Harga Terbaru VCO (Virgin Coconut Oil) di Apotik

No comment5535 views

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kelapa murni, atau memiliki bahasa keren VCO (virgin coconut oil). ini diklaim memiliki beragam kegunaan yang baik untuk , termasuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah serta sebagai bahan untuk . Anda sendiri bisa membeli VCO ini berbagai toko obat atau apotik hingga situs jual beli online dengan harga bervariasi.

VCO, dikutip dari Wikipedia, merupakan minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa proses pemanasan sama sekali, serta tanpa bahan kimia dan RDB. Minyak ini bisa dikatakan sebagai modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga menghasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta memiliki daya simpan yang diklaim cukup lama (lebih dari 12 bulan atau satu tahun).

Virgin Coconut Oil - www.radiokucing.com

Virgin Coconut Oil - www.radiokucing.com

Sejak zaman dahulu, VCO telah dimanfaatkan untuk kesehatan maupun . Dalam kitab India, minyak ini bahkan dikatakan sudah digunakan sebagai produk pelembap kulit dan obat sejak 5.000 tahun yang lalu. Sementara, pada era nenek moyang kita, minyak ini biasa digunakan untuk menyemir rambut. Berikut beberapa minyak kelapa murni untuk kesehatan dan kecantikan, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat VCO untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Anda dapat menggunakan VCO sebagai minyak ketika memasak atau dimasukkan ke dalam salad. Kandungan yang ada pada minyak ini dipercaya dapat membantu menstimulasi metabolisme, dan hal ini membuat lemak sedikit beredar dalam aliran darah dan sedikit pula yang tersisa menjadi jaringan lemak baru, sehingga berdampak baik untuk berat badan. Meski demikian, jika Anda ingin menurunkan berat badan, tidak bisa hanya mengandalkan VCO. Anda pun tetap perlu rutin berolahraga dan menjalani pola makan yang sehat dan berimbang.
  • Mengandung polifenol yang baik untuk kesehatan jantung. Pada percobaan terhadap hewan dan penelitian terhadap orang lanjut usia, polifenol diduga kuat dapat mengurangi terjadinya hipertensi. Hal ini karena polifenol mencegah terjadinya aterosklerosis, yakni pengerasan dinding pembuluh darah akibat plak lemak yang menumpuk pada dinding pembuluh darah. Ini berarti risiko jantung juga berkurang.
  • Rantai asam lemak dalam VCO diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak ini juga dipercaya dapat memperbaiki sensitivitas insulin. Namun, masih diperlukan penelitian yang lebih luas untuk membuktikan hal tersebut.
  • VCO dipercaya dapat bermanfaat bagi kecantikan, di antaranya untuk mengobati jerawat. Mengobati infeksi berupa jerawat tidak harus selalu menggunakan obat berbahan kimia, tetapi bisa juga dengan VCO. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa murni diklaim efektif mengurangi peradangan dan melawan bakteri. Karena itu, laurat dapat menjadi alternatif untuk antibiotik bagi kulit berjerawat. Tentunya, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan kulit dan memerhatikan asupan makanan.
  • Selain untuk mengobati jerawat, kandungan asam laurat yang terdapat di dalam minyak kelapa murni juga disebutkan bisa berfungsi sebagai pelembap. VCO mengandung asam lemak jenuh rantai sedang yang mudah masuk ke lapisan kulit dalam dan mempertahankan kelenturan serta kekenyalan kulit. Selain itu, VCO juga dapat digunakan untuk melembapkan bibir yang pecah-pecah.
  • Jika Anda mengalami luka bakar, VCO bisa menjadi obat yang baik. Segera oleskan minyak ini ke kulit yang mengalami luka bakar, dan dapat membantu agar tidak terjadi bekas luka pada kulit.
  • Beberapa makalah di Journal of Cosmetic Science menyebutkan bahwa VCO dapat menembus batang rambut lebih baik daripada minyak mineral. Ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin menghaluskan mahkota kepala. Terlebih, penggunaan minyak ini untuk rambut juga diklaim tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Tidak susah mendapatkan VCO atau minyak kelapa murni. Pasalnya, Anda bisa membeli minyak kelapa murni di berbagai toko maupun situs jual beli online, atau di apotik terdekat dari rumah Anda. Harga VCO bervariasi, tergantung kandungan dan mereknya. Berikut kisaran harga VCO di apotik, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Virgin Coconut Oil - vco-1.blogspot.com

Virgin Coconut Oil - vco-1.blogspot.com

Harga VCO di Apotik

VCOHarga
LABBAIK VCO 100 mlRp43.920
Palem Mustika VCO 100 mlRp45.411
VIRJINT VCO 30’sRp42.900/pcs
VIRJINT VCO 80 mlRp40.146
AZMI VCO 130 mlRp50.600
MUTIA VCO 130 mlRp56.920
Palem Mustika VCO 240 mlRp98.736

Jika dibandingkan pada tahun sebelumnya, harga minyak kelapa murni atau VCO cenderung mengalami kenaikan, walau tidak untuk semua merek. Misalnya, harga Palem Mustika VCO 240 ml yang awalnya berkisar Rp80 ribuan per kemasan, sekarang menjadi Rp98 ribuan per kemasan. Kenaikan harga VCO berkisar antara Rp10 ribuan hingga Rp20 ribuan.

Cara Membuat VCO Sendiri

Sebenarnya, selain membeli, Anda bisa membuat VCO sendiri di rumah. Ada beberapa untuk mendapatkan VCO yang bisa Anda coba. pertama adalah menggunakan penghancuran dengan air. Pertama-tama, belah kelapa dengan pisau daging besar yang tajam, dan kelapa yang digunakan harus sudah tua atau berwarna coklat. Kemudian, keruk daging kelapa dari tempurung menggunakan pisau kecil atau sendok logam. Setelah itu, potong kecil-kecil daging kelapa, masukkan ke alat pengolah makanan (blender), lumatkan potongan kelapa sampai hancur, dan saring santan kelapa.

Virgin Coconut Oil - shopee.co.id

Virgin Coconut Oil - shopee.co.id

Setelah santan kelapa tersaring, diamkan di dalam wadah tertutup selama 24 jam. Ketika mengental, santan dan minyak kelapa akan terpisah dan muncul lapisan kental di atas permukaan wadah. Ambil lapisan kental tersebut dengan sendok dan buang. Minyak kelapa murni yang asli nantinya akan tertinggal di dalam wadah.

Metode lain yang bisa dicoba adalah melalui pendinginan. Gunakan kelapa kering atau yang telah didehidrasi. Kemudian, masukkan kelapa ke dalam juicer dan haluskan kelapa kering sedikit-sedikit. Juicer ini akan memisahkan minyak dan lapisan kental santan dari serat kelapa. Setelah itu, haluskan lagi kelapa parut tersebut agar semua minyak bisa keluar. Kemudian, masukkan minyak kelapa ke wadah tertutup dan simpan di ruangan yang hangat selama 24 jam. Ketika minyak sudah terpisah dari lapisan kental dan mengeras, gunakan sendok untuk memindahkan lapisan tersebut ke wadah yang lain.

[Almasshabur]

Baca juga  Update Harga Utrogestan 100 mg & 200 mg (Ecer, Strip, Box)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Terbaru VCO (Virgin Coconut Oil) di Apotik"