Harga Yamaha R25, Sport Bike Modern Bermesin 250cc

Untuk urusan motor sport, Yamaha bisa dikatakan sebagai salah satu pabrikan terbaik. Perusahaan asal Negeri Matahari Terbit ini punya segudang untuk kategori sport bike. Nah, salah satu motor unggulan pabrikan berlogo garpu tala tersebut adalah model YZF-R25 dengan mesin 250cc, yang saat ini dilepas di pasaran Tanah Air dengan harga mulai Rp57 jutaan.

Bodi Sporty dan Stylish

Sepeda motor sport full fairing ini pertama kali diluncurkan pabrikan asal Negeri Sakura ke pasaran lokal sekitar tahun 2014 lalu. Menurut situs Wikipedia, sepeda motor ini merupakan satu-satunya motor sport seri YZF-R yang menggunakan rangka tipe pola berlian, sedangkan yang lainnya mengusung rangka Deltabox. Dirakit oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), motor ini kemudian diekspor ke berbagai negara seperti Jepang, AS, dan beberapa negara di Benua Eropa.

Bacaan Lainnya
Yamaha R25 - www.autos.id
Yamaha R25 – www.autos.id

Dari sisi eksterior, motor yang biasa disebut sebagai Yamaha R25 ini memang mengusung desain yang sporty sekaligus stylish. Bahkan, banyak yang beranggapan bahwa desain yang dibawa Yamaha R25 mirip dengan sepeda motor yang pernah dikendarai pembalap Jorge Lorenzo sewaktu menjadi juara dunia di kelas MotoGP.

Pada bagian depan, Anda akan menemukan dua unit headlamp atau lampu utama dengan desain yang sangat mewah. Disebut dengan Predator Headlight, kedua lampu utama tersebut dirancang dengan gaya mirip mata predator pemangsa, sehingga aura sport dan kegagahan dari sepeda motor ini semakin terpancar.

Baca juga  Update Harga Stabilizer Stang Ohlins Original dan KW

Beralih ke sektor samping, sebagian bodi Yamaha R25 tertutup dengan full fairing multi-layer yang kian mempertajam kesan sebagai kuda besi yang tangguh. Selain itu, motor ini juga didukung dengan tangki bahan bakar berkapasitas 14 liter yang didesain agak lebih tinggi, dengan sedikit sentuhan lembut namun tetap memperlihatkan ketegasan. Sementara, di bagian buritan, sudah terpasang tail light dengan LED, lengkap dengan dua lampu sein mewah.

Untuk kenyamanan para pengendara, perusahaan telah membekali Yamaha R25 dengan tempat atau jok model super sport split seat yang didesain anti-selip ala super sport sejati. Jok depan dan bagian belakang sengaja dibuat terpisah, dengan posisi jok belakang agak lebih tinggi dibandingkan bagian depan, sehingga menjadikan posisi riding tampak seperti pengendara balapan MotoGP.

Panel Indikator Multifungsi

Selain sektor bodi, Yamaha juga membekali seri R25 dengan panel indikator yang racy sekaligus stylish. Panel ini menampilkan indikator informatif dengan tampilan speedometer yang terbagi menjadi dua bagian. Sisi kiri menghadirkan info mengenai kecepatan rpm secara analog, informasi jam, indikator bahan bakar, dan oli, serta lampu netral. Sementara, di sisi kana, terdapat panel digital yang menampilkan kecepatan km per jam, trip meter, dan posisi gear.

Baca juga  Update Harga Tali Kabel Gas Yamaha Mio (Original & KW)

Rangka yang Kokoh

Memiliki desain yang sporty serta panel speedometer yang informatif, tidak lengkap rasanya jika Yamaha R25 tidak didukung dengan bodi dan rangka yang kokoh. Seperti diuraikan di atas, Yamaha sendiri membekali motor ini dengan rangka diamond. Meski tidak sekuat rangka Deltabox, namun, rangka diamond pada Yamaha R25 diklaim akan tetap membuat motor seimbang meski membawa beban yang berat.

Yamaha R25 - baomoi.com
Yamaha R25 – baomoi.com

Untuk membentuk desain yang sporty dan stylish, Yamaha menyusun rangka motor ini dengan panjang 2.090 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1.135 mm. Jarak roda adalah 1.380 mm, sedangkan jarak terendah ke tanah sekitar 160 mm, cukup tinggi untuk melewati polisi tidur dan medan jalan penuh dengan bebatuan besar. Ketinggian jok yang sekira 780 mm juga dirasa sudah cukup pas untuk rata-rata orang di Indonesia.

Kaki-Kaki yang Kuat

Sebagai motor sport yang modern, Yamaha tidak lupa menyematkan suspensi dan kaki-kaki yang kuat untuk R25. Di bagian depan, sudah terpasang suspensi model teleskopik, sedangkan sisi belakang mengandalkan suspensi tipe swing arm. Roda depan berukuran 110/70-17M/C, sedangkan roda belakang memiliki ukuran 140/70-17M/C.

Mesin yang Tangguh

Menginjak sektor jantung pacu, Yamaha tidak main-main dalam membekali sepeda motor yang satu ini. Di bagian jeroan, sudah terpasang mesin tipe 4-stroke, DOHC, dua silinder segaris, pendingin cairan, dengan kapasitas 249cc. Dengan modal tersebut, Yamaha R25 diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal di kisaran 26,5 kW pada putaran 12.000 rpm dan menyentuh torsi puncak di angka 22,6 Nm pada putaran 10.000 rpm via transmisi manual 6 percepatan.

Baca juga  Update Harga Cartridge Canon PIXMA iP2770 (Black dan Color)

Mengingat tenaga yang dikeluarkan cukup besar, Yamaha tidak lupa menyematkan pengaman untuk keselamatan pengendara. Untuk menghentikan putaran roda depan, sudah terpasang rem tipe cakram dengan piston ganda, sedangkan roda belakang ‘ditemani’ rem cakram dengan piston tunggal. Berikut spesifikasi teknis Yamaha YZF-R25.

Tipe Mesin 4-stroke, DOHC, 2 silinder segaris, liquid-cooled, fuel injection
Kapasitas Mesin 249cc
Diameter x Langkah 60 mm x 44,1 mm
Rasio Kompresi 11,6:1
Daya Maksimum 26,5 kW @ 12.000 rpm
Torsi Maksimum 22,6 Nm @ 10.000 rpm
Transmisi Manual, 6-speed
Sistem Starter Elektrik
Dimensi 2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Jarak Roda 1.380 mm
Jarak ke Tanah 160 mm
Tinggi Jok 780 mm
166 kg
Kapasitas Bahan Bakar 14 L
Tipe Rangka Diamond
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swing Arm
Ban Depan 110/70-17M/C
Ban Belakang 140/70-17M/C
Rem Depan Cakram hidrolik, piston ganda
Rem Belakang Cakram hidrolik, piston tunggal

Harga Yamaha YZF-R25

Di dalam situs resminya, Yamaha sekarang menawarkan model YZF-R25 dalam tiga tipe. Yamaha R25 tipe Standard dilepas dengan harga Rp57.000.000, tipe Movistar ditawarkan dengan harga Rp57.350.000, sedangkan Yamaha R25 ABS dipasarkan dengan harga Rp63.000.000. Semua harga tersebut sudah berstatus OTR Jakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.