Info Komposisi dan Harga Whipped Cream Bubuk Pondan

Bagi sebagian orang yang keranjingan membuat kue, maka produk whipped cream sudah bukan hal asing lagi. Setidaknya, Anda akan menemukan dua jenis whipped cream di pasaran, di antaranya jenis bubuk dan cair. Salah satu merek whipped cream ternama yakni Pondan. Dengan harga mulai Rp25 ribuan, Anda sudah mendapatkan whipped cream bubuk Pondan kemasan 150 gr.

Whip cream bubuk (sumber: pinterest)
Whip cream bubuk (sumber: pinterest)

Whipping cream bubuk adalah krim non dairy yang banyak dijual di pasar swalayan. Berbentuk tepung, berwarna putih kekuning-kuningan seperti layaknya susu. Berbeda dengan whipping cream cair, whipping cream bubuk memiliki rasa lebih manis. Untuk keperluan menghias kue, whipping cream bubuk lebih cocok digunakan karena lebih kokoh dan tidak mudah mencair.[1]

Bacaan Lainnya

Whipping cream memiliki kandungan sedikitnya 35% lemak. Jika dikocok dengan kecepatan tinggi volumenya dapat mengembang hingga dua kali lipat, oleh sebab itu kadang disebut dengan double cream. Busa-busa kecil yang terbentuk akibat dari pengocokan tersebut menyebabkan tekstur menjadi ringan mengembang. Agar mengembang sempurna, pengocokan harus dalam keadaan dingin. Di pasaran, terdapat berbagai macam bentuk whipping cream, yang berbentuk cair dan bubuk, yang murni atau sudah diberi stabilisator (misalnya mengandung gelatin).[2]

Baca juga  Info Terbaru Harga Brankas Kecil Berbagai Merk, Termasuk Krisbow

Whipped Cream Bubuk Pondan

Pondan tak hanya menawarkan produk adonan kue dan es krim siap pakai, tetapi juga whipped cream bubuk. Whipped cream bubuk dari Pondan lebih banyak diminati masyarakat karena dikemas praktis dan mudah disimpan. Whipped cream bubuk Pondan diproduksi oleh PT. Pondan Pangan Makmur Indonesia yang didirikan sejak 1978. Tak hanya Pondan, PT. Pondan Pangan Makmur Indonesia juga menaungi dua merek lain di antaranya Unifood dan Gusto. Produk Pondan sendiri diklaim telah memenuhi Good Manufacturing Practices (GMP), HACCP, serta Nasional Indonesia (SNI), sehingga aman dikonsumsi.

Whipped cream bubuk Pondan cocok digunakan sebagai untuk mendekorasi kue karena dapat menghasilkan krim berkualitas yang relatif stabil pada suhu ruangan dan suhu dingin. Bahkan, produk ini mampu menahan beban dengan baik seperti buah cherry, strawberry dan topping lainnya. Berikut komposisi dari whipped cream bubuk Pondan.

Komposisi Whipped Cream Bubuk Pondan

  • Tepung
  • Susu skim bubuk
  • Pengemulsi nabati
  • Pati termodifikasi
  • Perisa vanila
Baca juga  Kandungan Nutrisi dan Harga Susu Lovamil untuk Ibu Hamil Terbaru

Cara pembuatan whipping cream bubuk dari Pondan cukup mudah dengan mengocoknya menggunakan cairan berupa air atau susu dengan perbandingan 1:2. Sebagai contoh, 100 gr whipping cream bubuk dapat ditambahkan dengan 200 ml cairan air/susu. Whipping cream bubuk terbilang paling mudah disimpan dan lebih tahan lama.

Whip cream bubuk Pondan (sumber: bukalapak)
Whip cream bubuk Pondan (sumber: bukalapak)

Cara Membuat Whipping Cream Bubuk dari Pondan

  1. Campur 125 gr Pondan Whip Cream dengan 250cc air es.
  2. Kocok dengan kecepatan tinggi selama 6-7 menit sampai mengembang dan kental.
  3. Whip Cream siap digunakan.

Menurut sejumlah review konsumen di internet, whipped cream bubuk Pondan memiliki tekstur yang sangat ringan, seperti gula halus. Jika dilarutkan ke dalam air, produk ini lebih mudah larut dan mampu menghasilkan krim lebih banyak dibandingkan merek lainnya. Sementara itu, untuk menetralisir bau whipped cream yang mungkin terlalu menyengat bagi sebagian orang, maka disarankan menambahkan vanilla dan susu manis. Lalu, berapa harga produk tersebut di pasaran?

Baca juga  Update Harga Kunci Pintu Cap Kuda (Kecil dan Besar)

Harga Whipped Cream Bubuk Pondan

Jenis Pembelian Harga (Rp)
Whipped Cream Bubuk Pondan 150 gr 25.800
1 Kg Whipped Cream Bubuk Pondan 201.780

Informasi harga di atas kami rangkum dari official store Pondan Food di internet pada 2021. Harga tersebut tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Sebagai lain, Anda juga dapat membeli whipped cream bubuk merk Haan dengan harga mulai Rp26.500 untuk kemasan 200 gram dan Rp50.000 untuk kemasan 400 gram. Anda dapat membeli produk tersebut di minimarket terdekat seperti Indomaret dan Alfamart dengan harga bersaing. Untuk lebih praktis, tak ada salahnya memesan produk melalui sejumlah situs jual beli online.

[1] Hoesni, Albertin. 2013. Seri Pedoman Terampil Memasak – Sweet Dessert. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hlm 5.

[2] Nimpuno, Diah. 2014. Sukses Membuat Aneka Kue. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hlm 17.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.