Harga Voltaren Gel dalam Berbagai Ukuran Kemasan

Nyeri pada otot atau persendian memang sangat meresahkan. Selain karena rasanya yang menyakitkan, nyeri otot terkadang bisa menghambat atau mengganggu aktivitas seseorang. Pasalnya, nyeri otot biasanya akan mengakibatkan gerak seseorang menjadi terbatas dan kurang maksimal.

Ilustrasi: seorang wanita menderita nyeri otot bahu

Ilustrasi: seorang wanita menderita nyeri otot bahu

Cara untuk mengatasi pegal-pegal atau nyeri otot ada bermacam-macam, bisa dengan istirahat atau bahkan menggunakan obat topikal yang diklaim mampu menghilangkan nyeri otot seperti Voltaren. Voltaren hadir dalam 2 bentuk sediaan, yakni berwujud tablet dan juga yang berwujud gel untuk dioles. Baik Voltaren gel atau tablet memiliki karakteristik dan keistimewaan masing-masing. Harga Voltaren Gel maupun tablet pun berbeda.

Voltaren Emulgel diproduksi oleh Novartis Indonesia, didistribusikan oleh GlaxoSmithKline Consumer Healthcare, dan dipasarkan oleh Sterling. Voltaren Gel adalah obat yang digunakan untuk pengobatan topikal pada peradangan akibat trauma tendon, ligamen, otot, dan sendi. Obat ini juga digunakan untuk mengobati reumatisme jaringan lunak dan penyakit rematik. Voltaren Emulgel mengandung zat aktif Diclofenac, obat yang termasuk golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID).

Voltaren Emulgel mengandung natrium diklofenak 1% (1 gram Voltaren Emulgel mengandung 11,6 mg zat aktif diklofenak dietilamin yang setara dengan 10 mg natrium diklofenak). Diklofenak merupakan obat anti-inflamasi non steroid (OAINS) yang dapat mengatasi nyeri dan inflamasi pada sendi dan otot, peradangan akibat trauma seperti terkilir, keseleo maupun memar pada sendi, otot, tendon dan ligamen serta untuk mengatasi penyakit rematik. Voltaren gel merupakan obat luar yang hanya digunakan pada permukaan daerah yang dan hanya diberikan pada orang dewasa.

Diklofenak (diclofenac) adalah nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID) dengan nama kimia 2- (2,6-dichloranilino) asam fenilasetat. Diklofenak (diclofenac) bekerja dengan cara menghambat kerja enzim siklooksigenase (COX). Enzim ini berfungsi untuk membantu pembentukan prostaglandin saat terjadinya luka dan menyebabkan sakit dan peradangan. Dengan menghalangi kerja enzim COX, prostaglandin lebih sedikit diproduksi, yang berarti sakit dan peradangan akan mereda.

Voltaren Emulgel diklaim bekerja lebih cepat untuk mengendurkan otot-otot dibandingkan dengan gel placebo non-medikasi. Voltaren Gel tersedia dalam beberapa pilihan ukuran, yaitu 5 gram, 10 gram, 20 gram, dan 50 gram. Pilihan ukuran tube Voltaren Gel tersebut bisa disesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan Anda. Berikut ini informasi lengkap mengenai Voltaren Emulgel.

Indikasi Voltaren Emulgel

  • Kegunaan Voltaren Emulgel (diclofenac) adalah untuk membantu mengurangi nyeri, gangguan inflamasi (radang), nyeri ringan sampai sedang pasca trauma pada tendon, ligamen, otot dan persendian.
  • Bisa juga digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada (rematik) arthritis, rheumatoid arthritis, dan osteoarthritis.

& Cara Pemakaian Voltaren Gel

Ilustrasi: mengoleskan gel pada permukaan kulit (sumber: liftmedspa.com)

Ilustrasi: mengoleskan gel pada permukaan kulit (sumber: liftmedspa.com)

Dewasa dan anak-anak di atas umur 12 tahun: oleskan gel tersebut secara perlahan di daerah yang nyeri. Oleskan tiga atau empat kali sehari. Banyaknya jumlah yang Anda butuhkan tergantung pada besarnya daerah yang nyeri. Biasanya jumlah yang dibutuhkan sekitar sebesar buah cherri sampai buah kenari. Emulgel dapat digunakan sampai 14 – 21 hari tergantung situasi kesehatannya. Jika rasa nyeri tidak hilang setelah beberapa hari maka segera berkonsultasi dengan .

Kontraindikasi

  • Pemberian pada anak-anak tidak dianjurkan (terlebih bayi)
  • Wanita hamil dan menyusui juga tidak dianjurkan
  • Pasien dengan riwayat asma
  • Hipersensitivitas terhadap diklofenak
  • Urtikaria
  • Jangan digunakan untuk pasien yang alergi terhadap diclofenac, memiliki riwayat reaksi alergi (bronkospasme, shock, rhinitis, urtikaria) setelah penggunaan aspirin atau NSAID lainnya (misalnya, ibuprofen, celecoxib).

Efek Samping

Beberapa efek samping Voltaren Gel yang dapat terjadi, terutama jika digunakan pada area kulit yang luas dan dalam jangka waktu yang lama, antara lain:

  • Iritasi kulit setempat/lokal
  • Gangguan pencernaan, mual,
  • Sakit kepala
  • Tekanan darah tinggi
  • Sindrom Stevens-Johnson
  • Nekrolisis epidermal toksik, yang dapat berakibat fatal bisa saja terjadi selama pemakaian NSAID termasuk diclofenac meskipun kejadiannya sangat jarang.

Gunakan Voltaren sesuai petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan atau sesuai petunjuk dari dokter Anda. Ikuti semua petunjuk dan jangan sekali-kali mengubah dosis tanpa saran dokter. Jangan mengambil Voltaren dalam jumlah yang lebih besar atau lebih lama dari yang dianjurkan.

Daftar Harga Voltaren Gel & Tablet

Voltaren Emulgel kemasan 10g (sumber: shopee.co.id)

Voltaren Emulgel kemasan 10g (sumber: shopee.co.id)

Nama ProdukHarga
Voltaren Gel 1% 5 gramRp 31.349
Voltaren Gel 1% 10 grRp 52.114
Voltaren Gel 1% 20 gramRp 88.440
Voltaren Gel 1% 50 gRp 199.221
Voltaren EC 25 mg tabletRp 4.872
Voltaren EC 50 mg tabletRp 8.487
Voltaren SR 75 mg tabletRp 11.626
Voltaren R 100 mg tabletRp 15.570
Voltaren Suppositoria 100 mgRp 24.619
Voltaren Suppositoria 50 mgRp 18.578

Sebagai tambahan informasi, untuk Voltaren tablet seluruhnya tergolong obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Sedangkan untuk Voltaren Gel adalah kategori obat bebas terbatas yang bisa didapatkan di atau toko obat berizin.

Informasi harga Voltaren Gel di atas didapatkan dari Apotek K24. Namun perlu diketahui bahwa harga Voltaren Emulgel maupun tablet bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Voltaren Gel yang berlaku di setiap tempat kemungkinan saja bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari Voltaren Gel, Anda bisa membelinya di toko-toko obat maupun di apotik terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Harus Anda ingat bahwa efek atau hasil yang dialami setiap orang setiap pemakaian produk bisa saja berbeda, ada yang merasa cocok, namun ada pula yang mengaku tak mendapatkan hasil apa-apa. Oleh sebab itu, apabila Anda mengalami atau tanda-tanda seperti ruam atau hipersensitivitas, sebaiknya Anda harus segera menghentikan pemakaian dan berkonsultasi dengan dokter terdekat dari rumah Anda.

Baca juga  Update Daftar Harga Bedak Salicyl Untuk Gatal-gatal dan Biang Keringat
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Harga Voltaren Gel dalam Berbagai Ukuran Kemasan"