Kegunaan & Harga Obat Tetes Telinga Vital Ear Oil

termasuk bagian yang cukup sensitif terhadap kotoran, kuman, dan bakteri. Kotoran yang menumpuk pada rongga berpotensi untuk membuat pendengaran Anda terganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat melakukan kegiatan sehari-hari. Pada dasarnya, kotoran atau serumen pada akan keluar dengan sendirinya dalam kondisi normal. Untuk membersihkan seharusnya tidak dilakukan secara sembarangan dengan menggunakan cottonbud. Pasalnya, mengorek dengan cotton bud justru membuat kotoran sulit untuk keluar dan lebih menumpuk lagi di dalam. Alternatif membersihkan adalah dengan datang ke dokter spesialis THT (, hidung, dan tenggorokan) atau menggunakan tertentu seperti Vital Ear Oil.

Ilustrasi: gangguan pada telinga (sumber: medicalnewstoday.com)

Ilustrasi: gangguan pada telinga (sumber: medicalnewstoday.com)

Obat tetes telinga biasanya dapat digunakan untuk beberapa kondisi seperti keluhan radang telinga bagian luar atau otitis eksterna. Biasanya infeksi ini disebabkan oleh jamur dan bakteri yang ada pada bagian saluran telinga antara gendang telinga dan telinga bagian luar. Kondisi berikutnya yang dapat diatasi oleh obat tetes telinga yang ada di pasaran adalah radang telinga bagian tengah akut yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang meradang di telinga bagian tengah. Keluhan selanjutnya adalah radang telinga bagian tengah kronis yang biasanya disertai dengan cairan di telinga bagian tengah.

Untuk membersihkan telinga, gunakanlah pembersih khusus untuk telinga. Saat membersihkan telinga jangan memasukkan pembersih telinga terlalu dalam karena dapat mengenai gendang telinga yang tipis. Beberapa yang mungkin dialami telinga adalah otitis media dan otosklerosis.

Baca juga  Info Terkini Harga, Dosis, & Cara Minum Afolat untuk Program Hamil

Otitis media adalah infeksi pada telinga bagian tengah. Akibatnya, pada rongga telinga terbentuk nanah. Nanah tersebut dapat mendesak gendang telinga hingga pecah. Sedangkan otosklerosis adalah tumbuhnya tulang-tulang pada telinga bagian tengah secara berlebihan. Akibatnya, penghantaran suara terhalang dan pendengaran terganggu[1].

Di pasaran sendiri ada banyak obat tetes telinga yang diklaim dapat membantu membersihkan telinga sekaligus mengatasi ringan pada telinga, misalnya saja Vital Ear Oil. Produk satu ini dijual bebas di sejumlah apotik maupun toko obat.

Tentang Vital Ear Oil

Vital Ear Oil adalah obat tetes telinga produksi Medikon Prima Laboratories yang mengandung thymol, menthol, campor, dan paraffin liquid. Produk obat bebas ini bisa digunakan untuk antiseptik rongga telinga, diklaim dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri, mengatasi radang telinga, serta membantu membersihkan kotoran pada telinga.

Komposisi Vital Ear Oil

  • Thymol 10 mg
  • Menthol 20 mg
  • Camphor 600 mg
  • Paraffin liquid ad 10 ml
Obat tetes telinga Vital Ear Oil (sumber: shopee.co.id)

Obat tetes telinga Vital Ear Oil (sumber: shopee.co.id)

Indikasi Vital Ear Oil

Peradangan saluran telinga bagian luar (Otitis Eksterna), infeksi telinga bagian tengah (Otitis Media), dan radang telinga yang disertai dengan telinga bengkak, telinga berdenging, serta telinga gatal dan nyeri.

Baca juga  Update Harga Verile Acne Blemish Care, Samarkan Noda Bekas Jerawat

Kontraindikasi & Efek Samping Vital Ear Oil

Vital Ear Oil memiliki kontraindikasi pada orang-orang yang hipersensitif terhadap bahan aktif yang terkandung di dalamnya serta perforasi gendang telinga. Pemakaian Vital Ear Oil juga berpotensi menimbulkan efek samping seperti iritasi ringan pada liang telinga.

Bahan-Bahan yang Terkandung dalam Vital Ear Oil

  • Thymol merupakan anti mikroba, anti bakteri, dan anti jamur yang digunakan untuk melawan infeksi bakteri dan jamur. Sifat aktif dalam kandungan ini juga dapat mengobati infeksi pada telinga sekaligus membunuh bakteri yang merupakan penyebab utama timbulnya infeksi.
  • Menthol dan camphor berpotensi mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi peradangan.
  • Paraffin liquid digunakan untuk mengobati penumpukan kotoran telinga dengan membantu melembutkan, melepaskan, dan menghilangkan kotoran telinga. Terlalu banyak kotoran telinga dapat menghalangi saluran telinga dan mengurangi pendengaran.

Vital Ear Oil

Diteteskan pada telinga yang sakit 2 tetes sebanyak 3 kali sehari.

Ilustrasi: penggunaan obat tetes telinga (sumber: healthline.com)

Ilustrasi: penggunaan obat tetes telinga (sumber: healthline.com)

Cara Pemakaian Obat Tetes Telinga

  • Ujung wadah obat tetes telinga jangan sampai menyentuh telinga untuk mencegah kontaminasi.
  • Cuci tangan, miringkan kepala atau berbaring dengan posisi miring, teteskan obat ke dalam liang telinga, biarkan 1-2 menit agar obat mencapai dasar telinga.
  • Ujung wadah tetes telinga dibersihkan dengan kertas tisu[2].
Baca juga  Info Lengkap Harga Satuan dan Paket Byoote Collagen di Pasaran

Harga Vital Ear Oil

Vital Ear Oil tergolong obat bebas yang dijual dengan harga relatif terjangkau, yakni Rp17.183 saja per botol isi 10 ml di Apotek K24. Selain di Apotek K24, Anda juga bisa membeli Vital Ear Oil di apotik atau toko-toko obat terdekat lain di tempat tinggal Anda. Perlu Anda ingat bahwa harga Vital Ear Oil dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Di samping itu, harga Vital Ear Oil yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Meskipun relatif aman, Vital Ear Oil juga berpotensi menimbulkan efek samping seperti iritasi ringan pada liang telinga. Selain itu, Vital Ear Oil sebaiknya jangan digunakan pada pasien yang memiliki hipersensitif terhadap salah satu bahan aktif yang ada di dalam Vital Ear Oil atau memiliki lubang pada gendang telinganya.

Selama penggunaan Vital Ear Oil sebaiknya juga dilakukan dengan berhati-hati dan cegah kontak dengan mata. Apabila keluhan sakit pada telinga Anda terus berlanjut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Sebaiknya jangan gunakan Vital Ear Oil bersamaan dengan obat tetes telinga lainnya untuk menghindari adanya interaksi obat atau efek samping yang negatif untuk telinga Anda.

[1] HF, Donny dkk. 2007. IPA 4A. Eva S, editor. Jakarta: Quadra.

[2] Azis, Sriana, dkk. 2004. Kembali dengan Obat. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Kegunaan & Harga Obat Tetes Telinga Vital Ear Oil"