Dosis dan Update Harga Vitaquin di Apotek

Sebagian orang mungkin merasa tidak nyaman memiliki bekas luka, apalagi jika terdapat di wajah. Tak heran jika mereka ingin mengetahui cara menghilangkan bekas luka di wajah yang tepat dan efektif agar tidak lagi mengganggu penampilan. Anda bisa menggunakan krim penghilang bekas luka, operasi plastik, atau mengaplikasikan make-up agar bekas luka tersamarkan. Salah satu krim yang kerap digunakan untuk menghilangkan bekas luka yakni Vitaquin 5% CR 15 gr. Produk ini dapat Anda temukan di apotek terdekat dengan harga yang memang cukup lumayan.

Ilustrasi: wanita dengan bekas luka di wajah (sumber: bebeautiful.in)
Ilustrasi: wanita dengan bekas luka di wajah (sumber: bebeautiful.in)

Bekas luka di wajah bisa diakibatkan oleh jerawat, infeksi, peradangan, terbakar, kecelakaan, atau efek pasca-operasi. Bekas luka berupa jaringan parut merupakan hasil dari proses alami tubuh dalam menyembuhkan luka. Meski biasanya bekas luka akan memudar dengan sendirinya, namun ada juga yang dirasa sangat mengganggu penampilan. Tak heran sebagian orang menjalani prosedur medis demi bisa menghilangkan atau menyamarkannya.

Bacaan Lainnya

Ada berbagai cara menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa Anda coba. Salah satunya dengan menggunakan krim atau gel. Untuk menangani bekas luka yang disebabkan oleh goresan benda tajam, krim, salep, atau gel penghilang bekas luka dapat menjadi pilihan. Biasanya, krim yang dijual bebas mengandung campuran steroid, E, dan silikon.

Selain kandungan steroid, dokter juga bisa meresepkan obat dengan kandungan antihistamin pada bekas luka yang gatal. Jika bekas luka diakibatkan oleh jerawat, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dulu sebelum memakai krim penghilang luka ini.

Baca juga  Info Terbaru Harga Salep Melanox Penghilang Bekas Luka & Jerawat

Nah, saat ini sudah banyak apotek atau toko obat yang menjual krim untuk menghilangkan bekas noda di wajah. Salah satunya adalah merk Vitaquin. Vitaquin merupakan jenis obat yang mengandung bahan aktif hidrokuinon yang berguna untuk memutihkan dari bercak-bercak hitam melasma, bekas jerawat, dan jenis hiperpigmentasi lainnya.

Vitaquin adalah salah satu merk dagang krim kosmetik yang cukup populer di Indonesia. Produk ini merupakan krim wajah yang berguna untuk memutihkan wajah dan menghilangkan bekas jerawat, flek, dan warna kehitaman lain di wajah. Kandungan bahan aktif utama dalam vitaquin adalah hydroquinone.

Cara Kerja Vitaquin

Vitaquin merupakan krim pemutih wajah dengan bahan aktif utama berupa hydroquinone. Hydroquinone atau benzene-1,4-diol adalah bahan kimia yang terbukti dapat membantu memutihkan wajah. Hydroquinon kerap diresepkan pada pasien yang mengalami hiperpigmentasi kulit, yaitu munculnya warna gelap yang tidak normal pada yang dikarenakan banyaknya jumlah pigmen melanin di kulit.

Pigmen pemberi warna atau melanin dihasilkan oleh melanosit. Melanosit merupakan sel-sel di bawah epidermis kulit yang bertanggung jawab memproduksi melanin, pigmen pemberi warna gelap. Pada kondisi yang tidak normal, sel ini akan menghasilkan melanin pada jumlah besar dan menyebabkan penumpukan melanin di sebagian dari permukaan kulit sehingga menimbulkan bercak atau flek hitam.

Hydroquinone memutihkan wajah dengan cara menghambat proses pembentukan pigmen melanin di dalam melanosit, dengan menghambat enzim yang bertanggung jawab pada proses konversi tirosin menjadi dihidroksifenilalanin. Dengan berkurangnya produksi melanin, jaringan kulit yang terbentuk menjadi lebih cerah. Setelah jaringan kulit lama mengelupas, warna kulit keseluruhan menjadi lebih cerah.

Baca juga  Update Harga Pulse Oximeter Fingertip Ukur Kadar Oksigen

 

Salep Vitaquin 5% CR 15g (sumber: Tokopedia)
Salep Vitaquin 5% CR 15g (sumber: Tokopedia)

Selain hydroquinone, Vitaquin juga dilengkapi dengan oxybenzone dan octyl dimethyl-PABA. Keduanya berperan sebagai tabir surya (sunscreen) yang mengurangi paparan sinar ultraviolet (UV) pada kulit. Seperti diketahui, paparan UV pada dapat memicu peningkatan produksi melanin. Oxybenzone dan octyl dimethyl-PABA mengurangi jumlah paparan sinar UV dengan cara menyerap sinar UV yang datang sehingga jumlah paparan UV yang mengenai sel-sel kulit dapat diminimalkan.

Indikasi dan Kontraindikasi Vitaquin

Vitaquin merupakan krim pemutih wajah yang berguna untuk membantu mencerahkan wajah dan menghilangkan noda gelap akibat proses penuaan kulit, bekas jerawat, dan flek-flek hitam di wajah. Namun, tidak semua orang dapat menggunakan obat ini. Kondisi yang mengharuskan menghindari obat ini di antaranya memiliki riwayat alergi dan hipersensitivitas terhadap hydroquinone, oxy benzena dan octyl dimethyl-PABA. Vitaquin tersedia dalam bentuk krim 15 gram dengan bahan aktif sebagai berikut.

Komposisi Vitaquin

  • Hydroquinone 5 %.
  • Oxybenzone 4%.
  • Octyl Dimethyl-PABA 5%.

Dosis Vitaquin

Dosis yang dianjurkan adalah dipakai dengan cara dioleskan ke seluruh bagian wajah atau pada bagian kulit wajah tertentu sebanyak dua kali sehari pada pagi hari dan malam hari. Dosis juga dapat disesuaikan dengan petunjuk dokter. 

Segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter apabila muncul gejala alergi selain efek samping normal. Efek samping yang mungkin terjadi seperti sensasi rasa panas atau terbakar pada kulit. Selain itu, terjadi pula iritasi berupa warna kemerahan, rasa gatal, dan kulit menjadi kering.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Tas Longchamp Original di Indonesia

Perhatian Pemakaian Vitaquin

  • Pemakaian pada ibu hamil dan menyusui sebaiknya dihindari.
  • Tidak dianjurkan untuk dipakai anak dengan usia di bawah 12 tahun.
  • Pemakaian pada pasien dengan riwayat penyakit asma harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat memicu timbulnya gangguan kulit seperti eksim.
  • Hindari pemakaian di daerah mata dan luka terbuka.
Ilustrasi: pakai krim wajah (sumber: facetofeet)
Ilustrasi: pakai krim wajah (sumber: facetofeet)

Selama pemakaian, sebaiknya menghindari paparan sinar matahari langsung. Karena, sekalipun mengandung bahan yang berfungsi sebagai tabir surya, Vitaquin memiliki fungsi utama sebagai pemutih wajah dan tidak cocok digunakan sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Harga Vitaquin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Vitaquin sudah dijual secara bebas di apotek maupun toko obat lainnya. Saat ini, harga produk cream Vitaquin 5% CR 15 gr di Apotek K24 dibanderol mulai Rp89.443 per tube. Harga tersebut terbilang naik dari tahun lalu yang hanya Rp87.241 per tube. 

Selain Vitaquin, Anda dapat mencoba beberapa merk obat untuk menyamarkan bekas luka lainnya. Berikut beberapa rekomendasi obat penghilang bekas luka serta harga yang berlaku saat ini.

Harga Obat Penghilang Bekas Luka Lainnya

Merk Obat Harga
Bioplacenton Rp29.932
Sodermix CR 15 gr Rp123.419
Dermatix Ultra GeL 5 gr Rp138.339
Lanakeloid-E Krim 10 gr Rp175.479
Mederma Gel 20 gr Rp240.297

Perlu diingat, harga obat di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Selain di Apotek K24 dan Kimia Farma, obat penghilang bekas dapat diperoleh secara online di situs marketplace terpercaya.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.