Harga Wrought Iron Gate (Pagar Besi Tempa)

No comment 1364 views

Pagar merupakan salah satu bagian dari rumah, yang tidak hanya berfungsi sebagai pengamanan, tetapi juga dapat digunakan untuk mempercantik tampilan hunian. Saat ini, sudah banyak model pagar yang bisa dibuat, salah satunya wrought iron gate. Namun, karena cenderung mengusung desain klasik yang elok serta yang berkualitas, pagar memang tidak bisa dikatakan murah.

Wrought Iron Gate (Pagar Besi Tempa) - www.jonnylives.com

Wrought Iron Gate (Pagar Besi Tempa) - www.jonnylives.com

Wrought iron, atau besi tempa, sendiri merupakan jenis besi polos yang berbentuk kotak dan telah mendapatkan perlakuan khusus sehingga mampu menghasilkan tekstur atau bentuk tertentu. Selain digunakan untuk pagar rumah (biasanya pagar bagian depan), besi model ini juga lazim digunakan untuk pegangan tangga rumah dan lainnya.

Proses penempaan pada besi ini dilakukan ketika besi masih merah menyala. Proses tersebut dilakukan dengan cara dipukul-pukul. Kebanyakan, proses tempa dilakukan untuk membentuk besi agar sesuai dengan keinginan si pembuat. Pada saat besi masih berwarna merah membara ketika dibakar atau dipanaskan, saat itulah besi lebih mudah dibengkokkan atau dibentuk.

Besi tempa biasanya mengandung 0,5 persen karbon atau kurang dari itu. Ciri khas besi tempa adalah keras, tetapi mudah lentur. Besi ini tidak mudah di-lakur-kan (dicampurkan) sehingga berbeda dengan besi yang mentah. Besi tempa memiliki sejumlah kecil karbon sehingga jika ditajamkan dapat menjadi tirus, namun besi tersebut juga akan cepat kehilangan ketajamannya.

Dibandingkan besi cor yang rapuh dan mudah retak, besi tempa memiliki kekuatan dan kelenturan pada tingkat tertentu sehingga mudah dibentuk, namun tetap tahan lama. Kelebihan lainnya adalah besi tempa ini terlihat elegan dan bernilai seni, sehingga cocok bagi mereka yang ingin menampilkan kesan klasik dan mewah pada furniture rumah mereka.

Biasanya, furniture yang terbuat dari besi tempa tersedia dalam dua model, yaitu untuk penggunaan indoor dan untuk pemakaian outdoor. Patio furniture, kursi makan, dan berbagai jenis meja merupakan beberapa contoh furniture indoor yang bisa dibuat dari besi tempa. Sementara, furniture luar ruangan dari besi tempa umumnya memiliki lapisan yang tahan atau anti-karat, dan tersedia dalam bentuk datar atau model lipat yang bisa dirakit.

Khusus untuk pagar dari besi tempa, atau wrought iron gate, umumnya memang digemari masyarakat kelas menengah ke atas dan biasanya diaplikasikan pada rumah atau bangunan berukuran besar. Pagar model besi tempa memiliki ciri khas tersendiri, selain tampak kokoh, juga memiliki nilai seni yang tinggi berkat ukiran, model, atau bentuk yang dibuat.

Saat ini, sudah banyak jasa yang menawarkan pembuatan pagar dari besi tempa ini. Salah satu las menawarkan harga pembuatan pagar dari besi tempa mulai Rp700 ribu per meter, selain ada juga model yang ditawarkan dengan harga Rp900 ribuan per meter, Rp1,5 jutaan per meter, Rp1,8 jutaan per meter, Rp2,2 jutaan per meter, hingga Rp2.500.000 per meter.

Baca juga  Daftar Lengkap Harga Meteran Air Standar SNI
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Wrought Iron Gate (Pagar Besi Tempa)"