Update Harga Vicks Vaporub di Apotek

Sebagian orang biasanya meredakan gejala batuk dan pilek menggunakan cara tradisional dengan mengoleskan produk seperti balsem. Dari banyak produk balsem yang beredar di pasaran, Vicks terbilang sebagai brand cukup populer. Lebih dikenal dengan nama Vicks Vaporub, tak hanya untuk dewasa, produk ini juga hadir untuk bayi dan bisa dibeli di apotek dengan bervariasi.

Vicks Vaporub (sumber: shape)
Vicks Vaporub (sumber: shape)

Balsem adalah sediaan setengah padat untuk pemakaian topikal pada kulit. Manfaat balsem adalah untuk obat sakit perut, sakit kepala, angin, radang sendi, bahkan dapat meredakan gejala flu. Balsem yang baik seharusnya stabil secara kimia, lembut, rata, tidak menggumpal, mudah digunakan, dan agak mencair atau lembek pada suhu tubuh. Penggunaan balsem menghasilkan efek lokal karena bahan obat tidak diabsorbsi.[1]

Bacaan Lainnya

Review Vicks Vaporub

Merupakan salah satu produk tradisional yang telah dikenal lama, penggunaan balsem saat ini semakin jarang. Beberapa orang rupanya mulai beralih melakukan pengobatan oral dengan mengonsumsi obat berbentuk tablet maupun sirup tertentu. Namun, bagi Anda yang masih memilih pengobatan topikal, Vicks Vaporub dapat dijadikan salah satu pilihan.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Air Mineral Gelas Kecil (Semua Merek)

Vicks pertama kali diciptakan oleh seorang apoteker di Greensboro, North Carolina bernama Lunsford Richardson. Produk Vicks semakin meroket saat flu melanda Spanyol pada era tahun 1918-1919, Vicks Vaporub telah terjual mencapai 2,9 juta dolar AS yang sebelumnya hanya 90.000 dolar AS. Kemudian pada tahun 1931, Vicks kemudian memperluas lini produknya melalui dua produk baru yang berlabel Vicks Vatronol Nose Drops dan Vicks Cough Drops yang telah terjual lebih dari 25 juta paket pada tahun pertama. Sementara itu, varian Vicks Vapo Baby Rub untuk bayi diperkenalkan sekitar 2004 silam.

Vicks Vaporub diproduksi oleh Darya Varia sebagai obat gosok untuk topikal pada kulit dalam meredakan gejala flu dan pilek atau hidung tersumbat. Uap obat dari Vicks Vaporub mulai bekerja dalam beberapa menit untuk meredakan batuk dengan cepat. Tak sedikit pula orang yang mengoleskan Vicks Vaporub pada otot dan persendian untuk meredakan nyeri dan nyeri ringan untuk sementara waktu.

Baca juga  Info Terbaru Harga Masker Spirulina per Kapsul dan Botol

Komposisi Vicks Vaporub

Bahan aktif dalam Vicks Vaporub adalah kamper (penekan batuk dan analgesik topikal), kayu putih (penekan batuk), dan mentol (penekan batuk dan analgesik topikal). Bahan tidak aktifnya termasuk minyak daun cedar, minyak pala, petrolatum, timol, dan minyak terpentin. Vicks Vaporub hanya boleh digunakan pada anak-anak berusia dua tahun ke atas, sedangkan Vicks Babyrub dapat digunakan pada bayi berusia tiga bulan ke atas.

Cara Pemakaian Vicks Vaporub

  • Untuk meredakan batuk, Anda dapat mengoleskan Vicks Vaporub di dada dan tenggorokan. Kemudian, tutup dengan kain hangat dan kering. Saat pemakaian, disarankan agar pakaian Anda tetap longgar di sekitar tenggorokan dan dada untuk membantu uap mencapai hidung dan mulut.
  • Untuk nyeri otot dan sendi, Anda dapat mengoleskan Vicks Vaporub ke area yang diinginkan sesuai kebutuhan. Pemakaiannya tidak lebih dari 3 hingga 4 kali sehari.
Ilustrasi: Salah Satu Varian Vicks Vaporub (credit: homehacks)
Ilustrasi: Salah Satu Varian Vicks Vaporub (credit: homehacks)

Anda tidak disarankan menambahkan Vicks Vaporub ke air panas atau wadah memanaskan air. Pasalnya, cara tersebut dapat menyebabkan percikan atau bahkan luka bakar yang tidak diinginkan. Tidak ada efek samping pada Vicks Vaporub apabila digunakan dalam batas takaran yang dianjurkan. Lalu, berapa Vicks Vaporub saat ini di apotek?

Baca juga  Info Terbaru Harga Feminax untuk Pereda Nyeri Haid di Apotek

Vicks Vaporub

Varian Vicks Vaporub
Vicks Vaporub 10 gram Rp8.507
Vicks VapoRub 25 gram Rp20.823
Vicks VapoRub 50 gram Rp35.752
Vicks Babyrub/Baby Balsam Rp65.000
Vicks Vaporub analgesik topikal penekan batuk Lemon/Lavender Scent 50 gram Rp189.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, Vicks Vaporub di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, Vicks Vaporub 25 gram yang semula dijual seharga Rp17.600, sekarang naik menjadi Rp20.823. Berbeda dengan harga Vicks Vaporub 10 gram yang sedikit turun dari Rp9.002, sekarang hanya Rp8.507.

Tak sulit menemukan produk Vicks Vaporub. Anda dapat membelinya di toko obat terdekat seperti Apotek Kimia Farma dan K24. Sementara itu, untuk varian Vicks Vaporub aroma lemon dan lavender dapat Anda pesan melalui situs online. Untuk meredakan pilek, sebagian orang juga membeli produk Vicks Inhaler yang dijual di Indomaret dan di kisaran Rp15.200.

[1] Nining, dkk. 2020. Panduan Pendirian Usaha Bangle dan Balsem Bangle. Bandung: Media Sains Indonesia, hlm. 6

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.