Harga Whipped Cream Bubuk (Semua Merek)

Whipped cream adalah salah satu jenis bahan olahan dari lemak susu yang wajib ada jika Anda ingin menghias roti atau membuat topping kue. Whipped instan tidak hanya tersedia dalam bentuk semprot atau cair, tetapi juga bubuk. Ada banyak whipped cream bubuk yang mudah dibuat dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Whipped Cream (credit: easyrecipechef/Shutterstock)
Ilustrasi: Whipped Cream (credit: easyrecipechef/Shutterstock)

Whipped Cream Sederhana

Selain dipakai untuk membuat roti atau aneka kue, whipped cream juga sering dimanfaatkan untuk membuat es . Es krim merupakan salah satu produk pembekuan yang terbuat dari kombinasi susu dengan persentase lemak susu sekitar 10% hingga 20%, dan dicampur dengan telur, bahan pengeras, cita rasa manis, dan pewarna.[1]

Bacaan Lainnya

Dalam pembuatan es krim, whipped cream tidak hanya berfungsi sebagai bahan pengeras, tetapi juga penambah aroma, rasa, dan pengubah tekstur. Es krim dengan tambahan whipped cream memiliki tekstur lebih padat, tidak mudah cair, namun memiliki tingkat elastisitas yang tinggi dan creamy. Sehingga, rasanya tidak akan mudah hilang di lidah.

Cara membuat es krim dengan bahan tambahan whipped cream tidaklah sulit, yang penting Anda sudah menyiapkan bahannya, antara lain whipped cream bubuk, kental manis, susu cair UHT full cream, dan telur sebagai pelembut. Jika Anda memiliki telur atau kurang suka dengan es krim telur, maka Anda tidak harus menambahkan bahan tersebut.

Setelah itu, siapkan mangkuk plastik atau baskom berukuran sedang dan masukkan whipped cream bubuk serta susu UHT dingin. Perbandingan whipped cream dan susu bisa Anda lihat di balik kemasan whipped cream, karena setiap merk biasanya memiliki takaran yang berbeda. Meskipun begitu, Anda bisa membuat whipped cream instan dengan takaran umum 1:2. Sebagai contoh, tuang 150 gr whipped cream bubuk dan campur dengan 300 ml susu dingin.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Kocok adonan menggunakan mixer selama 20 menit atau hingga adonan mengembang menjadi 2 hingga 3 kali lipat dari ukuran awal. Perhatikan juga tingkat kepadatan adonan. Adonan yang belum mengembang biasanya terlihat lebih encer dan tidak berbentuk. Anda juga perlu memperhatikan lamanya waktu mengaduk adonan. Dalam membuat whipped cream, Anda tidak boleh mengocoknya terlalu lama, karena bisa menyebabkan adonan menyusut.

Ilustrasi: Cara Membuat Whipped Cream (credit: Delish/PARKER FEIERBACH)
Ilustrasi: Cara Membuat Whipped Cream (credit: Delish/PARKER FEIERBACH)

Tuang kental manis ke dalam wadah sebanyak 2 sachet atau sekitar 60-80 gr. Jika Anda merasa adonan kurang manis, Anda bisa menambahkan kental manis lagi sesuai selera. Aduk adonan dengan mixer hingga tercampur rata, biasanya sekitar 1 hingga 2 menit.

Adonan yang sudah jadi harus segera dimasukkan ke dalam cetakan. Anda bisa memakai cetakan es krim stik atau cetakan seperti puding. Masukkan cetakan berisi adonan ke dalam freezer selama 8 hingga 10 jam atau hingga es krim beku dan set. Keluarkan es krim dari pendingin dan potong-potong sebelum disajikan.

Secara sederhana, beberapa orang juga ada yang mengganti susu UHT dingin dengan air es biasa. Ini akan membuat adonan menjadi lebih keras dan padat. Biasanya, es krim seperti ini dicetak dalam cetakan berbentuk balok. Sehingga, es krim bisa dipotong-potong. Inilah es krim potong yang biasa dijual dengan lapisan roti tawar di bagian luar.

Jika Anda merasa es krim sederhana di atas kurang sedap, Anda bisa menambahkan beberapa bahan sebagai penambah rasa. Beberapa orang suka menambahkan irisan buah segar, remah oreo, cokelat leleh, hingga parutan keju.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Bagi Anda yang kurang suka dengan es krim whipped cream, mungkin Anda bisa menjadikannya sebagai topping minuman bersoda seperti float. Untuk membuat minuman jenis ini tidak sulit, karena Anda hanya perlu menyiapkan air dingin atau air es, whipped cream bubuk, dan minuman soda. Anda bebas memilih varian rasa minuman soda.

Ilustrasi: Soda Float (credit: cravingsofalunatic)
Ilustrasi: Soda Float (credit: cravingsofalunatic)

Siapkan wadah berupa mangkuk atau baskom berukuran sedang. Tuang air es dan bubuk whipped cream dengan perbandingan 2:1. Agar rasanya lebih manis, Anda juga bisa menambahkan sedikit gula atau kental manis. Aduk semua bahan menggunakan mixer atau alat pengocok hingga padat dan mengembang.

Masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam piping bag atau plastik segitiga. Siapkan gelas saji dan tuang minuman soda Anda. Potong bagian ujung plastik kue dan tuang whipped cream sebagai topping minuman soda. Float yang sudah jadi bisa langsung diminum. Selain hanya diberi whipped cream, Anda bisa meletakkan buah ceri sebagai hiasan sekaligus penambah rasa.

Beberapa orang juga mencampurkan sirup dalam adonan whipped cream sebagai penambah rasa, aroma, dan warna. Sehingga, minuman akan lebih menarik dan lezat. Untuk minuman sodanya, Anda juga bisa menambah beberapa helai daun mint yang sudah dicincang, irisan jeruk lemon, dan saus strawberry.

Citarasa whipped cream yang lembut dan padat, juga sering dijadikan sebagai booster dalam pembuatan puding. Adonan puding yang ditambah dengan whipped cream, biasanya akan lebih padat, mudah diiris, dan memiliki citarasa lebih creamy. Anda bisa menambahkan bahan ini jika ingin membuat puding susu atau panacotta.

Sebelum membeli whipped cream untuk membuat aneka resep di atas, Anda perlu mengetahui harganya di pasaran. Sehingga, Anda bisa memperkirakan anggaran dengan mudah dan tepat.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Ilustrasi: Whipped Cream Bubuk (credit: thepioneerwoman)
Ilustrasi: Whipped Cream Bubuk (credit: thepioneerwoman)

Harga Whipped Cream Bubuk

Merk/Jenis Whipped Cream Harga (Rp)
Whipped Cream Bubuk Pondan 800 gr 135.000
Whipped Cream Bubuk Haan 200 gr 31.958
Whipped Cream Bubuk Eleven 1 kg 85.000
Whipped Cream Bubuk Haan 400 gr 58.000
Whipped Cream Bubuk Haan Twin Pack 400 gr 110.000
Whipped Cream Bubuk Haan 200 gr Kemasan Pouch 29.000
Whipped Cream Bubuk Pondan 200 gr 28.000
Whipped Cream Bubuk Bakerline 200 gr 32.000
Whipped Cream Bubuk Yellow Powder 1 kg 84.500
Whipped Cream Bubuk Haan Twin Pack 200 gr 55.000
Whipped Cream Bubuk Pondan 150 gr 24.000
Whipped Cream Bubuk KN Food 1 kg 85.000
Whipped Cream Bubuk Biobianca 1 kg 183.000
Whipped Cream Bubuk Pondan Twin Pack 150 gr 53.500
Whipped Cream Bubuk Master Gourmet 39.900
Whipped Cream Bubuk Millac Roselle Supreme 51.000
Whipped Cream Bubuk Excellence Elle & Vire 79.000
Whipped Cream Bubuk Macchiato 1 kg 140.000
Whipped Cream Bubuk Teknoboga 1 kg 85.000
Whipped Cream Bubuk Frezzo 1 kg 83.000
Whipped Cream Bubuk Whipz 1 kg 157.000
Whipped Cream Bubuk  Mama ROsa’s 42.300

Perlu Anda ketahui, harga whipped cream di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga whipped cream tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk mendapatkan whipped cream dengan berbagai macam merk, Anda bisa membelinya secara online di situs atau di swalayan atau toko bahan roti terdekat.

[1] Masykuri, Yoyok Budi Pramono, Ardilia D. 2012. Resistensi Pelelehan, Over-Run, dan Tingkat Kesukaan Es Krim Vanilla yang Terbuat dari Bahan Utama Kombinasi Krim Susu dan Santan Kelapa. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan Universitas Diponegoro, Vol. 1(3): 78-82.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *