Harga Wortel per Kg di Berbagai Wilayah Indonesia

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sayuran bernama wortel. Sayuran dengan ciri khas warna oranye ini merupakan salah satu yang dikatakan punya banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan mata. Seperti halnya komoditas sayuran lainnya, wortel per kg memang berfluktuasi, dipengaruhi stok, permintaan pasar, dan juga cuaca atau musim.

Harga, wortel, komoditas, sayuran, kg, manfaat, kesehatan, mata, vitamin, jus, juicer, oranye, warna, cairan, pasar, stok, musim, cuaca, sehat

Wortel dijual di pasar

Dirangkum dari Wikipedia, wortel dikatakan sebagai biennial (siklus hidup 12 sampai 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

Manfaat Wortel

Wortel sendiri merupakan sayuran berwarna oranye yang banyak digemari, karena selain rasanya yang cenderung enak, juga memiliki manfaat yang berlimpah. Wortel bisa dimakan mentah, direbus, digoreng, dibuat jus, bahkan untuk campuran puding. Jika dibuat jus, kandungan vitaminnya dikatakan hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.

Dilansir dari Alodokter.com, manfaat wortel bagi kesehatan tubuh diperoleh dari kandungan beta-karoten di dalamnya, yang berguna sebagai antioksidan. Selain beta-karoten, manfaat wortel juga didapat dari kandungan serat, vitamin K, dan kalium. Wortel mengandung serat yang bisa memperbaiki kondisi saluran pencernaan yang terganggu seperti diare atau konstipasi.

Masih menurut sumber yang sama, kandungan paling banyak yang terdapat pada wortel adalah air dan karbohidrat. Wortel sedikit mengandung lemak dan protein, namun kaya akan vitamin, serta senyawa tanaman seperti alfa-karoten, lutein, polycetylenes, dan antosianin. Salah satu vitamin di dalam wortel adalah vitamin A dalam bentuk beta-karoten. Kandungan vitamin lain dari wortel antara lain:

  • Biotin, yang merupakan salah satu vitamin B ini sangat berperan penting dalam metabolisme lemak dan protein.
  • Vitamin K1, dikenal juga dengan nama phylloquinone, yang penting untuk pembekuan darah dan dapat menjaga kesehatan tulang.
  • Vitamin B6, bersama dengan vitamin B lain sangat berperan dalam mengubah makanan menjadi energi.
  • Kalium, merupakan mineral penting dalam membantu berbagai fungsi tubuh, sebagai sumber tenaga dan kekuatan , nutrisi bagi jantung, juga membantu mengendalikan tekanan darah.
Harga, wortel, komoditas, sayuran, kg, manfaat, kesehatan, mata, vitamin, jus, juicer, oranye, warna, cairan, pasar, stok, musim, cuaca, sehat

Mengolah wortel di

Kandungan vitamin A pada wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Karena itu, mengonsumsi wortel sangat disarankan khususnya bagi orang yang mengalami rabun senja atau buta malam hari. Memberikan wortel pada anak sejak dini, merupakan langkah yang baik untuk mencegah rabun senja. Di samping menjaga kesehatan mata, manfaat wortel lainnya bagi kesehatan di antaranya:

  • Dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, karena wortel kaya akan karoten sehingga efektif dalam perlindungan terhadap beberapa jenis kanker, baik kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker perut.
  • Dapat mengurangi tingkat kolesterol tinggi yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.
  • Dapat menurunkan berat badan karena dapat mengenyangkan, sehingga mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya.

Dari berbagai penelitian, sudah tidak diragukan lagi bahwa manfaat wortel sangat baik bagi kesehatan karena kandungan karoten dan zat gizi lain di dalamnya. Mengonsumsi wortel untuk mencukupi kebutuhan vitamin A sangat dianjurkan, dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen vitamin A. Pasalnya, suplemen vitamin A, terutama yang dosis tinggi, sebaiknya dikonsumsi hanya dengan rekomendasi dokter.

Wortel sendiri, seperti disampaikan di atas, dapat dikonsumsi dalam berbagai cara. Nah, salah satu cara mengonsumsi wortel yang banyak dilakukan masyarakat di Indonesia adalah dengan membuat jus wortel. Namun, sebelum memulai membuat jus wortel, sebaiknya Anda perhatikan beberapa tips berikut ini.

  • Pastikan Anda memilih wortel organik untuk membuat minuman jus sehat, dan rendam wortel pada mangkuk yang berisi campuran air hangat dan cuka sari apel sambil dibersihkan.
  • Setelah wortel dibersihkan, potong menjadi dua bagian wortel agar mudah ketika dimasukkan ke dalam alat juicer.
  • Kemudian, saat wortel dimasukkan pada alat juicer, letakkan cairan oranye dari wortel pada wadah cangkir.
  • Anda dapat menambahkan es batu dan juga perasan air lemon untuk membuat rasa jus menjadi lebih segar.

Mengonsumsi minuman sehat seperti jus wortel sangat bagus jika dikombinasikan dengan -buahan sehat lainnya seperti bit, nanas, apel, lemon, kiwi, dan semangka. Anda bisa menjadikan kebiasaan hidup sehat dengan mengonsumsi minuman jus wortel setiap hari agar mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan.

Seperti komoditas sayuran lainnya, harga wortel di memang tidak pasti. Terkadang, sayuran ini dijual dengan harga murah, namun ada kalanya dipasarkan dengan harga mahal. Harga wortel sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti permintaan pasar, pengaruh cuaca, hingga ketersediaan stok. Berikut kami sampaikan harga wortel per kg di beberapa daerah di Indonesia.

Harga Wortel

Ilustrasi: harga wortel per kg

WilayahHarga Wortel
AmbonRp46.600 per kg
Banyuwangi Rp10.000 per kg
Batam (Pasar Cahaya Garden, Bengkong)Rp17.000 per kg
BatuRp11.000 – Rp13.000 per kg
Bontang (Pasar Rawa Indah)Rp18.000 per kg
Cirebon (Pasar Kanoman)Rp15.000 per kg
Depok (Pasar Musi)Rp12.000 per kg
Jakarta Barat (Pasar Citra 5)Rp12.000 per kg
Jakarta Barat (Pasar Slipi) Rp12.000 per kg
Jakarta Utara (Pasar Warakas)Rp12.000 per kg
Karanganyar (Pasar Jungke)Rp10.000 per kg
Karangploso, Kabupaten MalangRp11.000 – Rp13.000 per kg
PekanbaruRp14.000 per kg
Samarinda (Pasar Segiri)Rp15.000 per kg
Solo (Pasar Legi)Rp13.000 per kg
Sukabumi Rp10.000 per kg
TubanRp10.000 per kg

Harga komoditas sayuran wortel di atas kami rangkum dari kondisi terkini menurut berbagai sumber di internet. Harga sayuran wortel tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung ketersediaan stok dan permintaan pasar. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke pasar tradisional atau supermarket terdekat di kota Anda.

Baca juga  Info Daftar Harga Mentega Putih (Shortening) dalam Berbagai Merek
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Wortel per Kg di Berbagai Wilayah Indonesia"