Info Lengkap Dosis, Efek Samping, dan Harga Obat Voltadex Terbaru

Sesekali rasa nyeri pada sendi akan muncul saat Anda menjalankan sejumlah aktivitas padat dan berat. Untuk mengobatinya, terkadang tak cukup hanya dioles dengankrim pereda nyeri tetapi pada kondisi tertentu juga perlu mengonsumsi obat. Salah satu obat pereda nyeri sendi yang cukup terkenal di tengah masyarakat yakni Voltadex. Voltadex tersedia dalam bentuk tablet dan gel dengan harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Dalam menangani masalah sendi, terdapat sejumlah langkah , mulai dari terapi , obat alternatif, hingga tindakan operasi. Terapi fisik bertujuan menjaga fungsi sendi dan kemampuan pergerakan, meluruskan otot-otot yang mengelilingi sendi, dan membantu mengatasi rasa sakit serta kekakuan pada sendi. Terapi fisik dilakukan berdasarkan kondisi medis pasien, sehingga tak jarang Anda juga akan direkomendasikan aktivitas fisik yang sederhana dan dilakukan rutin seperti berjalan atau olahraga lain seperti tai chi dan yoga. 

Ilustrasi: Nyeri Pada Area Lutut dan Kaki (credit: drugwatch)

Ilustrasi: Nyeri Pada Area Lutut dan Kaki (credit: drugwatch)

Anda juga dapat melakukan perawatan alternatif akupuntur, untuk mengurangi rasa nyeri sendi. Langkah-langkah tersebut umumnya dilakukan sebagai perawatan pendamping dari obat nyeri sendi serta terapi fisik. Tindakan operasi bagi penderita nyeri sendi akan dilakukan jika gejala yang dialami sudah parah. Operasi umumnya dilakukan apabila perawatan lainnya tidak berhasil meredakan nyeri sendi yang dirasakan. Jika gejala nyeri sendi Anda terbilang ringan, maka untuk meredakannya cukup dengan mengonsumsi obat berupa tablet maupun gel seperti Voltadex.

Tak hanya meredakan sakit saja, Voltadex dikenal sebagai obat untuk mengatasi pembengkakan dan sendi yang kaku akibat artritis. Voltadex yang diproduksi oleh Dexa Medica ini mengandung Natrium Diklofenak digunakan untuk mengatasi nyeri dan pembengkakan akibat rheumatoid arthritis, gout arthritis serta ketika pasien juga mengalami peradangan, dan mengurangi gangguan inflamasi (peradangan) secara umum. Indikasi Voltadex yakni nyeri yang disebabkan oleh inflamasi non rematik, artritis rematik, osteoartritis, spondilitis ankilosa, spondiloartritis.

Manfaat Voltadex

  • Untuk mengobati nyeri yang disebabkan oleh peradangan non rematik
  • Mengobati peradangan sendi yang menimbulkan keluhan bengkak dan nyeri sendi, serta sendi terasa kaku (reumatoid artritis).
  • Mengobati sendi terasa nyeri akibat peradangan ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi (osteoartritis)
  • Mengobati radang sendi pada punggung (ankylosing spondylitis).

Natrium Diklofenak yang terkandung dalam Voltadex termasuk golongan Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drug (NSAID) yang memiliki mekanisme kerja mengatasi nyeri. 

Cara Kerja Voltadex

Natrium Diklofenak termasuk dalam golongan Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drug (NSAID) yang memiliki mekanisme kerja dalam mengatasi nyeri sebagai berikut: Menghambat kerja dari siklooksigenasi (COX) di mana enzim ini berfungsi dalam membantu pembentukan prostaglandin saat terjadinya luka dan menyebabkan rasa sakit serta peradangan. Ketika kerja enzim COX terhalangi, maka produksi prostaglandin lebih sedikit, sehingga rasa sakit dan peradangan akan berkurang. Obat ini merupakan obat keras yang membutuhkan resep dokter.

Kemungkinan obat Voltadex dapat memicu terjadinya interaksi dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu, seperti berikut.

Ilustrasi: Voltadex 50 Mg (credit: Lazada)

Ilustrasi: Voltadex 50 Mg (credit: Lazada)

Kontra Indikasi Voltadex

  • Pasien yang akan atau telah menjalani operasi jantung sebaiknya tidak menggunakan Voltadex tablet 50 mg.
  • Obat ini juga dikontraindikasikan untuk pasien yang memiliki masalah ginjal, hati, atau radang atau tukak pada lambung atau .
  • NSAID termasuk Voltadex Tablet 50 mg tidak boleh diberikan untuk penderita demam berdarah, karena menginduksi kebocoran kapiler dan gagal jantung.

Voltadex juga tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit jantung iskemik, penyakit arteri perifer, dan gagal jantung kongestif.

Voltadex

Voltadex dapat diminum sebanyak 3x sehari yakni 25-50 mg. Sedangkan untuk pengobatan jangka panjang sebanyak 75-100 mg sehari dan dalam sehari dosis yang disarankan tidak melebihi 150 mg. Pada kemasan Voltadex tertera yakni 1½-2 tablet (75-100 mg) sebanyak 1 kali per hari. Obat dapat diminum sesudah makan dan disimpan di tempat sejuk dan kering, terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Perhatian Penggunaan Voltadex

Voltadex tidak diberikan kepada penderita trombotik kardiovaskular, hipertensi, gagal jantung dan edema, serta risiko ulserasi. Selain itu bagi seseorang yang mengalami perdarahan dan perforasi gastrointestinal, dan gagal ginjal juga tidak disarankan mengonsumsi Voltadex. Begitu pula ibu hamil dan menyusui karena akan berdampak pada kesehatan bayi.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

voltadex tube (sumber: Tokopedia)

voltadex tube (sumber: Tokopedia)

Efek Samping Voltadex

Secara umum, mengonsumsi Voltadex dapat menimbulkan sejumlah efek samping berupa gangguan gastrointestinal, seperti sakit kepala, mual, muntah, kembung, sukar tidur, ruam kulit, dan pruritus dengan insiden yang lebih jarang terjadi.

Selain itu, penting juga untuk menginformasikan dokter mengenai penyakit atau kondisi kesehatan lain yang sedang Anda derita. Kemungkinan obat ini dapat memicu terjadinya interaksi dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Selain itu, periksakan diri Anda untuk mengetahui jika Anda memiliki alergi lain, misalnya terhadap makanan, pewarna, atau hewan tertentu.

Beberapa jenis obat belum diuji keamanannya untuk orang-orang berusia lanjut. Maka itu, obat ini mungkin memiliki cara kerja yang berbeda, atau berpotensi menyebabkan efek samping berbeda pada lansia. Khusus untuk lansia, konsultasikan pemakaian obat ini ke dokter terlebih dahulu.

Harga Voltadex di Apotek

Varian VoltadexHarga Sebelumnya (Rp)Harga Sekarang (Rp)
Voltadex 50 mg per tablet703688
Voltadex 50 mg 1 strip (10 tablet)7.0706.160
Voltadex 1 box isi 5 strip (50 kaplet)12.70014.000 – 16.501
Voltadex Gel 1% kemasan tube 20 gram28.41328.569

Harga Voltadex di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada tahun 2020 dan 2021. Di Apotek K24 harga Voltadex 50 mg per tablet tahun 2021 ini rupanya turun dari tahun 2020 lalu, namun untuk Voltadex Gel hanya mengalami sedikit kenaikan. Harga Voltadex tidak mengikat karena dapat berubah sewaktu-waktu tergantung tempat pembelian. Anda juga dapat membeli di toko online yang terpercaya mulai harga belasan ribu rupiah untuk bentuk tablet, sedangkan untuk gel seharga Rp25 ribuan.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terbaru Biaya Steril KB untuk Wanita dan Pria
author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Lengkap Dosis, Efek Samping, dan Harga Obat Voltadex Terbaru"