Update Harga Whipped Cream Cair (Semua Merek)

Whipped cream adalah krim yang sudah dikocok. Krim ini merupakan krim yang kadar lemak susunya tinggi sehingga kalau dikocok akan menjadi kental. Memiliki bentuk yang cair dengan warna putih, whipped cream tampilannya mirip seperti susu. Biasanya dijual dalam kemasan karton di pasar swalayan besar atau toko bahan kue dengan harga yang bervariasi tergantung ukuran kemasan.

Menurut bahan pembuatnya, krim kental atau whipped cream ini dibagi menjadi dairy dan non-dairy. Produk dairy berasal dari susu, sedangkan non-dairy bukan berasal dari susu. Dairy biasanya berbentuk cair, rasanya tidak manis dan lebih gurih. Non-dairy biasanya berbentuk bubuk dan ada juga yang cair, rasanya lebih manis daripada yang dairy.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Patissier Menghias Kue dengan Whipped Cream (credit: parmalatprofessional)
Ilustrasi: Patissier Menghias Kue dengan Whipped Cream (credit: parmalatprofessional)

Whipped cream atau yang disebut juga krim kocok adalah krim kental yang dibuat dari 30% lemak susu dan krim yang dikocok dengan menggunakan alat pengocok hingga berwarna putih cerah dan kaku. Whipped cream biasanya dijual dalam bentuk cair dan bubuk yang kemudian dicampur dengan air es sebelum dikocok.

Whipped cream yang cair biasanya memiliki rasa yang cenderung gurih dan tidak manis, sedangkan whipped cream bubuk rasanya cenderung manis. Dari segi ketahanannya, whipped cream bubuk jauh lebih tahan lama kakunya dalam suhu ruang, dalam artian, tidak gampang meleleh kembali. Sedangkan whipped cream cair cenderung mudah leleh dalam suhu ruang.

Fungsi whipped cream adalah sebagai salah satu bahan utama dekorasi cake, kue, dan minuman. Bisa juga dijadikan bahan filling dengan menambahkan perisa makanan seperti coklat, kopi, vanila, dan lain sebagainya. Selain untuk mempercantik tampilan makanan dan minuman, whipped cream yang rasanya enak juga bisa menambah cita rasa.

Baik whipped cream bubuk maupun cair, keduanya sama-sama harus dikocok dengan cepat dan stabil agar segera kaku. Menggunakan mesin pengocok biasanya hasilnya lebih cepat dan tidak membuat tangan pegal.Lama mengocok harus dicermati karena apabila sudah cukup kental kita harus berhenti mengocok. Bila terlalu lama, whipped cream akan terpisah dari cairannya dan “pecah”. Dan apabila sudah terjadi teksturnya akan rusak dan sulit untuk dioles atau dipakai.[1]

Baca juga  Info Terbaru Cara Membeli & Harga Pulsa Token Listrik di Alfamart

Whipped krim dibuat dari bahan dasar susu, sehingga susu pun dapat diperoleh dari whipped cream ini. Meski memang, kandungan lemaknya juga cukup banyak sehingga tidak disarankan konsumsi dalam banyak.

Whipped cream bisa menjadi semakin keras ketika dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Umumnya, yang bisa disimpan untuk diolah lagi adalah whipped cream yang belum dikocok. Baik itu cair maupun bubuk. Tapi, krim bubuk lebih tahan lama daripada krim cair. Untuk krim cair, begitu dibuka, paling lama tiga hari harus sudah dihabiskan, atau bisa juga mengocoknya kembali dan kemudian dibekukan di dalam freezer.

Untuk keperluan mendekor, krim kental non dairy dianggap lebih kokoh dan tahan lama di suhu ruang. Sementara krim kental dairy lebih cepat mencair di suhu ruang, namun rasanya lebih enak. Jadi untuk keperluan rasa, banyak orang biasanya menggunakan krim kental yang cair, tapi untuk kebutuhan filling dan dekor memakai yang berbentuk bubuk.

Whip cream cair dijual di pasar swalayan terkemuka di bagian lemari pendingin dekat dengan susu, mentega, atau bahan-bahan dairy product lainnya. Dikemas dalam tetra pak ukuran 200 ml, 250 ml, 500 ml, dan 1 liter.[2]

Selain krim kental yang biasa disebut whipped cream ini, sebenarnya ada juga yang berupa cooking cream. Di rak pendingin supermarket biasanya tertulis cooking cream, cream ini untuk olahan krim yang direbus atau dimasak supaya tidak pecah. Namun jenis cooking cream lebih sulit untuk ditemukan, maka biasanya diganti dengan penggunaan whipped cream.

Merek Whipped Cream di Pasaran

Anchor UHT whipping cream (sumber: chinahao.com)
Anchor UHT whipping cream (sumber: chinahao.com)

Anchor UHT

Anchor memang dikenal sebagai merk dairy food seperti keju, yogurt, dan susu. Kali ini, Anchor memperkenalkan produk whipping cream cair yang bisa langsung dituang ke dalam bahan makanan atau diolah menjadi whipped cream yang padat. Mengingat produk ini diproduksi oleh Anchor yang sudah terkenal sebagai dairy food brand dari New Zealand, maka cita rasa whipped cream-nya tidak perlu diragukan lagi. Ada cita rasa susu di setiap whipped cream Anchor. Rasanya pun tidak terlalu manis dan tidak terlalu hambar.

Elle & Vire Crème Liquid (sumber: harga.info)
Elle & Vire Crème Liquid (sumber: harga.info)

Elle & Vire Crème Liquid

Tidak semua orang menggunakan whipped cream untuk topping makanan dan minuman. Masih banyak orang yang menggunakan whipped cream untuk campuran bahan membuat pasta atau kue. Sebagai merk dairy food yang terkenal menjual yogurt terbaik, tentu saja Elle & Vire juga tidak asal-asalan dalam memproduksi whipped cream-nya. Hal tersebut dibuktikan dengan rasa whipped cream Elle & Vire yang memang enak. Apalagi jika produk ini dicampur dengan bahan-bahan untuk membuat pasta dan kue, tentu saja rasa makanannya akan jadi lebih enak.

Baca juga  Update Harga Clear Aligner Gigi
Harga, krim, kental, whipped, cream, whipping, topping, makanan, minuman, susu, cair, bubuk, merek, merk, di, pasaran, Anchor, Roselle Supreme, Haan, Wippy, Elle & Vire, Greenfields, UHT, keju, cair, padat, dekorasi, cake, kue, supermarket, swalayan, rasa, dairy, food
Whipped Cream Roselle Supreme (instagram: @bahankuesby)

Roselle Supreme

Merk whipped cream yang satu ini sudah cukup terkenal di Indonesia. Bahkan, teksturnya tidak terlalu cair dan kepadatannya pun cukup bagus. Ya, Roselle Supreme adalah whipped cream semprot yang praktis dan siap pakai. Mengingat whipped cream ini dikemas dalam kaleng aerosol, maka Anda hanya perlu menekan panel yang ada di bagian atas kaleng untuk mengeluarkan whipped cream-nya. Whipped cream instan dari Roselle Supreme ini langsung bisa diaplikasikan ke makanan dan minuman. Rasa whipped cream ini juga tidak terlalu manis, sehingga tidak akan merusak cita rasa makanan dan minuman yang akan disajikan.

Selama ini banyak yang mengira bahwa Greenfields hanya berkonsentrasi pada susu UHT saja. Akan tetapi, merk ini juga memproduksi dairy food, seperti keju, yogurt, sampai dengan krim kocok alias whipping cream. Produk whipped cream dari Greenfields juga dikemas dalam kotak karton UHT. Anda bisa langsung menggunakan whipped cream Greenfields ini sebagai topping makanan dan minuman atau diolah dengan bahan makanan lainnya. Krim kocok dari Greenfields ini menawarkan cita rasa yang mirip dengan susu sehingga rasa makanan dan minuman yang ditambahkan dengan produk ini juga menjadi lebih enak.

Harga whipped cream atau krim kental yang berbentuk cair di pasaran cukup beragam, sesuai dengan ukuran kemasan dan merek whipping cream yang Anda beli. Nah, jika Anda ingin tahu kisaran harga whipped cream cair dari beberapa merk dan produsen populer. Berikut kami informasikan perbandingan daftar harga whipped cream cair pada 2021 dan 2022 untuk Anda.

Harga Whipped Cream Cair di Pasaran

MerekWhipped Cream Cair Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Anchor Whipped Cream 250ml Rp39.000 Rp34.788
Whipping Cream Shine Road 1 L Rp45.500
BrookFarm Whipping Cream 1 liter Rp55.000 Rp56.000
Tatua Instant Whipped Cream 250 gram Rp56.200 Rp56.200
Elle & Vire Crème Liquid 250 gram Rp79.000 Rp72.000
Greenfields Whipping Cream 1 Liter Rp80.000 Rp66.000
Roselle Supreme Whipped Cream 250 Gram Rp92.000 Rp75.000
Anchor Whipped Cream 1 Liter Rp104.200 Rp80.000
Roselle Supreme Whipped Cream 500 Gram Rp130.000 Rp142.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Cat FTALIT Kansai Paint (1 Kg, 5 Kg, 20 Kg)

Jika dibandingkan penawaran 2019, whipped cream cair mengalami perubahan harga pada 2020 dan 2021. Misalnya, untuk merk BrookFarm Whipping Cream kemasan 1 liter yang awalnya dijual seharga Rp50 ribu, naik menjadi Rp55 ribu pada 2020 sampai 2021. Sama halnya dengan produk Roselle Supreme Whipped Cream 250 gram yang juga mengalami kenaikan harga dari Rp82 ribu menjadi Rp92 ribu. Sedangkan untuk Tatua Instant Whipped Cream 250 gram justru turun harganya dari Rp83 ribu menjadi Rp56.200.

Daftar harga tersebut kami ambil dari situs jual beli online, harga bisa berbeda-beda tergantung merek dan lokasi di mana Anda membelinya. Tidak sulit untuk menemukan whipped cream yang diklaim berkualitas bagus dan tidak mudah mencair di supermarket atau toko bahan-bahan kue. Perlu diketahui, selain whipped cream cair, Anda juga dapat membeli jenis bubuk yakni merek Pondan kemasan 150 gr yang dijual cukup terjangkau mulai harga Rp33 ribu. Sementara itu, merek lainnya seperti Haan dijual seharga Rp28 ribu dengan kemasan 200 gr.

Selain membeli whipped cream dalam kemasan, Anda juga bisa mencoba membuat whipped cream sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana. Berikut langkah-langkahnya.

Harga Whipped Cream - www.simplyrecipes.com
Harga Whipped Cream – www.simplyrecipes.com

Resep Whipping Cream Cair

Bahan Whipped Cream Cair

  • 200 gram es batu
  • 1 sachet susu bubuk (bisa menggunakan susu bubuk Dancow atau lainnya)
  • 1 sachet
  • 1 sdt SP

Cara Membuat Whipping Cream Cair

  1. Siapkan es batu, kemudian hancurkan.
  2. Siapkan wadah, campurkan es batu yang telah dihancurkan tadi bersama susu bubuk dan susu kental manis. Aduk sekitar 10 menit menggunakan mixer.
  3. Tambahkan SP, aduk dengan mixer kecepatan tinggi sekitar 5 menit sampai mengental dan berjejak. Whipped cream cair pun siap untuk digunakan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuatnya? Perlu Anda ketahui, whipping cream cair homemade ini biasanya aplikasinya terbatas sebagai topping minuman atau dessert saja.

[Update: Dian]

[1]Ambarini. 2004. Sponge Cake Selembut Kapas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 9.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *