x T)2.200 mm x 765 mm x 1.420 mm (1.555 mm dengan wind screen)
Tinggi Jok800 mm
Jarak Sumbu Roda1.575 mm
Jarak ke Tanah125 mm
Berat216 kg
Kapasitas Bahan Bakar15 L
Tipe RangkaUnderbone
Suspensi DepanTeleskopik 120 mm
Suspensi BelakangSwing-arm 117 mm
Rem DepanHydraulic dual disc 267 mm
Rem BelakangHydraulic dual disc 282 mm
Depan120/70-15
Ban Belakang160/60-15
Sistem StarterElectric

Harga Yamaha TMAX DX

Karena merupakan skuter premium dan didatangkan langsung dari Negeri Sakura, maka tidak mengherankan jika harga Yamaha TMAX DX tergolong mahal. Di pasaran Tanah Air, PT YIMM melepas skuter bongsor ini dengan harga Rp299.900.000 (OTR Jakarta), dan tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Sword Silver dan Phantom Blue.

Harga Yamaha TMAX SX

Selain varian TMAX DX, pabrikan Jepang juga memiliki model TMAX SX. Dirilis bersamaan dengan varian TMAX DX, sayangnya skuter matik ini masih belum mengaspal di pasaran Tanah Air. Mengusung spesifikasi mesin yang mirip dengan varian TMAX DX, di pasar Eropa, skuter matik tersebut sekarang dilepas di kisaran harga mulai 12.730 euro atau sekira Rp211,3 jutaan.

Baca juga  Harga Ban Motor Tubeless Ring 17 (All Merk)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Yamaha TMAX, Skuter Premium Bertubuh Bongsor"