Harga Water Heater Ariston 30 Liter (Dove Plus 30 SH, AN30RS, Slim 30 DL)

Di pasar water heater atau pemanas dalam negeri, Ariston bisa dikatakan sebagai salah satu merek yang populer. Ada banyak produk water heater yang telah diluncurkan brand yang berasal dari Italia tersebut. Nah, bagi Anda yang membutuhkan water heater Ariston berkapasitas 30 liter, saat ini ditawarkan di kisaran harga Rp1,7 juta sampai Rp3 jutaan per unit.

Water heater, pemanas, panas, air, harga, brand, merek, Ariston, model, tipe, solar, listrik, daya, electric, AC, freon, situs, online, liter, kapasitas
Water heater generasi awal (sumber: waterheaterexpert.com)

Water heater sendiri, seperti namanya, adalah perangkat atau alat yang memiliki fungsi utama untuk memanaskan yang menggunakan energi sebagai sumber panas. Water heater pertama konon ditemukan pada tahun 1868 silam oleh seorang pelukis asal London, Inggris bernama Benjamin Waddy Maughan.

Bacaan Lainnya

Cara kerja alat ini adalah dingin ditempatkan di bagian atas wadah berupa tabung yang juga diisi jaringan kawat-kawat tipis sebagai pengantar panas, dengan sebuah alat pemanas berbahan bakar gas diletakkan di bagian bawahnya. Maughan sendiri menamai penemuannya sebagai ‘geyser’, dan nama itu masih digunakan di Inggris hingga saat ini.

Kemudian, seorang ahli teknik asal Norwegia bernama Edwin Rudd melakukan perjalanan ke AS, tepatnya ke Pittsburgh, Pennsylvania. Di kota itu, ia menemukan blue print atau cetak biru water heater instan pertama buatan Maughan. Penemuan itu menjadi inspirasi, yang membuat Rudd mengembangkan penemuan ini menjadi mesin water heater otomatis. Akhirnya, ia berhasil membuat water heater otomatis pertama sekitar tahun 1889. Mesin ini berupa wadah berbentuk tangki penyimpanan yang suhu airnya bisa diatur secara mekanis dan didistribusikan melalui pipa penyaluran air.

Baca juga  Update Harga Aegis Boost Geek Vape (Semua Varian)

Di era modern ini, water heater sudah semakin berkembang, dan sudah banyak sekali sistem yang dipakai dan bahan baku yang semakin baik dari hari ke hari. Hal ini demi kepuasan konsumen yang mengharapkan water heater terbaik untuk mereka. Nah, berikut beberapa tipe water heater yang banyak beredar di masyarakat saat ini.

Water heater, pemanas, panas, air, harga, brand, merek, Ariston, model, tipe, solar, listrik, daya, electric, AC, freon, situs, online, liter, kapasitas
Ilustrasi panas dengan water heater (sumber: grodnonews.ca)
  • Water heater listrik. Seperti namanya, ini adalah water heater yang menggunakan listrik sebagai energi utama untuk memanaskan air. Electric water heater sendiri dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu instant electric water heater dan water heater listrik dengan penampungan.
  • Solar water heater. Ini adalah pemanas yang memanfaatkan energi matahari yang gratis. Sering timbul salah pengertian terkait pemanas air tipe ini. Banyak yang menganggap, energi panas matahari ditangkap lalu disimpan di baterai yang akan digunakan untuk memanaskan air di dalam tangki. Padahal, dari semua water heater yang beredar, tipe ini bisa dikatakan yang paling sederhana cara kerjanya. Air dingin yang mengalir langsung dipanaskan matahari di kolektor, lalu disimpan di tangki sampai akhirnya dipergunakan.
  • conditioning water heater (ACWH). Pemanas air ini memanfaatkan panas freon dari AS yang biasanya dibuang. Freon yang panas dialirkan menuju heat exchanger yang akan memanaskan di tangki penampungan.
  • Heat pump water heater. Cara kerja water heater ini tidak jauh berbeda dengan model ACWH. Hanya, di heat pump, semua sudah menjadi satu kesatuan yang didesain untuk air panas, sedangkan ACWH memanfaatkan AC yang sudah ada sehingga harus dimodifikasi untuk bisa disalurkan ke tangki penampungan.
  • Gas water heater. Pemanas air ini menggunakan gas (baik elpiji maupun gas alam) sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Caranya dengan pembakaran seperti kompor gas. Pipa yang di dalamnya mengalir air dingin langsung dipanasi, sehingga air yang keluar langsung panas tanpa perlu ditampung terlebih dahulu.
  • Solar rubber pool heating. Pemanas air ini didesain untuk kolam renang dengan memanfaatkan panas matahari. Cara kerjanya hampir sama dengan solar water heater, hanya menggunakan panel karet yang tahan terhadap zat kimia kolam renang di bagian kolektor atau penangkap panas. Sistem ini tidak menggunakan tangki penampungan karena telah memanfaatkan kolam renang.
Baca juga  Update Harga Setrika Uap untuk Laundry (All Merk)

Water Heater Merek Ariston

Dilansir dari situs resminya, Ariston mengklaim sebagai sebuah merek yang sudah diakui untuk produk pemanas dan pemanas air yang menawarkan desain khas Italia, efisiensi, serta solusi berkualitas. Ariston dikatakan telah memenangkan kepercayaan jutaan keluarga di dunia selama lebih dari 50 tahun dan hadir di lebih dari 150 negara, termasuk di Indonesia.

Ariston sendiri sudah menelurkan banyak model water heater. Produk pemanas air perusahaan dibagi menjadi empat kategori, yaitu water heater tenaga surya, water heater heat pump, water heater listrik, dan juga water heater gas. Masing-masing produk tentunya menawarkan keunggulan tersendiri, sesuai spesifikasi yang dibawa.

Water heater, pemanas, panas, air, harga, brand, merek, Ariston, model, tipe, solar, listrik, daya, electric, AC, freon, situs, online, liter, kapasitas
Water Heater Ariston Andris Lux 30 liter (sumber: engineere.com)

Nah, untuk konsumen yang membutuhkan water heater berkapasitas 30 liter, Ariston telah menyediakan beberapa model, salah satunya Andris RS 15-30. Ini adalah water heater yang memiliki kapasitas power listrik 350 Watt dan 500 Watt, dengan elemen pemanas yang bisa membersihkan sendiri. Fitur penunjang lainnya adalah tangki dengan lapisan enamel titanium, isolasi sangat padat, kenop pengatur temperatur, dan indikasi proteksi.

Baca juga  Update Harga Gergaji Listrik Mini (Berbagai Merk)

Model lainnya adalah Slim 30 DL, yang juga memiliki kapasitas 30 liter. Produk ini mempunyai daya listrik sebesar 350 Watt dan bisa digunakan di tegangan 200 Volt sampai 240 Volt. Memiliki waktu pemanasan 2 jam 15 menit untuk suhu 45 derajat Celcius, Slim 30 DL punya berat 30 kg dan memiliki indeks proteksi IPX1.

Harga Water Heater Ariston 30 Liter

Tipe Water Heater Ariston Harga (Rp)
Ariston Dove Plus 30 SH 1.700.000
Ariston AN30RS 2.200.000 – 2.950.000
Ariston Slim 30 DL 3.496.000 – 3.950.000

Daftar harga water heater Ariston berkapasitas 30 liter di atas kami rangkum dari beberapa situs jual beli online. Daftar harga pemanas air Ariston tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.