Info Harga Vermint dan Vermint Forte di Apotek

Cacing tanah Lumbricus rubellus termasuk hewan yang mungkin menjijikkan bagi sebagian orang, namun menyimpan khasiat sebagai obat. Agar lebih mudah untuk dikonsumsi, rupanya kini sudah ada ekstrak Lumbricus rubellus yang dikemas dalam bentuk kapsul, yakni Vermint dan Vermint Forte. Obat herbal Vermint dan Vermint Forte tersedia di apotek dengan harga beragam.

Ilustrasi: anak cacingan (sumber: hellosehat)
Ilustrasi: anak cacingan (sumber: hellosehat)

Tentang Vermint dan Vermint Forte

Vermint dan Vermint Forte adalah obat herbal (kategori jamu) yang diproduksi oleh CV Vermindo Internasional. Obat ini terbuat dari bahanLumbricus rubellus (cacing tanah) yang mengandung enzim fibrinolysin dan enzim profibrinolysin activator. Baik Vermint maupun Vermint Forte diklaim dapat melarutkan endapan yang menimbulkan sumbatan pada pembuluh darah (emboli) serta membantu memelihara kesehatan tubuh.

Bacaan Lainnya

Perbedaan antara Vermint dan Vermint Forte adalah kadarnya, yang mana Vermint mengandung 250 mg ekstrak Lumbricus rubellus, sedangkan Vermint Forte kadar ekstrak Lumbricus rubellus mencapai 500 mg per kapsul.

Cacing Lumbricus rubellus mengandung protein 76%, asam amino esensial, alfa tokoferol atau vitamin F (antioksidan). Kandungan nutrisi daging Lumbricus rubellus terdiri atas protein 16%, karbohidrat 17%, 45%, dan abu 1,5%. Beberapa penelitian telah membuktikan adanya antibakteri dari protein hasil ekstrak cacing tanah yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif Escherichia coli, Shigella dysenterica, Staphylococcus aureus, dan Salmonella thypi.

Selain itu, telah ditemukan bahwa cairan selom cacing tanah mengandung lebih dari 40 protein. Sedangkan, berdasarkan hasil tes laboratorium, cacing tanah Lumbricus rubellus mengandung protein 68%, asam glutamat 8,98%, treonin 3,28%, lisin 5,16%, dan glisin 3,54%.[1]

Komposisi Vermint

Asam amino non essensial (AANE) Tyrosine, Glysine, Serine, Asparted Acid, Tauryne, Systine, Histicline, Prolyne, Alanine zat aktif berupa enzyme: Lumbrokinase, Peroksidase, Katalase, Selulose, Lignase, Asam Arachidonat, @ E Tokoferol, Taurin, Nutrition (Unsarturating Fat, Calcium, Phosporus, Fibrous, Carbohydrate).

Manfaat Vermint & Vermint Forte

Baik Vermint maupun Vermint Forte diklaim dapat mengatasi berbagai penyakit, seperti tifus (tipes), demam berdarah (DBD), migrain, mengeringkan luka bakar, menghilangkan luka setelah operasi, hingga untuk mengatasi ambeien. Penggunaan Vermint sebagai obat herbal juga kerap dikombinasikan dalam berbagai pengobatan penyakit, seperti batu kandung kemih, kuning, dan alopecia.

Vermint dan Vermint Forte

Cacing tanah mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan dan menjaga kesehatan. Di Amerika dan Jepang, cacing tanah Lumbricus rubellus sudah lama diteliti. Enzim yang terkandung di dalamnya sangat efektif untuk mengobati beberapa penggumpalan darah penyebab penyakit jantung hingga stroke. Sedangkan, di Tiongkok, ekstrak cacing digunakan untuk menyembuhkan sakit pada perut, sebagai antidemam, rematik, dahak, dan gangguan darah.[2]

Cacing tanah bisa mengobati berbagai infeksi saluran pencernaan, seperti tifus, disentri, diare, dan maag. Selain itu, cacing tanah juga menyembuhkan infeksi saluran pernapasan, yakni batuk, asma, influenza, dan TBC.

Bahkan, cacing tanah juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, yaitu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah pada penderita hipertensi, serta kadar gula darah pagi penderita diabetes. Selain itu, cacing tanah juga dapat digunakan sebagai penumpas beberapa penyakit, seperti wasir, eksim, alergi, luka, sakit gigi, dan mengurangi pegal linu akibat keletihan atau akibat rematik.[3]

Dosis & Aturan Minum Vermint

  • Dewasa: 3 x 2 kapsul sehari.
  • Anak-anak: 3 x 1 kapsul sehari, sebelum atau sesudah makan.

Efek Samping Vermint

Meski tergolong obat-obatan herbal yang dinyatakan aman dikonsumsi, Vermint mungkin dapat menimbulkan efek samping bagi beberapa orang. Misalnya mual dan muntah, sakit kepala, hingga gangguan pencernaan. Jika keluhan berlanjut, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Ilustrasi: minum obat cacing (sumber: grid.id)

Harga Vermint dan Vermint Forte di Apotek

Varian Vermint Harga (Rp)
Vermint kapsul (isi 12 kapsul) 27.645
Vermint kapsul (isi 30 kapsul) 53.644
Vermint Forte kapsul 105.847

Informasi harga Vermint dan Vermint Forte di atas dirangkum langsung dari situs resmi Apotek K24. Perlu Anda ingat bahwa harga Vermint dan Vermint Forte dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Vermint dan Vermint Forte yang berlaku di toko obat atau apotik lainnya bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.Vermint dan Vermint Forte tergolong obat bebas (jamu) yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat.

[1] Widyawati, V. 2019. Seabrek Obat Tak Lazim dan Jorok, namun Tokcer. Liana P, editor. Yogyakarta: Laksana, hlm 18.

[2] Ibid.

[3]Ibid., hlm 19.

Pos terkait